Windows 11 sudah Terintegrasi untuk Instal Aplikasi Android

Ya, Windows 11 sekarang dengan Kemampuan Menginstal Aplikasi Android Melalui Store. Salah satu fitur baru dari Windows 11 adalah kemampuannya menjalankan aplikasi Android secara native, alias tanpa tambahan emulator.

Ya, Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Aplikasi Android ini bisa kita unduh lewat Amazon Appstore yang bisa didownload melalui Windows Store baru yang terintegrasi di Windows 11. Lalu dengan Amazon Appstore ini juga bisa di-pin di taskbar layaknya aplikasi Windows lainnya. Keren kan!

Untuk merealisasikan penggunaan aplikasi Android ini Microsoft bekerja sama dengan Intel untuk menggunakan teknologi dengan nama Intel Bridge, meski sebenarnya , kamu perlu tahu juga bahwa aplikasi Android ini juga bakal berjalan di sistem dengan prosesor AMD ataupun prosesor berbasis ARM.

Fitur baru yang terintegrasi di Windows 11 ini tentulah jawaban Microsoft atas fitur lawannya di dunia OS, yaitu macOS di Mac M1 yang bisa menjalankan aplikasi iOS. Dalam demo produknya, Microsoft memperlihatkan kelebihan Microsoft Windows 11 dalam menjalankan aplikasi sosial media TikTok.

Mau Update ke Windows 11?

Cara Update dari OS Windows 10 ke OS Windows 11, ternyata Gratis dan Mudah! Windows 11 sebenarnya baru akan tersedia secara resmi pada musim liburan akhir 2021. Tapi Microsoft akan mulai membagikan Windows 11 versi awal melalui Windows Insider Program mulai awal bulan Juli 2021.

Untuk men-download versi awal Windows 11 secara gratis, pertama kalian harus bergabung dengan Windows Insider Program terlebih dahulu di sini. Cukup klik Register dan login menggunakan akun Microsoft kalian.

Setelah itu pastikan perangkat Windows 10 kalian memenuhi syarat untuk upgrade ke Windows 11 secara gratis. Microsoft memberitahu kita, bahwa spesifikasi minimal yang harus dimiliki PC komputer atau laptop sebelum menginstal Windows 11 yaitu:

  • Prosesor: 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 inti atau lebih di prosesor atau System on a Chip (SoC) 64-bit yang kompatibel
  • RAM: 4GB
  • Memori penyimpanan: 64GB atau lebih besar
  • Firmware sistem: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 2.0
  • Display: Display definisi tinggi (720p) yang ukuran diagonalnya lebih besar dari 9 inch, 8 bit per channel warna
  • Koneksi internet dan akun Microsoft: Windows 11 Home membutuhkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk menyelesaikan setup perangkat saat pertama kali digunakan.

Satu hal dari melihat requirement atau spesifikasi minimal di atas untuk Windows 11 ini adalah ternyata Windows 11 tidak memerlukan spek yang harus tinggi. Jadi, silahkan mencoba bagi yang penasaran.

Setelah Windows 11 versi beta ini tersedia, kalian bisa langsung mengunduhnya seperti update software biasa. Caranya dengan masuk ke menu Settings > Update & Security > Windows Update.

Setelah itu klik Check for Updates. Jika Windows 11 sudah tersedia dan bisa diinstal, maka kalian akan melihat Feature update to Windows 11. Klik Download and install lalu ikuti petunjuk selanjutnya, seperti Facebuka.com kutip dari laman Cnet, pada hari Jumat (25 Juni 2021) lalu.

Cara update di atas tidak hanya berlaku untuk pengguna Windows 10 yang ingin mencoba Windows 11 sekarang  atau segera ya. Begitu Windows 11 versi stabil di release pada musim liburan mendatang, kalian juga bisa mengunduhnya dengan cara di atas tanpa perlu mendaftar untuk Windows Insider Program.

Windows 11 sendiri membawa banyak improvement pada sisi UI, seperti antarmuka yang lebih simpel, Windows Store dengan tampilan baru, peningkatan kinerja secara keseluruhan dan pengalaman multitasking yang lebih baik. Sistem operasi Windows 11 juga dijanjikan lebih efisien dan lebih hemat baterai sehingga bisa memperpanjang usia pakai laptop kita.

Fitur Baru dari Windows 11

10 fitur baru Windows 11 yang segera bisa digunakan begitu resmi dirilis akhir tahun 2021 nanti adalah sebagai berikut:

Widget Windows 11

Microsoft memberikan Widget yang dapat diakses ketika kursor di arahkan ke kiri layar. Isinya berbagai informasi penting untuk pengguna, mulai dari cuaca, kalender, saham hingga berita. Kata raksasa teknologi asal Redmond, Widget ini dibekali AI dan dimungkinkan pengguna melakukan personalisasi. Selain itu tampilannya bisa dibuat lebih full screen hanya dengan menariknya.

Teams

Microsoft mengintegrasikan Teams ke Windows 11. Memudahkan pengguna lebih terhubung dan berbagi file hanya dengan sekali klik di taskbar.

Snap Layouts

Microsoft sepertinya menyadari bahwa sebagian besar penggunanya selalu membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, karenanya dihadirkan Snap Layouts. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur beberapa jendela di layar dengan lebih mudah. Jadi tidak perlu menyandingkan secara manual lagi. Hanya tinggal sekali klik saja, aplikasi langsung tersusun sesuai pola yang dipilih.

Desktops

Multitasking menjadi fokus utama dari Windows 11. Karena itu Microsoft memberikan cara yang lebih andal untuk melakukan banyak tugas dan tetap mengetahui apa yang perlu selesaikan dengan fitur Desktop.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengelompokkan tugas dalam beberapa desktop. Jadi pengguna bisa memiliki Desktops untuk bekerja, bermain game, atau sekolah. Berpindah antar Desktops dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi mereka yang menggunakan monitor kedua, ketika melepaskan layar tersebut, Windows 11 akan me-minimize tampilan monitor. Sebelumnya semua yang yang dibuka di monitor kedua langsung kembali ke layar utama.

Begitu mencolokkan kembali ke monitor kedua, apa yang di-minimize kembali seperti sebelumnya. Ini adalah tambahan yang sangat berguna bagi siapa pun yang menggunakan layar kedua.

Adaptive Screen

Mendukung perangkat hybrid, Windows 11 menyediakan layar adaptif yang dapat diputar untuk penggunaan potret.

Pen, Gesture, dan Voice Control

Windows 11 dirancang untuk fleksibel dengan bagaimana pengguna ingin memasukkan informasi ketika tidak ingin menggunakan keyboard atau mouse. Sistem operasi ini dirancang untuk penggunaan pena stylus dan memiliki feedback haptic baru. Microsoft memberikan gesture control, baik menggunakan pena atau jari pada layar sentuh. Diberikan keyboard virtual layaknya smartphone, lengkap dengan gerakan swipe, kontrol kursor dengan menekan spasi, dan emoji. Pengguna dapat menggunakan input suara untuk mendikte teks dengan tanda baca otomatis.

Gaming

Microsoft menggunakan pengalamannya dalam membesut Xbox untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih kuat dengan Windows 11. Game yang dibuat di platform Direct X 11 (atau lebih tinggi) akan diberikan dukungan Auto HDR, sama seperti yang digunakan di Xbox.

Fungsi warisan Xbox lainnya adalah DirectStorage, memungkinkan aset dimuat ke kartu grafis untuk sangat mengurangi waktu load. Tapi diperlukan hard drive dan driver yang tepat untuk memanfaatkannya.

Xbox Game Pass

Xbox Game Pass memberi pengguna Windows 11 akses ke sejumlah besar game PC serta game Xbox Cloud. Aplikasi ini terintegrasi langsung dalam platform membuat akses menjadi lebih mudah. Pengguna dapat memanfaatkan kemampuan cross play dan cross save untuk beralih antara konsol ataupun PC, dan membeli game langsung dari aplikasi Xbox.

Windows Store

Windows Store dirombak tampilannya, membuat lebih cepat dan mudah untuk menemukan aplikasi baru. Toko aplikasi ini juga menyediakan game dan film untuk diunduh.

Aplikasi Android

Windows 11 menyediakan dukungan untuk aplikasi Android. Microsoft membuatnya terintegrasi ke dalam platform dan dapat digunakan bersama program Windows lainnya. Aplikasi Android dapat diunduh lewat Microsoft Store datu toko aplikasi Amazon.

Yo, kita tunggu kehadirannya,