Step by Step untuk membuat Augmented Reality Android

Kali ini saya akan membahas tutorial membuat aplikasi Augmented Reality di Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5. Sebenernya ini bukan hal yang baru di blog ini, sebelumnya saya sudah membuat artikel semacam ini di sini.Tapi karena cepatnya update dari Vuforia dan Unity alhasil saat ini banyak sekali yang bingung mengikuti tutorial saya karena sudah tidak relevan lagi. Karena banyaknya pertanyaan dan request maka kali ini saya bahas tentang cara membuat aplikasi Augmented Reality berbasis Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5.

Ok langsung aja berikut adalah alat dan bahan :

  1. Unity, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Unity 5.1.1f1. Unity dapat didownload di sini.
  2. Vuforia SDK, dalam tutorial ini saya menggunakan vuforia-unity-5-0-5. Vuforia dapat didownload di sini. Pilih ‘Download for Unity’.
  3. Android SDK, ini adalah tools wajib untuk membuat aplikasi android. Dapat didownload di sini.

Langsung saja kita masuk ke tutorial. Namun sebelum masuk ke tutorial Anda dapat mendownload projectnya terlebih dahulu pada link di bawah.

Klik disini untuk mendownload project

Langkah 1 : Buka Unity dan buat project baru

Blank project unity
Blank project unity

Langkah 2 : Ubah project ke Android

Ubah project unity ke android
Ubah project unity ke android

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting

Pengaturan player
Pengaturan player

Atur nama company dan nama aplikasi

Atur nama company dan nama aplikasi
Atur nama company dan nama aplikasi

Dan juga pengaturan bundle identifier

Atur bundle Identifier
Atur bundle Identifier

Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik

Double click Vuforia SDK
Double click Vuforia SDK

Centang semua elemen import

Centang semua untuk import Vuforia SDK
Centang semua untuk import Vuforia SDK

Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.

Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene

Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.

Disable 'Don't use play mode' jika error
Disable ‘Don’t use play mode’ jika error

Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan


Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik ‘No targets defined. Press here for target creation !’

Definisikan marker untuk target
Definisikan marker untuk target

Anda akan diarahkan ke website Vuforia. Login untuk masuk ke akun Anda. Pertama klik ‘Add License Key’ pada ‘License Manager’ untuk membuat lisensi. Lisensi ini nantinya berkaitan dengan harga yang harus Anda bayar. Tenang saja, untuk tutorial kali ini Anda dapat menggunakan license free.

License manager pada Vuforia
License manager pada Vuforia

Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda

Lisensi Vuforia
Lisensi Vuforia

 

Masukkan ke ARCamera

 

Masukkan license ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera

Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian ‘Target Manager’ klik ‘Add Database’.

Tambahkan database
Tambahkan database

Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating

Marker yang di upload di Vuforia
Marker yang di upload di Vuforia

Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.

Marker
Marker

Setelah selesai download datasetnya, pilih ‘Unity Editor’. Kemudian Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .unitypackage.

File .unitypackage berisi dataset marker
File .unitypackage berisi dataset marker

Langkah 6 : Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget

Tentukan dataset pada Image Target
Tentukan dataset pada Image Target

Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube

Menletakkan object AR
Menletakkan object AR

Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset

Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset
Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset

Langkah 7 : Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya

Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia

 

Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia

Selesai sudah tutorial saya hari ini, semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : http://duniadigit.blogspot.co.id/2015/09/step-by-step-membuat-simple-augmented.html