Sejarah Logo Windows dan Linux  

Sejarah Logo System Operasi Windows :
Interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan komputer grafik, sistem operasi, faktor manusia, ergonomi, rekayasa industri, psikologi teori, dan sistem bagian dari ilmu pengetahuan komputer. Interaksi manusia dengan komputer dapat digambarkan seperti dialog antara user dengan komputer. Misalnya user menekan tombol angka & huruf pada keyboard dan melakukan sentuhan kecil pada kursor mouse. Kemudian hasilnya akan ditampilkan pada layar monitor.
Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer. Dibandingkan dengan kata-kata, sebuah gambar atau symbol (grafis) dapat bermakna lebih. Bayangkan sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Ini artinya tentu jauh lebih efisien, ketika sebuah desktop me-visualisasikan program-program atau aplikasi dengan icon atau symbol-simbol tertentu. Tampilan desktop misalnya tentu jauh lebih menarik dengan adanya icon-icon tertentu ketimbang hanya tulisan-tulisan saja, tetapi pada bagian-bagian tertentu tulisan-tulisan juga memiliki andil yang besar untuk mendeskripsikan segala sesuatunya.
Pernah muncul pertanyaan, kenapa sih logo windows berbentuk jendela dengan panduan warna merah, hijau, biru dan kuning?
Bentuk jendela merupakan identitas windows itu tersendiri, Logo jendela Microsoft Windows mulai diperkenalan sejak rilis Windows 3.1 diawali pada tahun 90-an. Dengan tampilan berbentuk kotak yang memiliki batas hitam bertahan hingga tahun 2001, metamorfosa terjadi pada saat Windows XP dirilis, desain jendela dibuat melambai layaknya bendera berkibar. Selanjutnya untuk Vista dan Windows 7 dibuat lebih elegan dengan logo jendela yang bersinar. Jendela sebagai logo digambarkan sebagai kumpulan aplikasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya.
Sedangkan warna 4 warna yang tergabung pada logo windows memiliki arti tersendiri. Terinspirasi dari kepribadian manusia yang terbagi menjadi 4 tipe kepribadian, maka dilambangkan dengan warna.
  1. Kuning, melambangkan kepribadian orang visioner, orang bertipe kepribadian ini adalah orang yang memiliki pandangan jauh ke depan dan mimpi yang tinggi. Namun, sometime mereka melihat mimpi itu terlalu jauh, tanpa berpijak pada kenyataannya.
  2. Merah, melambangkan tipe kepribadian pengendali. Orang bertipe kepribadian ini memiliki kecendruangan mengendalikan dan mengatur orang lain. Biasanya orang ini memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga bisa mengendalikan orang lain. Orang bertipe pengendali ini memiliki keterkaitan dengan orang visioner. Orang bertipe pengendali berperan sebagai pelaksana, mengatur cara agar mimpi yang dimiliki orang bertipe visioner bisa terlaksana.
  3. Hijau melambangkan tipe kepribadian rapi. Orang yang memiliki kepribadian rapi, maka akan selalu menjaga kerapiannya.
  4. Biru, melambangkan kepribadian lem. Seperti lem, orang yang bertipe kepribadian ini memiliki kemampuan untuk merekatkan hubungan, misalnya merekatkan antara satu kelompok dengan kelompok lain. Orang bertipe ini mudah bergaul dan membaur dengan orang lain. Dengan menyatukan keempat “warna” tersebut dalam satu framework, sehingga terjadilah suatu perusahaan sebesar “windows”.
Seiring perkembangan zaman, Microsoft mulai memperkenalkan logo terbarunya pada Windows 8 nampak tergoda untuk memperkaya logo dengan warna, animasi dan 3 dimensi. Godaan ini membuat logo Windows seperti sebuah bendera dalam posisi berkibar. Salah seorang desainer Pentagram, Paula Scher, mengajukan pertanyaan sederhana pada tim pengembang Windows. “Produk Microsoft adalah Windows yang berarti jendela. Lalu mengapa logonya seperti bendera?” begitu kira-kira pertanyaan Paula. Tim pengembang Windows sepakat dengan Paula. Alhasil, logo Windows 8 dibuat seperti jendela tanpa lekukan dalam perspektif kemiringan kecil. Desain ini memperkuat identitas antarmuka Metro yang dikenal dengan pilihan menu berbentuk kotak, atau disebut tile. Pada Windows 8, keempat kotak tersebut diberi warna default biru muda. Begitupun dengan teks Windows 8-nya.
Sejarah Logo System Operasi Linux :
Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itu lah Linus Torvalds di patok oleh seekor Pinguin dan demam selama berhari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain Logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk.

Sumber: http://blog-ayobaca.blogspot.com/2013/09/sejarah-logo-windows-dan-linux.html#ixzz4WGw1a8Ql