Perbedaan Hacker dan Cracker Yang Perlu Kamu Tahu!

anonymous

Apakah ada yang tahu apa itu hacker dan cracker? Orang yangs sudah berkecimpung dalam dunia internet pasti kebanyakan sudah mengetahuinya. Dalam dunia internet memang tidak pernah lepas dari adanya para hacker maupun cracker.

Namun kebanyakan orang awam juga salah paham tentang keduanya, mereka menganggap bahwa hacker dan cracker mempunyai pengertian yang sama serta konotasinya jahat, selalu negatif dan selalu melakukan tindak kejahatan dalam dunia maya.

Padahal sebenarnya banyak di antara mereka memiliki jasa yang besar dengan memperingatkan dan menyelamatkan  suatu sistem di internet, sehingga para pemilik sistem tersebut dapat memperbaiki kelemahan-kelamahan sistemnya tersebut.

Berikut penjelasan mengenai perbedaan antara hacker dan cracker agar tidak tidak terjadi kesalah pahaman.

Pengertian hacker adalah sebutan untuk seseorang atau  suatu kelompok yang memberikan sumbangsih besar terhadap dunia internet, komputer dan sistem operasi. Pekerjaan yang dilakukan Hacker biasanya adalah mencari kelemahan suatu sistem  dan memberikan solusi untuk mengatasi kelemahan system tersebut.

Pengertian cracker adalah sebutan yang diberikan kepada seseorang atau suatu kelompok yang mencari kelemahan dari suatu sistem lalu memasukinya untuk mencari keuntungan diri sendiri atau pribadi. Biasanya yang dilakukan cracker adalah mengganti data, memanipulasi data, mencuri data, menghapus data dari suatu sistem. Cracker ini bisa juga disebut hacker yang tidak bertanggung jawab. Biasanya para cracker menggunakan alat bantu seperti tool untuk memasuki suatu sistem.

  • Hacker

hacker-hack-hacking-internet-computer-anarchy-sadic-virus-dark-anonymous-code-binary-images-232973

 

  1. Hacker yang baik memiliki etika dan kreatif dalam merancang suatu program positif yang dapat digunakan oleh siapa saja.
  2. Mampu menganalisa kelemahan dari suatu sistem atau situs, dan jika benar ada kelemahan dari suatu sistem yang di analisa maka dia akan memberikan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.
  3. Akan selalu memperbanyak dan memperdalam ilmu tentang sistem operasi.
  4. Tidak pelit dalam membagi ilmu kepada orang yang serius belajar dan digunakan untuk kebaikan.
  • Cracker

maxresdefault

 

  1. Mampu membuat sebuah program yang dapat digunakan untuk merusak dan digunakan untuk kepentingan pribadi, seperti virus, kode warez, pencurian kartu kredit,pencurian password email dan web server dan lain sebagainya.
  2. Mempunyai website rahasia dalam IRC yang tersembunyi, karena memang bersifat rahasia.
  3. Umumnya berdiri dan bergerak sendiri, namun juga dapat bergerak secara berkelompok.
  4. Memiliki IP address rahasia yang sangat sulit untuk dilacak.

Intinya adalah hacker yang baik bertanggung jawab dengan apa yang dia lakukan, sedangkan cracker melakukan pekerjaan yang merusak untuk kepentingan diri sendiri.