IPhone XR adalah iPhone yang paling mengesankan dari semua iPhone yang diluncurkan pada tahun 2018. Bukan karena kekuatan spesifikasi – iPhone XS sedikit unggul di banyak bidang – tetapi apa yang Anda ‘hemat’ dengan menggunakan model ini jauh melebihi apa yang Anda “kehilangan”. Banyak warna, daya tahan baterai sangat bagus dan harga lebih murah. Jika Anda ingin iPhone baru, periksa yang ini dulu.

Ini bukan kejutan besar bahwa iPhone XR adalah salah satu ponsel terlaris di AS. walau tidak menawarkan tampilan OLED yang sempurna atau kamera belakang ganda dari iPhone XS dan XS Max yang lebih mahal, tetapi iPhone XR memberikan semua aspek utama lainnya dari smartphone flagships tersebut dengan harga hanya $ 749 yang mana lebih mudah diakses oleh dompet kita dibanding iPhone XS atau XS Max.
Dengan iPhone XR, anda mendapatkan chipset B12 Aion cepat yang sama, kualitas foto hebat yang sama, dan ID Wajah yang nyaman untuk membuka kunci ponsel Anda dengan cepat. Saya juga terkejut dengan seberapa baik Apple mengeksekusi enam pilihan warna yang menyenangkan (terutama biru) dan bingkai aluminium yang serasi warna.

Layar iPhone XR yang besar, 6,1 inci tidak akan menarik bagi semua orang, tetapi berdasarkan pengujian saya, saya dapat mengatakan ini adalah salah satu ponsel terbaik yang dapat Anda beli. Namun, Anda mungkin ingin menunggu untuk melihat Apple sudah siap untuk peluncuran iPhone 11 pada bulan September 2018, yang bakal mencakup iPhone 11R juga.

Apa yang baru di iPhone XR?

Dibandingkan dengan iPhone XS, spek pada iPhone XR diturunkan dalam beberapa cara untuk mencapai titik harga yang lebih rendah. Ada sejumlah fitur utama yang sama pada iPhone tersebut, diantaranya: iOS 12 adalah sistem operasi yang menjalankan berbagai hal, dan didukung oleh chipset Bionic A12 yang sangat kuat di dalamnya.

Takik berisi semua kamera dan sensor menghadap ke depan yang sama dengan iPhone XS, dan speaker ganda masih menghadap ke arah yang sama saat mengeluarkan suara. Bagi mata yang tidak terlatih, atau seseorang yang tidak memegang iPhone XR dan XS secara berdampingan, bahkan mungkin sulit untuk membedakan keduanya secara instan – tetapi ada sejumlah perbedaan utama yang perlu kita gali.

Hanya satu kamera

Bisa dibilang hal yang paling mengesankan tentang iPhone XS adalah kamera, karena itu satu-satunya hal yang terasa ditingkatkan secara signifikan dibandingkan iPhone X. Sementara iPhone XR menawarkan lensa ‘standar’ yang sama seperti XS, ia tidak memiliki sensor telefoto kedua, jadi harus melakukan beberapa trik mewah dengan kompensasi perangkat lunak. Ini berarti Anda tidak akan dapat memperbesar sejauh dengan XR, karena lensa telefoto menawarkan (relatif) fotografi tanpa kehilangan pada dua kali zoom, sedangkan mode potret, di mana latar belakangnya kabur, tidak seefektif.

Anda masih dapat mengambil bidikan potret dan latar belakangnya kabur (bokeh) untuk mempertahankan fokus pada subjek, tetapi tidak seperti iPhone XS, Anda tidak dapat mengambil gambar benda dan hewan dengan cara yang sama. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa perangkat lunak tidak dapat mengidentifikasi subjek-subjek itu dengan mudah dari sensor tunggal, di mana perangkat keras tambahan pada XS yang lebih mahal dapat menarik informasi lebih lanjut.

Pilihan warna

IPhone XR adalah yang pertama dalam waktu yang lama dengan begitu banyak warna: (produk) RED, yang merupakan sampel yang kami miliki, biru, putih, kuning, karang dan hitam – bagi sebagian orang, ini akan terasa seperti penerus alami untuk iPhone 5C. Tampilannya bagus, meskipun akan lebih menyenangkan jika ada lebih banyak kilatan warna di bagian depan ponsel.

Jika Anda berpikir untuk membeli iPhone dari sudut pandang mode, ini bisa menjadi cara untuk melakukannya, dengan warna yang dipilih mengesankan ketika kami memeriksa semuanya di acara peluncuran.

Baterai lebih baik

Apple percaya Anda akan bisa mendapatkan daya tahan baterai 90 menit lebih banyak dari iPhone XR daripada 8 Plus, yang merupakan lompatan besar secara nyata. Yah – dan kami tidak ingin merusak kejutan itu sedikit lebih cepat – kami akan mengatakan itu lebih baik: iPhone XR akhirnya mencapai masa pakai baterai sepanjang hari di iPhone.

Mungkin itu memberi Apple sedikit terlalu banyak kredit – lagipula, ada banyak ponsel Android di luar sana yang dapat benar-benar merokok rentang iPhone untuk daya tahan lama, memberi Anda jauh lebih lama di antara biaya. Apple telah menawarkan masa pakai baterai yang mengerikan selama bertahun-tahun, secara bertahap meningkatkannya menjadi ‘cukup baik’, dan iPhone XR adalah iPhone pertama yang belum pernah kita khawatirkan sehari-hari – dan itu saja dapat meningkatkannya ke ketinggian. menjadi iPhone terhebat yang pernah dibuat.

Daya Tahan iPhone XR

Dalam hal kekuatan, bagian depan iPhone XR memiliki kaca dengan daya tahan yang sama dengan iPhone XS, tetapi bagian belakangnya tidak sekuat itu, jadi Anda mungkin ingin membeli soft case untuk iPhone XR. IPhone XR tahan air IP67, yang berarti dapat menahan air 1 meter selama 30 menit, dibandingkan dengan 2 meter untuk jumlah waktu yang sama untuk iPhone XS yang diberi peringkat IP68.

Demikian sedikit ulasan kita, barangkali kita tambahkan lagi kalau nanti mood nya datang 😀