Perbedaan CWM Dan TWRP

Istilah CWM lebih familiar dibandingkan dengan TWRP. Saking familiarnya dengan CWM, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa recovery yang dia install adalah CWM padahal itu adalah TWRP. Tapi pada umumnya memang para pengguna android di indonesia lebih sering menggunakan recovery CWM dibanding TWRP. Entah kenapa, saya sendiri pun tidak tahu alasannya.
Pada perangkat android pasti memiliki recovery, dimana recovery tersebut berfungsi untuk mengembalikan perangkat android itu sendiri kembali seperti semula (bawaan pabrik), menghapus chache, install rom, bahkan sampai ke backup dan restore. Fungsi itu semua terdapat di CWM maupun TWRP.

Pengertian CWM

CWM merupakan kepanjangan dari Clockworkmod. CWM sendiri adalah hasil modifikasi dari recovery asli, fitur di dalamnya leih lengkap ketimbang recovery bawaan. Dianataranya bisa untuk install, factory reset, bahkan backup dan restore. Dan tampilan dari CWM biasanya masih basic, sama seperti recovery bawaan. Begitupun dengan cara pengoperasiannya, cara pengoperasoan CWM hanya dapat dilakukan dengan menggunakan tombol power, vol up dan down.

Pengertian TWRP

TWRP merupkan kepanjangan dari Team Win Recovery Project. TWRP sendiri adalah Recovery open-source untuk android yang sudah support touchscreen. Secara keseluruhan fungsi dari TWRP sama dengan CWM, hanya dibedakan dari tampilan dan cara pengoperasian.

Kesimpulan

Pada dasarnya fungsi CWM dan TWRP adalah sama, yang membedakannya dalah tampilan dan cara pengoperasiannya. Dimana TWRP sudah bisa touchscreen dan CWM masih menggunakan tombol Power, vol up dan down.

Semoga bermanfaat.