Pernak-Pernik DIY untuk tumblr room

Melihat-lihat interior kamar kost atau asrama di Tumblr, Pinterest, dan situs-situs lainnya memang bikin mupeng. Nggak tahu gimana caranya, mereka bisa saja membuat dekorasi kamar yang apik dan enak dilihat. “Gimana sih caranya bikin kamar bisa jadi kayak gitu?” kadang pertanyaan ini terbersit di pikiranmu.

Nggak perlu repot-repot cari referensi lain lagi. Di bawah ini, kami sudah mengumpulkan proyek-proyek DIY yang bisa bikin kamarmu lebih indah. Yuk simak apa saja!

1. Cuma dengan selotip warna-warni,wall art yang cantik sudah bisa kamu bikin sendiri!

Punya tumpukan majalah bekas di rumah? Daripada dibiarkan saja, lebih baik kamu olah jadiwall art cantik satu ini. Caranya pun sederhana. Kamu cuma butuh gambar dari majalah yang sudah kamu gunting rapi, serta selotip warna-warni. Tempelkan gambar ke dinding kamarmu dengan selotip aneka warna ini. Voila, wall art yang cantik sudah bisa kamu punya!

2. Dinding kamar yang membosankan bisa kamu hidupkan dengan ombre wall art ini

Ombre nggak hanya terlihat menarik di rambut atau lipstik saja. Sekarang kamu bisa mengubahnya jadi wall art yang menghidupkan dinding kamar. Yang kamu butuhkan hanyalah:

  • Kanvas (ukuran apa saja)
  • Cat minyak / air (warna apa saja)
  • Kuas ukuran besar
  • Piring untuk mencampurkan cat, air untuk mencuci kuas, dan kain untuk mengeringkan kuas

Cara membuatnya: dengan kuas yang sudah dicelupkan ke cat, lukislah satu strip warna di atas kanvas. Setelah itu, campurkan cat warna pilihanmu dengan warna putih untuk mendapatkan strip berwarna lebih muda. Lukis kanvas dengan strip ombre ini sampai tak ada permukaan kanvas yang kosong lagi. Tunggu sampai cat benar-benar kering, lalu gantungkan di atas dinding. Kamarmu yang tadinya ‘polosan’ seketika punya kehidupan!

 

 

 

3. Manfaatkan sepatumu jadi hiasan. Saat nggak dipakai, jajarkan mereka dengan cantik di rak kamar

Hobimu mengoleksi sepatu bisa dimanfaatkan untuk menghias kamar. Caranya mudah: taruh saja sepatu-sepatumu sebagai display di dalam rak buku. Kamar jadi tambah cantik dalam seketika!

4. Pintu lama yang sudah tak terpakai lagi, bisa dimodifikasi jadi rak buku ini

Punya pintu kayu yang sudah tak terpakai lagi? Jangan buru-buru dibuang. Kamu bisa memodifikasinya menjadi rak buku bernuansa vintage seperti ini. Pasang kayu di belakang pintu untuk alas buku-bukumu. Jangan lupa mengecatnya ulang supaya terlihat cantik. Kalau ada rak buku secantik ini di kamarmu, dijamin kamu bakal betah di kamar terus deh!

5. Lapisi kursimu dengan kain terang supaya tak terlihat membosankan

(via All Things Thrifty) via www.allthingsthrifty.com

Kamu punya kursi kayu atau plastik yang polos dan membosankan? Melapisinya dengan kain terang akan membuatnya terlihat jauh lebih menarik. Caranya adalah dengan teknikdecoupage sederhana. Ini yang kamu butuhkan:

  • kursi
  • kain bermotif sesuai pilihanmu
  • lem mod podge (biasanya nggak ada di toko buku.
  • gunting
  • kapur penanda

Untuk membuatnya, pertama-tama lepaskanlah alas kursi dari rangka kursi seluruhnya. Tempatkan alas kursi tersebut di atas kain supaya kamu bisa mengukur panjang dan lebarnya. Tandai kain dan potong dengan hati-hati. (Supaya lebih rapi, pastikan ukuran kain yang dipotong 2,5 cm lebih panjang dibanding ukuran alas kursi)

Olesi alas kursimu dengan mod podge. Tempelkan kain yang sudah dipotong di atasnya, kemudian olesi permukaan kain dengan mod podge. Biarkan semalaman. Esok paginya, potong bagian kain yang menjuntai di keempat sisi alas kursi. Jangan lupa rapikan benang yang juga menjuntai. Oleskan mod podge di sisi-sisi terluas alas kursi agar tak ada benang yang menjuntai lagi. Jadi, deh!

6. Supaya barang-barangmu tak tercecer lagi, kumpulkan saja di kontainer yang bisa kamu buat sendiri ini

Cereal box container

Punya karton bekas susu menumpuk di rumah? Saatnya mengolah karton-karton ini jadi boks kontainer multiguna. Bisa untuk menyimpancharger, anting, kalung, sampai pas foto dan barang-barang mungilmu yang lainnya.

Cara membuatnya juga sederhana. Potong karton bekas susu menjadi wadah karton, lalu lapisi dengan kertas kado warna-warni. Setelah jadi, jajarkan semuanya di dalam laci atau boks kontainer yang lebih besar.

7. Kamarmu akan jadi lebih indah, dengan keset yang lebih meriah

Keset cat

Bosan nggak sih dengan warna keset yang cokelat muda ala sabut kelapa? Supaya kamarmu gak membosankan, gak ada salahnya untuk membuat keset warna-warni ini sendiri. Caranya pun cukup mudah kok, cuma butuh spray paint / cat tembok dan lakban.

8. Tumpukan majalah bekas yang sudah tak kamu baca, bisa disulap jadi bangkucute nan berguna

Majalah bekas jadi bangku <3

Lem tumpukan majalah bekas di rumahmu sehingga menempel satu sama lain. Tempatkan bantal kecil di atasnya dan “ikat” dengan dua buah sabuk. Bangku baru seunik ini siap membuat kamarmu lebih menarik lagi!

9. Tempelkan baki warna terang ke kulkas supaya kotak abu-abumu itu jadi lebih cantik

Punya kulkas di kamar kostmu? Pasang fridge board dari baki ini saja! Kamu hanya butuh baki warna cerah dan beberapa magnet kulkas untuk memasangnya. Jangan lupa selipkan to-do listatau foto-foto lucu agar fridge board-mu makin ramai!

10. Sulap kamarmu jadi semacam hutan mini hanya dengan menambahkan tanaman-tanaman ini

Kamarmu bisa menjadi lebih indah dengan tanaman-tanaman indoor di berbagai sudutnya. Tak perlu beli yang mahal-mahal, sekadar kaktus, aloe vera dan lidah mertua sudah cukup menghijaukan kamar dan bikin kamu betah ada di dalam seharian. Iya ‘kan?

11. Mulai saat ini, kasurmu nggak akan “sendiri” lagi. Berikan dia teman dalam bentuk no-sew pillow ini

Kamu Bisa lho membuat sarung bantal unyu tanpa menjahitnya sama sekali. Aplikasikan saja trik membungkus bantal satu ini. Agar kamarmu makin ramai, buatlah sarung dari kain dengan motif yang berbeda-beda. Voila! Tempat tiduuu nggak akan sepi lagi, karena sudah ditemani bantal-bantal ini

(Visited 64 times, 1 visits today)

You might also likeclose