Sistem Operasi Linux Terbaru

Linux tidak henti-hentinya berkontribusi melakukan rilis distro terbaru dan update yang membawa beberapa perubahan. Sebagai salah satu penyedia sistem operasi terbuka (open source) sehingga membuat linux memiliki banyak pengguna. Mengapa demikian ? Karena Linux dapat dimodifikasi,digunakan, dan didistribusikan secara gratis dan bebas. Berbeda dengan sistem operasi lain yang  harus membeli lisensi untuk dapat menikmati sistem operasi original.

Banyaknya distro linux yang bermunculan membuat bingung para pemula yang ingin mencicipi sistem operasi berbasis open source ini. Apa lagi tiap tahun distro linux bertambah dan berkembang, yang menambah kebingungan. Hendaknya untuk para pemula yang ingin mencoba linux, sesuikan dengan kebutuhan dengan  mencari informasi fitur,cara pengoperasiannya, kegunanya dan lain-lain yang bisa kalian cari di google.

Tapi kali ini saya kan membahas, distro linux yang baru-baru ini di rilis dan bebrapa pembaruan yang dilakukan distro linux. Maka dari itu simak ulasan yang saya berikan dan mana yang lebih cocok buat kalian. Siapkah kalian mencoba Distro Linux Terbaru berikut ini ? .

Ubuntu 16.10

Ubuntu 16.10 hadir dengan Desktop Unity 7.5 dan Nautilus 3.20, namun pada versi ubuntu kali ini juga disertakan “Unity 8 Preview”, jadi pengguna dapat mencoba dan juga menikmati tampilan Unity 8 yang tersedia pada versi Ubuntu 16.10.

Pembaharuan Aplikasi :
Terdapat sejumlah aplikasi bawaan yang mengalami peningkatan :
LibreOffice 5.2.2
Mozilla Firefox 49
Thunderbird 45
Ubuntu Software 3.20
Rhythmbox 3.4.1
GNOME Terminal 3.20
Shotwell 0.22
Linux Kernel 4.8

Terdapat sejumlah peningkatan performa pada versi 16.10:
Support for overclocking AMD graphic cards
Initial NVIDIA Pascal support in Nouveau driver
Raspberry Pi 3 SoC support
ACPI Low-Power Idle support
Support for the Microsoft Surface 3 touch screen
Wider range of audio device, USB and webcam drivers

Container Linux OS

CoreOS resmi diganti namanya ke Container Linux pada bulan Desember 2016. Sistem operasi ini begitu ringan memungkinkan untuk penyebaran culstered mudah. Container Linux berkonsentrasi pada keamanan, dengan kebijakan update mengotomatisasi pembaruan perangkat lunak untuk keandalan dan keamanan ditingkatkan. Perhatikan dianjurkan selalu melakukan pembaruan untuk tujuan keamanan.

Pixel

Raspbian adalah sistem operasi Raspberry Pi berbasis Debian. Raspbian PIXEL (Pi Peningkatan Xwindows Lingkungan Ringan) sistem operasi Raspbian di update pada bulan September 2016. Pada bulan Desember 2016, PIXEL untuk PC dan Mac sudah di rilis. Ada peningkatan atarmuka grafis/GUI baru untuk Raspberry pi, tampilan grafis ini diklaim lebih baik dan nyaman dibandingkan dengan versi sebelumnnya. Distro ringan ini sangat cocok buat komputer yang memiliki spesifikasi rendah.Versi baru dari PIXEL untuk Mac dan PC dapat berjalan pada perangkat dengan CPU x86. Persyaratan sistem yang cukup rendah, yaitu hanya butuh 512MB RAM.

Open ELEC :

Kabar menyenangkan, OpenELEC 7.0 telah mendukung platform WeTek Core, perangkat Android TV yang biasa dipakai untuk menikmati IPTV, film layar lebar, dan acara-acara TV lain. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, versi ini telah menggabungkan build Nvidia_Legacy dengan build Generic, jadi bagi pengguna GPU NVidia dengan versi driver di bawah 304.128,hanya perlu menginstal build Generic-nya. Serta adanya peningkatan driver AMD GPU, Kodi 16, Bluetooth dan dukungan OpenVPN, serta WeTek Inti perangkat dukungan.

Steam OS

Kini Linux  telah mengambagkan di bidang industri games dan berhasil me-rilis distro baru yang bernama SteamOS. SteamOS ini dikembangkan oleh developer game terkemuka yaitu Valve Software yang memang sedang mengembangkan sistem operasi khusus gaming. Selain itu, Valve Software adalah pengembang game sekaligus pemilik layanan distribusi game Steam. Fitur-fitur SteamOS memang diarahkan untuk PC gaming. Namun SteamOS tidak memiliki banyak fitur dari sistem operasi , kalian tidak akan menemukan fitur file manager, dan pemutaran video, Tapi update terbaru menambahkan fitur seperti Spotify dan Netflix kompatibilitas melalui browser, dan pemutaran musik lokal.

Elementary OS

Elementary OS cocok baik untuk pemula melalui pengalaman ramping dan keramahan pengguna. interface yang disuguhkan sangatlah enak dipandang mata, dengan berbagai tema yang dapat didownload dan diterapkan. Tampilan yang simple (itu kenapa namanya elementary) membuat kita nyaman memandanginya berjam-jam. Elementary OS layak buat pengganti Mac dan Windows.

Solus OS

Solus merupakan distro anyar yang menonjol di kalangan pengguna GNU/Linux, selain karena kinerjanya yang baik, desktop Budgie lah yang membuat Solus terlihat berbeda. Di versi 1.2 kali ini, Budgie mendapatkan pembenahan pada pendeteksian tema GTK dan icon, indikator baterai, dan sebagainya.

Di versi 1.2 inilah, Solus membawa Linux Steam Integration (LSI) yang menjanjikan pengalaman gaming yang lebih baik. Ia menyediakan perkakas yang memaksa Steam berjalan di mode 32-bit.
Apa yang membuat Solus distro Linux yang luar biasa adalah lingkungan desktop yang unik, serta perkumpulan aplikasi pra-instal. Transmisi, VLC, dan Firefox datang sudah terpasang.

Kesimpulan :

Menentukan distro yang terbaik sesuaikan dengan spesifikasi hardware dan tujuan. Jika kalian menggunakan laptop atau desktop, Anda punya banyak pilihan. jika Anda sedang menyiapkan server, Anda harus memilih memilih yang sesuai seperti openSUSE atau CentOS. Jika Gamer pilihlah linux distro SteamOS atau Recalbox dan RetroPie jika menggunakan Raspberry Pi. Penggemar keamanan seperti film hacker Mr. Robot pilihan terbaik distro Kali Linux .
(Visited 22 times, 1 visits today)

You might also likeclose