Ragam Kuliner Indonesia

Kuliner nusantara merupakan kebanggan warga Indonesia. Dimasing-masing daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik dan penuh cita rasa. Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya. Tak hanya hasil alam yang melimpah, namun juga dari beragamnya suku sehingga menghasilkan macam kuliner yang menggugah selera. Bila OpenRice lebih banyak berbagi artikel mengenai kuliner di pulau Jawa dan Bali, kali ini kami akan berbagi informasi kuliner di berbagai daerah lain di Indonesia untuk OpenRicers semua.

 

Indonesia Bagian Barat
Kita berlabuh terlebih dahulu di pulau di bagian barat Indonesia, yaitu Sumatera. Kamu yang mencintai wisata kuliner tak perlu bingung untuk mencari makanan yang khas dari tiap daerah. Seperti di Aceh, Ayam Tangkap dan Mie Aceh patut untuk dicicipi. Bila sedang berada di Medan atau daerah Sumatera Utara, OpenRicers bisa mencari makanan bernama Saksang, Pelleng, Arsik, atau Naniura. Jangan lupa juga untuk menjadikan Bika Ambon dan Bolu Meranti sebagai oleh-oleh.
Makanan khas seperti Nasi Lemak dan Belacan, juga bisa kamu temui di berbagai tempat di daerah yang masih kental dengan budaya Melayu ini. Sedangkan bila sedang berada di Sumatera Selatan, kamu tentu sudah tahu bahwa Pempek dan Tekwan khas Palembang merupakan kuliner yang sangat wajib dipilih untuk memanjakan lidah.

 

Indonesia Bagian Tengah
Beralih ke pulau yang dikenal juga dengan nama Borneo, yaitu Kalimantan. Pulau yang dikenal dunia sebagai salah satu pulau terbesar di dunia ini juga memiliki kuliner khas yang tak kalah lezat. Bagi pecinta durian, kamu bisa mendapati berbagai macam makanan berbahan durian, salah satunya adalah Lempok Durian khas Pontianak.
OpenRicers juga bisa mencoba beberapa makanan lain, seperti Soto Banjar dari Banjarmasin, Chai Kue Pontianak, Bubur Pedas ala Kalimantan Barat, dari Kalimantan Selatan, ataupun Pisang Gapit yang banyak dijumpai di Balikpapan dan Samarinda. Mie Sagu, Gaguduh, dan Tempoyak juga wajib untuk dicoba lho OpenRicers.

 

Indonesia Bagian Timur
Jangan lupakan kawasan Indonesia Timur yang juga dikenal dengan hasil alam yang kaya ini. Bila kamu sedang terbang ke pulau Sulawesi, manjakan lidah dan perut kamu dengan cita rasa Coto Makassar, Sop Konro, dan Es Pisang Ijo atau Pallu Butung yang khas dari Sulawesi Selatan. Menu ikan Cakalang yang terkenal pedas juga wajib untuk kamu cicipi, selain Tinutuan dan Bubur Manado dari Sulawesi Utara.
Sudah pernah mencoba menu berbahan sagu? Nah, cobalah Papeda bila kamu sedang berada di Maluku atau Papua. Ayam Taliwang khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, juga terkenal lezat. Jangan lewatkan pula sambal khas dari Indonesia bagian Timur, salah satunya adalah sambal Colo-colo, yang biasa hadir untuk melengkapi momen wisata kuliner OpenRicers kala berada di sana.

Selain makanan, Indonesia juga memiliki kopi dengan rasa yang khas dari masing-masing daerah. OpenRicers pecinta kopi jangan lewatkan untuk mencicipinya saat bersantai di suatu daerah yang sedang disinggahi.

sumber : http://id.openrice.com/jakarta/article/ragam-kuliner-daerah-di-indonesia/1719?article_id=1719