Toko Buku Termegah di Dunia

Toko Buku El Ateneo,Argentina

Toko buku El Ateneo

 

Jika Anda berlibur ke Argentina, jangan lupa untuk berkunjung ke toko buku El Ateneo. El Ateneo Grand Splendid adalah bangunan yang besar dan megah bekas gedung teater pada awal abad ke-20. Tempat ini berada di Buenos Aires, Argentina.

Toko buku ini awalnya adalah sebuah teater. Pada tahun 1920, gedung teater ini dibangun yang pada saat itu bernama Teatro Grand Splendid. Di gedung ini sering diadakan acara-acara populer, termasuk pertunjukan yang dilakukan oleh penyanyi tango terkenal, Carlos Gardel dan Ignacio Corsini. Kemegahan bangunan ini tak lepas dari peran serta seorang arsitek yang ahli dan terkenal pada saat itu, ia bernama Pero dan Torres Armengol.

Teater ini juga pernah sempat digunakan sebagai bioskop. Namun pada tahun 1991, merupakan tahun pemutaran film terakhir di gedung tersebut, karena keadaan ekonomi yang memburuk memaksa teater ini untuk ditutup. Pada tahun 2000, bangunan ini kemudian direnovasi dan beralih fungsi menjadi sebuah toko buku terbesar di Amerika Selatan dan menjadikannya salah satu toko buku paling indah di dunia.

Renovasi besar-besaran pun dilakukan untuk dapat menghasilkan toko buku yang indah. Dari mulai menghilangkan tempat duduk bioskop yang kemudian diganti dengan rak buku, hingga penambahan dekorasi interior lainnya yang menjadikan bangunan ini semakin megah. Dengan tidak mengubah detail arsitektur interior aslinya dan mempertahankan lukisan-lukisan karya seniman Italia, Nazareno Orlandi di bagian langit-langit, serta membiarkan pahatan yang ada di pilar-pilar hasil karya Troiano Troiani maka semakin membuat tempat ini penuh dengan pemandangan seni yang memukau.

Dan balkon-balkon yang dulunya untuk tempat menonton , sekarang dilengkapi kursi-kursi nyaman untuk membaca.Begitu pun dengan kondisi balkon bulatnya yang elegan, dipenuhi dengan hiasan, serta penambahan pencahayaan auditorium menambah kelengkapan keindahan yang tercipta dalam toko buku itu.

Toko buku ini juga dilengkapi komputer canggih, yang memudahkan orang untuk mencari buku. Kenyamanan dan keindahannya membuat banyak orang tertarik untuk datang. Sebagai toko yang menjual alat-alat musik, setiap hari di toko ini ada pertunjukan piano. Tata suara yang canggih membuat denting piano itu bisa didengarkan dari seluruh penjuru toko.

Dengan keberhasilan mendatangkan pengunjung lebih dari satu juta setiap tahunnya, menjadikannya toko buku yang paling populer di dunia. Mungkin, salah satu dari yang membuat bagunan ini menarik banyak pengunjung adalah gaya arsitekturnya.

sumber: https://vienlly18.blogspot.co.id/2015/07/toko-buku-el-ateneo.html