Trik Pengeluaran Tak Membengkak Saat Puasa

Sebentar lagi Ramadan akan tiba. Bagi muslim, wajib hukumnya untuk berpuasa saat Ramadan. Dengan berkurangnya waktu melakukan konsumsi, banyak orang mengira Ramadan menjadi bulan yang membantu orang untuk berhemat.


Padahal, kenyataannya mengungkap hal yang berlawanan. Banyak orang justru lebih boros sepanjang bulan puasa. Bila Anda tidak ingin bangkrut saat Lebaran, berikut ini trik yang tepat untuk berhemat saat puasa:

  • Belanja sebelum harga naik
    Saat puasa, harga-harga barang kebutuhan pokok seperti telur, ayam, minyak goreng, hingga bumbu dapur, akan mengalami kenaikan.
    Semakin mendekati Lebaran, harganya semakin mahal. Nah, untuk menghindari kenaikan harga barang kebutuhan pokok di pasar, Anda bisa membelinya sejak sekarang.
    Coba list barang kebutuhan selama sebulan ke depan dan belanja sekaligus. Selain menghemat uang belanja, Anda juga bisa menghemat waktu. (Baca juga: Cara Siapkan Dana Pensiun Sesuai Umur Kamu Saat Ini)
  • Bawa buah untuk persiapan buka
    Saat buka puasa, Anda kebetulan masih terjebak macet di jalan. Akibatnya, terpaksa berhenti di restoran terdekat untuk berbuka puasa.
    Jika hanya terjadi sekali sih tidak apa-apa. Namun, hal ini seringkali jadi kebiasaan bagi mereka yang tinggal di kota besar.
    Karena macet, rencana buka puasa di rumah jadi buyar. Anda pun harus mengeluarkan uang lebih banyak karena makan di luar.
    Nah, untuk mencegah hal seperti ini, biasakan untuk membawa buah potong dari rumah. Simpan buah tersebut di lemari es kantor dan ambil ketika pulang.
    Bila Anda terjebak macet, tidak perlu lagi mencari restoran untuk membatalkan puasa.
  • Jadwalkan rencana bukber
    Biasanya, ajakan bukber akan makin banyak mendekati Lebaran. Mulai dari teman-teman ikatan alumni kampus, rekan kerja di kantor hingga teman sekolah akan mengadakan buka bersama.
    Sebaiknya, batasi buka bersama di luar rumah. Mulai dari sekarang coba buat daftar buka bersama yang Anda prioritaskan. (Baca juga: Jika Mengkonsumsi Makanan Ini, Ibu Hamil Cenderung Melahirkan Anak Sakit)
  • Ingat agar tidak lapar mata
    Inti berpuasa tidak hanya menahan haus dan lapar, melainkan hawa nafsu tak terkecuali nafsu berbelanja.
    Biasanya, saat puasa orang akan lapar mata. Maksudnya, keinginan untuk berbelanja jauh lebih besar dari kebutuhan konsumsinya.

Tanamkan sejak dari sekarang rencana untuk berhemat. Buat tulisan-tulisan-tulisan yang bisa memotivasi Anda untuk makin berhemat dan tempel pada saat puasa.