Sejarah Microsoft Corporation

Bercerita tentang sejarah Microsoft Corporation, tidak lepas dari Bill Gates dan Paul Allen. Microsoft didirikan pada tanggal 4 April 1975, misi pertama adalah mengembangkan dan menjual interpreter BASIC untuk Altair 8800. Bisnis perusahaan berkembang pesat hingga nama dari perusahaan ini mendunia dengan salah satu produk perangkat lunak yang kita kenal dengan nama “Windows”.
Microsoft adalah perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia, baik dari popularitas maupun diukur dari pendapatan. Seperti kita tahu, perusahaan asal Redmond, Washington, pada tahun 2014, menurut Forbes menempati posisi ke 32 dalam top 50 perusahaan terbesar di dunia, rangking tersebut jauh dari kompetitor asal Cupertino, Apple Inc, yang menempatkan dirinya berada pada posisi 15. Menurut majalah Fortune, pada top 1000 perusahaan terbesar di Amerika, Microsoft menempati posisi ke 34. Tentu saja Microsoft masuk dalam jajaran 100 Perusahaan Inovasi Teknologi Terbaik 2014.
Microsoft Corporation, adalah perusahaan multinasional yang mengembangkan, memproduksi, menjual lisensi, mendukung dan menjual perangkat lunak komputer, elektronik konsumen dan komputer pribadi dan jasa. Produk terbaik perusahaan yaitu; sistem operasi Microsoft Windows dan program aplikasi Microsoft Office. Produk perangkat keras andalannya adalah konsol game Xbox dan tablet Microsoft Surface yang diperkenalkan pada Juni 2012.
Microsoft juga mulai memasuki pasar smartphone dengan mengakuisisi “Nokia”. Microsoft membayar $ 5 miliar untuk perangkat dan layanan, dan $ 2.2 milyar untuk lisensi paten Nokia, namun tidak termasuk branding “Nokia”.

 

Dari nama Micro-soft, kemudian Microsoft dan menjadi Microsoft Corporation, saat ini perusahaan dibawah kepemimpinan Satya Nadella menggantikan Steve Ballmer, sementara John W. Thompson menjadi Chairman, dan Bill Gates sendiri sebagai penasehat perusahaan.
Name Microsoft Corporation
Industry Computer software, Consumer electronics, Computer hardware
Founded Albuquerque, New Mexico, U.S. (April 4, 1975)
Founder Bill Gates, Paul Allen
Headquarters Microsoft Redmond Campus, Redmond, Washington, U.S.
Area served Worldwide
Key people John W. Thompson (Chairman), Satya Nadella (CEO), Bill Gates (founder, technology advisor)
Sejarah Microsoft Corporation

Paul Allen dan Bill Gates, teman masa kecil, minat dan bakat kedua orang ini adalah sama “pemrograman komputer”. Kedua sahabat ini selisih 3 tahun, Allen yang lebih tua umurnya. Keduanya sama-sama punya tujuan untuk membuat bisnis yang sukses memanfaatkan keterampilan mereka bersama tentang komputer.

 

Bill Gates dan Paul Allen
Paul Allen lahir di Seattle, Washington. Setelah memperoleh nilai sempurna dari 1.600 pada SAT (skala pra-1995), Allen pergi ke Washington State University, Allen sekolah untuk mengejar gelar dalam ilmu komputer, namun hanya 2 tahun sebagai mahasiswa Allen putus sekolah, Allen kemudian bekerja di Honeywell tahun 1972.
Born Paul Gardner Allen
January 21, 1953 (age 62)
Seattle, Washington, U.S.
Residence Mercer Island, Washington, U.S.
Alma mater Washington State University (Dropped out in 1974)
Occupation Co-founder of Microsoft
Chairman of Vulcan Inc.
Bill Gates lahir di Seattle, Washington, lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dan merupakan Merit Scholar Nasional. Dia mencetak 1.590 dari 1.600 pada SAT dan terdaftar di Harvard College pada musim gugur 1973. Disana dia bertemu dengan Steve Ballmer, yang nantinya sebagai CEO Microsoft. Dalam tahun kedua (1974), Gates merancang sebuah algoritma untuk pancake penyortiran sebagai solusi untuk salah satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan yang disajikan dalam kelas kombinatorika oleh Harry Lewis, salah seorang profesornya. Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat (1% lebih cepat) selama lebih dari tiga puluh tahun belum terpecahkan rekor tersebut. Solusi dari Gates itu kemudian diresmikan dalam sebuah makalah yang diterbitkan bekerjasama dengan Harvard ilmuwan komputer Christos Papadimitriou.

 

Walaupun salah satu mahasiswa yang cerdas di Hardvard, Gates tidak punya rencana studi yang jelas saat menjadi mahasiswa di Harvard, dan menghabiskan banyak waktu dengan menggunakan komputer sekolah. Gates tetap dalam kontak (berhubungan) dengan Paul Allen, dan ia bergabung dengannya di Honeywell selama musim panas 1974, sementara dia masih berstatus sebagai mahasiswa.

“Allen dan Gates bersama-sama di Honeywell tahun 1974″

Born William Henry Gates III, October 28, 1955 (age 59), Seattle, Washington, US
Residence Medina, Washington, US
Alma mater Harvard University
Occupation Technology Advisor of Microsoft Co-Chair of the Bill & Melinda Gates Foundation CEO of Cascade Investment
Chair of Corbis
Years active 1975–present

Sejarah Berdirinya Microsoft

Gagasan yang akan menelurkan Microsoft berkecambah ketika Paul Allen menunjukkan kepada Bill Gates majalah Popular Electronics edisi 1 Januari 1975 yang menunjukkan Altair 8800 dari Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS). Allen dan Gates melihat potensi “bisnis” untuk mengembangkan sebuah implementasi dari bahasa pemrograman BASIC untuk sistem Altair 8800 tersebut. Allen kemudian meyakinkan Gates untuk drop-out dari Harvard University dalam rangka menciptakan Microsoft, disamping itu juga Gates tidak jelas studi-nya di Harvard. Gates memutuskan untuk keluar, ia telah berbicara atas keputusan ini bersama orang tuanya, yang mendukung dia setelah melihat berapa banyak Gates ingin memulai sebuah perusahaan.
Pertama, mereka hanya berspekulasi untuk mengukur minat dari MITS. Gates menghubungi MITS dan mengklaim bahwa dirinya dan rekannya (Allen) punya bahasa pemrograman BASIC untuk alat tersebut, dan setelah mendapat panggilan telepon dari Gates, MITS langsung minta didemonstrasikan. Karena Gates pada awalnya hanya berspekulasi, dengan kata lain tidak ada sistem untuk Altair 8800, Allen dan Gates mengambil waktu mempelajari selama delapan minggu sebelum demo mereka ke MITS. Allen membuat sebuah simulator untuk Altair, sementara Gates mengembangkan penerjemahnya (bahasa program). Saat menunjukkan ke MITS, meski mereka hanya sebatas mendemonstrasikan sebuah simulator, bukan alat aslinya, penerjemah tersebut beroperasi dengan sangat mulus. Dan akhirnya MITS setuju mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC.
Setelah demo dan MITS setuju untuk memasarkannya, Allen dan Gates mendirikan perusahaan, Allen mengusulkan ide nama “Micro-Soft” (seperti yang dikatakan dalam artikel majalah Fortune tahun 1995). Mereka secara resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan dimana Bill Gates sebagai CEO. Pada tanggal 26 November 1976 perusahaan ini mulai berkembang dan juga sudah terdaftar di bawah nama dengan Sekretaris Negara bagian Mexico.

Perkembangan Microsoft Corporation Inc
Pada bulan Agustus 1977, perusahaan ini membuat perjanjian dengan ASCII Magazine di Jepang dan berujung pada pendirian kantor internasional pertamanya pada tanggal 1 November 1978, di Jepang, “ASCII Microsoft” (sekarang disebut “Microsoft Japan”). Perusahaan ini pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington bulan Januari 1979, dan pada bulan November 1979, istilah “Microsoft” pertama kali digunakan oleh Bill Gates.
Perusahaan ini naik mendominasi operasi komputer pribadi pasar sistem dengan MS-DOS pada pertengahan 1980-an, diikuti oleh Microsoft Windows pada tahun 1986. Sejak 1990-an, telah semakin pesat dari pasar sistem operasi dan telah membuat sejumlah akuisisi perusahaan.
Steve Ballmer bergabung dengan Microsoft pada tanggal 11 Juni 1980, (nantinya sebagai CEO, dari Januari 2000 hingga Februari 2014, lalu digantikan Satya Nadella hingga sekarang).
Microsoft direstrukturisasi pada tanggal 25 Juni 1981, untuk menjadi  “Microsoft Corporation, Inc.”. Sebagai bagian dari restrukturisasi, Bill Gates menjadi presiden perusahaan dan ketua dewan, dan Paul Allen menjadi Executive Vice President.
Microsoft memasuki bisnis SO (sistem operasi) pada tahun 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix.
Tetapi, justru MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan. Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Untuk persetujuan ini, Microsoft membeli tiruan CP/M bernama 86-DOS dari Seattle Computer Products, mengganti namanya menjadi MS-DOS, yang diganti lagi oleh IBM menjadi PC-DOS.
Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS. Sejak IBM mendaftarkan hak cipta IBM PC BIOS, perusahaan lain harus melakukan rekayasa mundur agar perangkat keras non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer kompatibel IBM PC. Karena berbagai faktor, seperti pilihan perangkat lunak MS-DOS yang tersedia, Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar-pasar baru melalui peluncuran Microsoft Mouse tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press.
Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft pada bulan Februari 1983, setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin.
Saat mengembangkan sistem operasi baru bersama IBM tahun 1984, yang disebut OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November 1984.
Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum.

 

Karena kemitraannya dengan IBM, pada tahun 1990, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft dikarenakan adanya kemungkinan kolusi, masa itu menandakan awal dari satu dasawarsa penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat.

Microsoft mengumumkan peluncuran versi OS/2-nya kepada pembuat peralatan asli (OEM) tanggal 2 April 1987, sementara itu, perusahaan ini sedang mengerjakan sebuah OS 32-bit, Microsoft Windows NT, menggunakan ide dari OS/2, yang kemudian diluncurkan tanggal 21 Juli 1993 dengan kernel moduler baru dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) Win32, menjadikan porting dari Windows 16-bit (berbasis MS-DOS) lebih mudah. Setelah Microsoft memberitahu IBM tentang NT, kemitraan OS/2 berakhir.
Microsoft memperkenalkan perangkat lunak perkantorannya, Microsoft Office, tahun 1990. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel.
Pada tanggal 22 Mei, Microsoft meluncurkan Windows 3.0 dengan grafis antarmuka pengguna baru dan kapabilitas mode terlindungi mutakhir untuk prosesor Intel 386.

Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus dan tentu saja sesuai namanya, yaitu tahun 1995, dengan tugas ganda bergilir, antarmuka pengguna baru yang dilengkapi tombol ‘start’, dan kompatibilitas 32-bit; sama seperti NT, OS ini menyediakan API Win32.

Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer, teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahan ini sejak 1980, dan menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak.

Berbagai perusahaan, termasuk Microsoft, membentuk Trusted Computing Platform Alliance pada bulan Oktober 1999 untuk meningkatkan keamanan dan melindungi properti intelektual melalui identifikasi perubahan perangkat keras dan lunak.

Tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP, sehinnga menyatukan arus utama dan jajaran NT di bawah basis kode NT. Perusahaan ini meluncurkan Xbox pada akhir tahun 2000, menandakan masuknya Microsoft ke pasar konsol permainan yang selama ini didominasi Sony dan Nintendo.

Pada bulan Maret 2004, Uni Eropa mengeluarkan tuntutan hukum “antitrust” terhadap perusahaan ini, dengan menyebut Microsoft menyalahgunakan dominasinya dengan Windows OS, sehingga berujung pada putusan hakim untuk membayar ganti rugi sebesar €497 juta ($613 juta) dan memproduksi versi baru Windows XP tanpa Windows Media Player, Windows XP Home Edition N dan Windows XP Professional N.

 

Di rilis bulan Januari 2007, versi Windows selanjutnya, Windows Vista, berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero. Microsoft Office 2007, dirilis pada saat yang sama, menampilkan antarmuka pengguna “Ribbon” yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya.

 

Penjualan kedua produk yang relatif kuat membantu menciptakan rekor laba tahun 2007. Uni Eropa menjatuhkan denda lain senilai €899 juta ($1,4 miliar) atas ketidakpatuhan Microsoft terhadap putusan Maret 2004 pada tanggal 27 Februari 2008, menyatakan bahwa perusahaan ini mendenda pesaing-pesaingnya dengan nilai yang tidak masuk akal atas informasi utama mengenai server kelompok kerja dan administrasinya. Microsoft menyatakan bahwa mereka patuh dan “denda tersebut berkaitan dengan masalah lama yang sudah diselesaikan”.
Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak pada 27 Juni 2008 dan memegang jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama.
Azure Services Platform, tanda masuknya Microsoft ke pasar komputasi awan untuk Windows, diluncurkan tanggal 27 Oktober 2008.
Pada 12 Februari 2009, Microsoft mengumumkan keinginannya untuk membuka jaringan toko ritel bermerek Microsoft, dan pada 22 Oktober 2009, Microsoft Store pertama dibuka di Scottsdale, Arizona, pada hari yang sama dengan peluncuran resmi Windows 7. Fokus Windows 7 adalah memperbaiki Vista dengan fitur yang mudah digunakan dan pemutakhiran performa, alih-alih merombak total Windows.
Seiring ledakan industri telepon cerdas (smartphone) yang dimulai tahun 2007, Microsoft berusaha sejajar dengan pesaingnya, Apple dan Google, dalam penyediaan sistem operasi telepon cerdas modern. Sebagai hasilnya, pada tahun 2010, Microsoft merombak sistem operasi telepon genggamnya yang sudah tua, Windows Mobile, dan menggantinya dengan Windows Phone OS. Microsoft terus bekerja sama dengan manufaktur telepon genggam seperti Nokia dan menyediakan pengalaman pengguna yang konsisten di semua telepon cerdas yang memakai Windows Phone.
Microsoft adalah anggota pendiri Open Networking Foundation pada 23 Maret 2011. Perusahaan pendirinya meliputi Google, HP Networking, Yahoo, Verizon, Deutsche Telekom, dan 17 perusahaan lain. Organisasi nirlaba ini berfokus pada penyediaan dukungan untuk inisiatif komputasi awan baru bernama Software-Defined Networking. Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat inovasi melalui perubahan perangkat lunak yang sederhana pada jaringan telekomunikasi, jaringan nirkabel, pusat data, dan wilayah jaringan lainnya.
Tanggal 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi pratinjau perangkat lunak Windows 8 generasi selanjutnya. Tanggal 23 Agustus 2012, Microsoft memperkenalkan logo perusahaan yang baru pada pembukaan toko Microsoft ke-23 di Boston, menandakan perpindahan fokus perusahaan dari gaya klasik ke antarmuka kotak-kotak Metro yang dipakai pada platform Windows Phone, Xbox 360, dan jajaran produk Windows 8 dan Office Suite selanjutnya.
Pada tanggal 26 Oktober 2012, Microsoft merilis Windows 8 kepada masyarakat umum. Hampir setahun kemudian, Microsoft merilis revisi besar pertama ke Windows 8, Windows 8.1, pada tanggal 17 Oktober 2013.
Pada tanggal 8 April 2013, Microsoft menjual bisnis IPTV, Mediaroom, untuk Ericsson. Pada tanggal 2 September 2013, Microsoft mengakuisisi smartphone Nokia dan bisnis seluler sebesar $ 7,2 miliar. Microsoft membayar $ 5 miliar untuk Nokia Devices & Layanan dan $ 2.2 milyar untuk lisensi paten Nokia, namun tidak termasuk branding “Nokia”. Microsoft hanya memperoleh nama “Lumia”, yang merupakan nama populer smartphone dari Nokia. “Nokia Lumia” berganti dengan “Microsoft Lumia”.
Pada 22 Oktober 2013, tablet Microsoft Surface 2 dan Surface Pro 2 yang dirilis menampilkan sejumlah perbaikan termasuk memperpanjang waktu hidup baterai dan kickstand telah didesain ulang. Selang satu bulan, pada akhir November 2013, Microsoft meluncurkan Xbox One.
Awal Februari 2014, John Wendell Thompson menjadi direktur independen pada dewan Microsoft dan 4 Februari 2014 ia dinobatkan sebagai Ketua Dewan (salah satunya dalam rangka mencari pengganti CEO perusahaan). Sebelumnya, Thompson telah menjadi anggota Dewan Microsoft selama dua tahun. Dia memimpin pencarian CEO berikutnya Microsoft, dan sebagai hasilnya, Satya Nadella resmi menjadi CEO Microsoft tertanggal 4 Februari 2014.
Pada tanggal 20 Mei 2014, Microsoft mengumumkan Surface Pro 3.
Pada tanggal 30 September 2014, Microsoft mengumumkan penggantian sistem 8 / 8.1 operasi Windows dengan lahirnya sistem operasi terbaru Windows 10, dengan preview teknis publik pertama dirilis pada tanggal 1 Oktober 2014. Dan kini Windows 10 sudah dirilis pada tanggal 21 Januari 2015.
Referensi : ashimima.com