Step By Step Belajar Bahasa Jepang Secara Otodidak

jepang

Untuk yang penasaran dengan negeri Bunga Sakura ini, pasti penasaran juga dengan bahasa nya yang apik dan pronounciation yang unik. Berikut beberapa langkah belajar bahasa Jepang otodidak yang mudah untuk pemula:

Cinta Jepang

Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, so langkah pertama untuk kamu mempelajari bahasa Jepang adalah dengan cara mencintai Jepang dan budayanya. Dengan mengetahui dan menyukai apa yang ada di negeri Sakura ini, pastinya akan menimbulkan rasa cinta, takjub, serta rasa ingin tahu untuk mempelajari bahasa nya.

Rajin-rajin Melatih Pendengaran Kamu

Tahap pembelajaran selanjutnya adalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang. Untuk lebih mudah lagi, dengarkan Dorama (J-Drama) ataupun lagu dari penyanyi J-Pop atau J-Rock yang kamu suka. Dengarkan saja terlebih dahulu, sehingga ada lyric-hook yang kamu suka dan sering kamu nyanyikan walau hanya sebait, dan belum tahu apa artinya. Dengan begini, kamu langsung belajar mendengarkan kata bahasa Jepang dan pronounciation nya.

Banyak Membaca

Di tahap ini kita bisa belajar membaca huruf Romanji atau huruf latin yang terdapat dalam terjemahan lagu Jepang favorit kamu. Selain mendengarkan lagunya yang easy listening, kita juga bisa membaca liriknya sambil mencocokkan dengan pelafalannya.

Jangan Malu Untuk Praktik Berbicara

Mulailah mempraktikkan kata-kata berbahasa Jepang dalam bentuk romaji atau Latin yang kamu temui dalam lirik lagu. Sambil mendengarkan lagunya, baca dan nyanyikan. Di tahap ini otomatis kamu mempraktikkan cara berbunyi/ berbicara/ bernyanyi berdasarkan huruf romajinya.

Rajin Berlatih Menulis Huruf Jepang

Setelah suka, tahu, dan mengenal hurufnya sekarang tiba saatnya untuk tahu huruf sederhana Jepang yang disebut dengan Hiragana dan Katakana. Belajar lah menulis satu persatu huruf Hiragana, dan kalau sudah lancar, lanjutkan berlatih huruf Katakana. Sedangkan huruf kanji disarankan untuk kamu yang sudah lancar dalam menulis hiragana dan katakana.

Perbanyak Kosakata

Ini adalah langkah selanjutnya bagi kamu yang ingin belajar bahasa Jepang dengan mudah. Pelajari kosakata yang ada dalam bahasa Jepang. Untuk dasar, mulailah cari dari ucapan dasar, nomor, perkenalan, dan kosa kata lainnya dalam bahasa Jepang. Dalam langkah ini, Reading, Speaking, dan Writing menjadi satu kesatuan. Misalnya kamu mencari bahasa Jepang ‘Kamu’ – ‘あなた’ ‘Anata’. Disini kamu membaca huruf Hiragana, mempraktikkan cara baca nya, dan juga belajar untuk menulis Hiragana nya.

Lupakan terlebih dahulu Japanese Grammar, karena ini ada di tahap ketika kamu sudah menguasai Kanji dan banyak vocabulary. Well, sekarang siapapun bisa memulainya dengan mencintai negeri Sakura dan budaya nya terlebih dahulu, karena dengan itu kita bisa dengan mudah dan enjoy belajar bahasa Jepang nya. Pepatah mengatakan : Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang, maka tak cinta. Tak cinta maka tak peduli.

 

Sumber : https://kawaiibeautyjapan.com/article/957/belajar-bahasa-jepang-otodidak