PROFIL, AGAMA DAN BIODATA RADITYA DIKA STAND UP COMEDY

Anda pasti kenal dengan komedian yang satu ini. Ya Raditya Dika selama ini dikenal sebagai seorang komika, ia juga menjadi juri di acara stand up comedy.Video-videonya yang diuploud di youtube pasti membuat siapa saja terpingkal-pingkal. Radith sapaan akrabnya selain dikenal karena stand up comedy nya yang selalu lucu dan menghibur, ia juga seorang aktor, penulis, model dan sutradara. Nah bagi anda penggemar penulis buku “kambing jantan” ini, simak profil dan biodatanya secara lengkap berikut ini.

14

Biodata Raditya Dika Stand Up Comedy

  • Nama Asli: Dika Angkasaputra Moerwani
  • Dikenal sebagai: Raditya Dika
  • Tempat lahir: Jakarta, Indonesia
  • Tanggal lahir: 28 desember 1984
  • Pekerjaan: Aktor, komedian, sutradara, penulis, model
  • Tahun Aktif: 2004 – sekarang
  • Situs pribadi: radityadika.com
  • orang tua: Tetty Nasution
  • Pendidikan: SMP Tarakanita, SMU 70 Bulungan, University Of Adelaide, UI
  • Karya: Jambing jantan (2005), Cinta Brontosaurus (2006), Radikus Makankakus (2007), Babi Ngesot (2008), Marmut Merah jambu (2010), Manusia setengah salmon (2011), Koala Kumal (2015)

Nama Asli Radiya Dika sebenarnya adalah Dika Angkasaputra Moerwani. Perubahan nama itu terjadi saat ia duduk di bangku SD. Ditulis di blog pribadinya, iapun menjelaskan dengan gaya kocaknya perubahan namanya tersebut. Ketika ia duduk di kelas 4 SD, Radit meminta pada ibunya untuk mengganti namanya. Seoalah hal tersebut bukan masalah berarti, ibunya pun langsung mengiyakan. Lucunya, ijazah SD hingga SMA memakai nama Radiya Dika bukan nama aslinya. Begitu juga dengan nama di KTP dan Sim. Namun masalah muncul ketika akan kuliah ke luar negeri, karena saat itu harus mencocokan akte kelahiran dan ijazah SMA. Untungya pihak imigrasi membuatkan nama alias pada passport Raditya Dika.

Karya Raditya Dika yang pertama adalah sebuah buku dengan judul Kambing Jantan pada tahun 2005. Buku tersebut bercerita tentang kehidupanya ketika kuliah di Adelaide, Australia. Buku tersebut dibuat dengan format diary atau semacam buku harian. Cerita dalam bukunya itu ia ambil dari blog pribadinya yang pernah ia buat dulu yakni kambingjantan.com Setelah mendapat respon yang positif dari pasar, iapun menelurkan buku kedua berjudul Cinta Brontosaurus pada tahun 2006. Pada buku kedua ini hampir sama dengan buku pertama yang bercerita kehidan keseharian Raditya Dika. Namun bedanya, pada Cinta Brontosaurus menggunakan format cerpen atau cerita pendek. Cinta Brontosaurus adalah buku tentang kisah cinta raditya dika yang selalu tidak beruntung.

Radiya Dika memang cukup sukses menjadi penulis yang anti mainstream. Buku-bukunya ditulis dengan genre baru yang segar. Pada buku-buku radit ia selalu menggunakan nama binatang. Menurutnya hal itu adalah “selling point”, sehingga membuatnya beda dari penulis-penulis lain. Al hasil, karya-karyanya yang ia tuangkan dalam bentuk buku menarik produser film untuk membuatnya menjadi film layar lebar. Beberapa film yang dibintangi sendiri oleh raditya dika tersebut diantaranya Kambing Jantan The Movie (2009), Cinta Brontosaurus (2013), Manusia Setengah Salmon (2013) dan Marmut Merah Jambu (2014). Menariknya lagi film-film tersebut disutradarai dan ditulis sendiri (skenario) oleh Raditya Dika.

Demikianlah Biodata Radiya Dika, semoga bermanfaat untuk anda. Selain sebagai penulis buku dan pemeran film, Radit juga pernah menjadi host (comic action) juri (SUCI Kompas TV hingga bintang iklan. Beberapa iklan yang ia bintangi diantanranya You C-1000, Ambi Pur, Fulio Blasto,Mie Sedaap Cup dan lain sebagainya.

semoga bermanfaat…
suumber : sumber : http://biodatanet.com/ (page 4)
(Visited 15 times, 1 visits today)

You might also likeclose