Solusi “Unable To Execute Files In The Temporary Directory. Setup Aborted. Error 5: Access Is Denied.”

Pagi ini saya berniat menginstall salah satu software yang digunakan di kantor, tapi masalahnya saat proses instalasi di Windows malah muncul pesan kesalahan “Unable To Execute Files In The Temporary Directory. Setup Aborted. Error 5: Access Is Denied.”. Haa… apalagi ini maksudnya. 🙁

Kalau diartikan pesan errornya sih Windows tidak bisa menjalankan program dalam direktori temporary (sementara), sehingga proses pemasangan aplikasi dibatalkan, dan yang lebih jelas lagi ternyata akses saya ditolak. Berangkat dari informasi yang ditampilkan pesan tersebut maka jelas lokasinya ada di temporary dan berhubungan dengan permission, maka solusinya cukup jelas.

Untuk memperbaikinya langsung saja akses folder temporary pada Windows, anda bisa dengan cepat membukanya cukup dengan mengetikkan %TEMP% pada Windows Explorer atau secara manual di C:\Users\[Username]\AppData\Local, dimana username ini adalah nama akun anda di Windows.

windows-local-disk-users-local

Selanjutnya klik kanan folder Temp dan pilih Properties.

Kemudian pindahkan ke tab Security, seharusnya akan ada 3 grup atau user didalamnya: SYSTEM, Administrator, dan Username anda.

windows-temp-properties-security

Nah… setelah itu klik tombol Advanced, perhatikan pada kolom Inherited From berasal dari folder C:\Users\[Username]\ untuk ketiga user tadi. Bila tidak maka cek bagian bawah apakah pada “Include inheritable permissions from this object’s parent” sudah diberi centang, klik Change Permissions untuk mengubah permissionnya dan beri centang pada opsi ini.

windows-advanced-security-settings-temp

Kalau sudah klik Apply dan OK, semestinya error “Unable To Execute Files In The Temporary Directory. Setup Aborted. Error 5: Access Is Denied.” tidak akan muncul lagi dan anda sudah berhasil mengatasinya.

Sumber: http://utekno.com/solusi-unable-execute-files-temporary-directory-8407