Waduh, Tahun Depan Android Gingerbread Tidak Bisa Pake Google Play

Setiap tahunnya teknologi pasti selalu mengalami perkembangan. Langkah inilah yang juga diambil Android, salah satu sistem operasi yang digunakan pada kebanyakan smartphone. Mulai tahun depan, Android akan menghentikan dukungan Google Play Service untuk beberapa OS lamanya.

Salah satunya adalah Android 2.3 Gingerbread. Sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada Desember 2010. Setelah hampir 6 tahun dan masih mendapat dukungan dari Google Play Service, tampaknya tahun depan menjadi tahun terakhirnya. Kenapa?gingerbread-banner

Hal ini sepertinya sudah diiyakan oleh pihak Google. Sebagai mana dilansir pada Android Developer Blog, Google Play Service v10.0.0 akan menjadi versi terakhir yang mendukung Gingerbread. Untuk versi selanjutnya, v10.2.0 sudah tidak mendukung lagi.

Menurut Google, untuk rilis berikutnya, yaitu versi 10.2.0, akan meningkatkan minimal dukungan API mulai dari 9-14 (Android 4.0.1, Ice Cream Sandwich). Perubahan ini akan terjadi pada awal tahun 2017. Google pun selanjutnya memberi penjelasan.

Google menjelaskan, “Gingerbread sudah berjalan hampir selama 6 tahun. Banyak daripada pengembang sudah menghentikan dukungan aplikasinya untuk Gingerbread. Hal ini juga akan membantu langkah mereka untuk membuat aplikasi yang lebih baik, tentunya dengan kemampuan terbaru dari platform Android.”

Jika dilihat, tampaknya bukan hanya Gingerbread tapi Honeycomb juga bakal terkena imbasnya. Jadi, apakah kamu masih memakai smartphone Android dengan OS Gingerbread atau Honeycomb? Sepertinya kamu harus meng-upgrade smartphone mu.