Tips dan Cara Ternak Marmut Pedaging untuk Bisnis

Marmut merupakan hewan yang kerap kali dipandang sebelah mata. Eksistensi marmut masih kalah jauh dari kelinci, serta hewan ternak lainnya. Apalagi untuk keperluan bisnis, masih banyak orang yang memandang kalau ternak marmut belumlah potensial untuk digarap.

Namun, akhir-akhir ini makin banyak bisnis ternak marmut yang dinilai menjanjikan. Salah satu tipe marmut yang paling banyak diternak untuk keperluan bisnis adalah marmut pegading. Marmut tipe ini merupakan yang paling banyak dicari oleh para pehobi.

Untuk merawatnya, terbilang susah-susah gampang. Tetapi untuk pemula, masih bisa dilakukan dengan mandiri, tanpa perlu adanya perawatan dari sang ahli. Nah, buat kamu yang juga ingin merawat dan ternak marmut pedaging, berikut ini telah kami siapkan tips dan caranya. Cek yuk!

Cara Ternak Marmut

Cara Ternak Marmut

1. Kenali Karakteristik Marmut Pedaging dengan Cermat

Pertama kalinya saat kamu ingin memulai ternak marmut, adalah dengan mengenali karakteristiknya. Marmut memiliki ukuran tubuh sekitar 25 cm (panjang) dan 10 cm (tinggi). Beratnya mencapai 800 gram hingga 1 kilo gram.

Usianya mencapai 5-7 tahun, dan memiliki jenis hingga 13 macam. Kebanyakan marmut memiliki bulu yang pendek, tapi juga ada yang berbulu panjang seperti woll. Warnanya juga kebanyakan coklat, krem, jingga hingga hitam.

2. Pilih Indukan yang Memiliki Kondisi Prima

Perhatikan betul indukan marmut, mulai dari mata, bentuk tubuh, hingga bulunya. Usahakan agar memilih indukan yang sehat dan energik. Pastikan pula kalau indukan yang kamu pilih telah terbebas dari penyakit ternak.

Kemudian, kalau dilihat dari jumlahnya, kamu juga perlu menghitung jumlah indukan supaya anak yang dihasilkan juga optimal. Rekomendasinya, silakan beli dua pasang indukan jantan dan tiga pasang indukan betina.

3. Pelihara Marmut dengan Penuh Perhatian dan Kasih Sayang

Sama halnya dengan merawat anak kita, marmut pun perlu dirawat agar bisa menghasilkan ternakan yang baik. Kalau hasilnya baik, penjualan dan bisnis pun meningkat, omzet juga meningkat. Jadinya, sama-sama untung.

Tips memeliharanya pun cukup mudah. Pastikan kalau kondisi kandang bersih, supaya marmut betah di kandang. Berikan pula asupan nutrisi yang baik untuk marmut, seperti wortel. Sesekali mandikan marmut dan rawat bulunya supaya tetap halus dan terjaga dengan baik.

About Arka

Admin adalah orang Bandung asli, suka batagor, mie ayam dan baso... Web ini berisi artikel dari berbagai sumber... Hasil penugasan belajar dalam Pengenalan Web... Apabila ada link yang tidak tercantum, silahkan kontak kami untuk ditambahkan atau dihapus...