Tips Belanja Buat Ibu-ibu di Akhir Tahun Supaya Tidak Terlalu Boros

Kita sudah berada di penghujung tahun, yakni bulan Desember. Liburan sudah di depan mata, dan makin banyak toko yang menawarkan diskon. Godaan untuk berbelanja pun semakin besar. Hal ini juga merupakan dampak dari perayaan Natal dan Tahun Baru.

Karena itu, kamu wajib mengatur belanja agar tidak boros. Artinya, kamu wajib melakukan penghematan. Supaya pengeluaran tidak membengkak, dan masih ada uang tabungan yang tersimpan. Nah, berikut ini adalah tips belanja akhir tahun agar tidak terlalu boros.

Tips Belanja Akhir Tahun

Tips Belanja Akhir Tahun

Menentukan Bujet (Anggaran) Sebelum Berbelanja

Langkah pertama adalah menentukan seberapa besar uang yang akan dikeluarkan. Hal ini bisa mengontrol kamu dalam berbelanja, supaya tidak mudah tergoda. Menentukan bujet juga wajib memperhatikan total uang yang kamu miliki. Jangan sampai, bujet melebihi 10%.

Mencatat Barang yang Akan Kamu Beli

Jangan hanya mengandalkan harga murah, karena belum tentu barang yang kamu beli akan berguna setelahnya. Alih-alih berguna, kamu justru menyesal telah membelinya. Karena itu, belilah barang yang memang kamu butuhkan. Catat semua barang supaya tidak terlena ingin beli yang lain.

Hindari Membawa Kartu Kredit atau Debit Saat Berbelanja

Salah satu akibat menggunakan kartu kredit adalah tidak terbebani soal berapa banyak barang yang kita beli. Karena, kita tidak merasakan pengeluaran sedikitpun. Inilah yang harus dihindari. Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan kartu kredit, lebih baik tunai agar belanja lebih terkontrol.

Memeriksa Kondisi Barang dan Memastikan Kualitasnya Bagus

Biasanya, harga murah kualitas juga rendah. Hal ini patut kamu waspadai, supaya tidak terlena nanti. Kamu wajib memeriksa kondisi barang, apakah baru atau bekas. Kualitasnya pun juga, apakah terbuat dari bahan yang berkualitas ataukah tidak.

Berburu Diskon Lewat Toko Online

Selain toko ritel yang kamu buru, agaknya toko online juga wajib kamu perhatikan. Banyak sekali toko online yang menawarkan diskon hingga 70% sekalipun. Dengan begitu, manfaatkan momen ini untuk berbelanja dengan hemat, sesuai kebutuhan dan bujet yang kamu miliki saat ini.

Nah, itu dia sederet tips berbelanja akhir tahun supaya kamu tidak terlena dan boros dalam berbelanja. Semoga bermanfaat, ya~

(Visited 9 times, 1 visits today)

You might also likeclose