Tips Untuk Membuat Typography

Membuat typography yang indah adalah tentang kecocokan jenis ukuran huruf dan perpaduannya dengan gambar background yang dipilih. Kemampuan untuk membedakan satu jenis huruf dari yang lain bukanlah hal yang mudah. Tetapi jangan khawatir dulu, ada beberapa tips untuk membuat desain typography Anda terlihat seperti desain profesional.

1. Ukuran Huruf Bervariasi

tips-typo1

Ukuran huruf yang bervariasi adalah salah satu cara terbaik untuk membedakan isi dalam desain typography. Isi tersebut bisa terdiri dari heading, sub-judul, dan tubuh. Gunakan jenis huruf besar dan kuat untuk memperjelas pesan. Kemudian gunakan jenis huruf yang lebih halus untuk mendukung tulisan utama.

2. Paduan Antara Isi dan Pilihan Font

tips-typo2

Pastikan desain terlihat harmonis antara background dan typography dengan memilih jenis huruf yang estetis disesuaikan dengan konten. Seperti gambar di atas, background air sangat cocok dengan font tipis Julius Sans. Kombinasi keduanya membuat desain typography terlihat professional.

 3. Permainan Kontras

tips-typo4

Penerapan jenis gaya kontras berguna untuk memastikan teks pada desain Anda dapat dibaca dan mudah dicerna oleh penikmatnya. Buat kesan tenang dalam desain dengan menerapkan kombinasi tonal yang kuat. Menggabungkan gambar hitam dan putih sebagai latar belakang dengan warna yang kontras bisa menjadi pilihan.

4. Mengatur Ketinggian Font

tips-typo5

Pengaturan ketinggian font sangat brilian untuk digunakan ketika Anda bermain dengan gambar background yang terbatas. Pengaturan ketinggian font akan memberi karakter visual yang kuat. Ingat untuk tidak menerapkan jenis huruf tinggi terlalu banyak supaya tidak terkesan berdesak desakan.

5. Pemilihan Jenis Font Untuk Menghidupkan Tema

tips-typo6

Gambar di atas menunjukkan pemilihan jenis huruf berpengaruh terhadap tema atau background yang dipilih. Typography di atas sangat kentara dengan tema alam tradisionalnya.

6. Bantuan Garis dan Skala

tips-typo7

Komposisi skala dalam sebuah desain typography adalah penting. Hal tersebut bisa menjaga kerapihan dan kemudahan penikmat untuk mengerti maksut desain Anda. Gunakan simbol sebagai pembagi konten, misalkan garis yang akan membuat desain Anda lebih terorganisir.

7. Penggunaan Warna Warna Cerah

tips-typo8

Menggunakan huruf dengan warna warni cerah bisa menjadi pilihan untuk desain yang beda. Gambar di atas juga memanfaatkan fitur transparency untuk mencegah kesan membosankan.Huruf yang dijajar tumpang tindih dan siap dikreasi sesuai kreatifitas Anda.

 

Sumber : http://www.caradesain.com/tips-membuat-typography-keren/

(Visited 56 times, 1 visits today)

You might also likeclose