Prosesor AMD VS Intel, Bagus Mana Untuk Bermain Game?

Pertanyaan klasik, bagus yang mana antara prosesor AMD VS Intel untuk bermain game?, jawabanya adalah tergantung dana, kebutuhan dan spek komputer yang akan digunakan untuk bermain game itu sendiri. Blog motorseo sebenarnya ingin fokus pada tulisan tentang sepeda motor, blogging, sedikit seo juga web development, jika pun ada tulisan tentang pembahasan handphone atau komputer itu semata-mata adalah tulisan penghibur bagi para visitor yang datang. Tetapi, karena saat ini banyak yang bertanya tentang pembahasan komputer, saya pun mulai banyak menulis tentang topik ini. Ambilah contoh seperti pertanyaan “mana yang lebih bagus dan terbaik antara Intel atau AMD untuk bermain game?”, nah saya pun tergelitik untuk membahas topik yang satu ini secara ringan, mari kita lihat saja bersama.

Dulu sekali, mungkin prosesor Intel boleh berjaya dengan berbagai macam prosesor yang mereka miliki, dengan performa terbaik di kelasnya (walaupun harganya sangat mahal), Intel selalu menjadi pilihan utama para pengguna komputer tak terkecuali para gamer komputer. Tetapi setelah Intel mendapatkan saingan yang cukup berat dari jajaran prosesor AMD, peperangan dikelas komputer termasuk komputer game pun kiat menjadi-jadi sampai detik ini.

Sandy Bridge - prosesor intel lebih bagus dari AMD

Sandy Bridge, Prosesor intel, lebih bagus dari AMD?

Sempat dikalahkan oleh AMD dikelas prosesor gaming, kini Intel tampaknya telah berhasil merebut tahta itu kembali, ini dimulai sejak lahirnya generasi Intel Sandy Bridge. Dulu Intel sempat kewalahan dengan jajaran prosesor AMD seperti AMD Athlon XP 2500 Barton, kemudian yang belum lama dengan keluarga Athlon II X2,X3,X4 juga dari keluarga Phenom II seperti Phenom II X2 dan Phenom II X4 yang terkenal dengan kode Black Edition yang sanggup di overclock dengan sangat mudah. Prosesor AMD tersebut memiliki performa yang setara dengan Intel tetapi dengan harga yang lebih murah (dulu), ini tentu saja menjadi kabar kembira waktu itu dimana para gamer banyak yang mulai beralih ke prosesor AMD untuk merakit komputer game murah dengan kualitas bagus :-D.

Tetapi setelah Intel memperkenalkan keluarga Sandy Bridge yang disusul Ivy Bridge, Intel tampaknya telah berhasil menarik kembali para komputer gamer untuk melirik mereka. Ini bukan tanpa alasan, karena antara harga dan performa yang ditawarkan memang lebih baik dari tipe AMD. Ambilah contoh Intel Sandy Bridge i5-2500K, prosesor ini sangat bagus untuk bermain game juga mudah di overclock yang performa nya melebihi prosesor AMD di kelasnya.

Intel VS AMD, perbandingan prosesor tanpa henti

Intel VS AMD, perbandingan prosesor tanpa henti

Jadi, tidak mudah menjawab pertanyaan “mana yang lebih bagus untuk bermain game antara prosesor AMD VS Intel”, kita harus menetukan harga juga keperluan kita sendiri. Contoh untuk prosesor kelas premium, saya lebih memilih tipe dari Intel (saat ini) dan memilih AMD untuk tipe prosesor gaming di bawah 1 juta. Admin juga dulu memilih prosesor AMD tetapi sekarang memiliki komputer game yang di isi oleh prosesor Intel di motherboard komputer admin :-D, oh ya saya pernah menulis artikel tentang ini di halaman ini – prosesor yang murah untuk bermain game.

Kesimpulannya, jika ada pertanyaan seperti perbandingan prosesor Intel VS AMD, maka kita harus melihat banyak aspek yang termasuk harga didalamnya. Mungkin bagi sebagian orang akan merasa kesulitan menentukan prosesor apa yang bagus untuk bermain game, nah kita bisa berdiskusi di halaman komentar dibawah ini. Ingat, performa prosesor tidak hanya dilihat dari clock speed saja seperti jaman purba dulu :-D, tetapi bisa dilihat dari chipset yang dipakai, jumlah core yang ada, jumlah cache memori, dll. Pastinya pertarungan Intel VS AMD akan terus berlangsung.. Semoga bermanfaat.

 

sumber : https://motorseo.wordpress.com/2013/03/22/prosesor-amd-vs-intel-bagus-mana-untuk-bermain-game/