Perbandingan OS Android, Windows Phone, iOS dan BB

Sahabat sedang bingung memilih smartphone dengan Operating System (OS) yang diusungnya? Memang ketika kita akan memilih sebuah smartphone, salah satu hal penting yang harus kita pertimbangkan sebelum akan membeli smartphone adalah mengenai Operating System yang diusungnya. Karena setiap Operating System memiliki perbedaan tersendiri, baik dari sisi tampilan, fitur hingga kinerjanya. Tentunya pertimbangan tersebut disamping dari pertimbangan penting lainnya seperti pemilihan Brand atau Merk, Spesifikasi, dan Budget.

Perbandingan OS Android, Windows Phone, iOS dan BB
Di Indonesia sendiri sekurang-kurangnya ada empat jenis Operating System yang sudah banyak digunakan oleh pengguna smartphone, dianataranya ada OS Android, Windows Phone, iOS dan BB. Nah! Bagi sahabat yang kebetulan sedang bingung memilih smartphone dengan OS yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, disini Klik Ponsel akan mengulas perbandingan antara keempat Operating System tersebut khusus untuk sahabat. Keep reading!

1. Android
Android adalah sebuah Operating System yang dikeluarkan oleh perusahaan internet raksasa Google. Di luncurkan pada 2007 silam, kini OS keluaran Google ini sudah menguasai pasar ponsel dengan OS Android. Kepopuleran OS Android hingga mampu menguasai pasar ponsel di seluruh Dunia, alasannya karena OS ini bersifat Open Source sehingga bisa digunakan diperangkat gadget lainnya selain di perangkat smartphone. Dengan sifatnya yang Open Source, OS Android ini memiliki banyak aplikasi-aplikasi pilihan yang tersedia dari para pengembang aplikasi, tempat aplikasi tersebut disebut dengan Play Store. Selain itu OS Android bisa digunakan pada smartphone dengan harga murah hingga harga termahal. Itulah kiranya alasan mengapa OS Android menajdi sangat populer.

2. Windows Phone
Windows Phone merupakan Operating System yang dikembangkan oleh perusahaan terkemuka Microsoft yang diciptakan untuk menyaingi kepopuleran Android. Ketersediaan OS ini masih kalah populer oleh Android. Namun Microsoft terus berinovasi untuk terus melebarkan sayapnya menjadi pesaing utama dari Android. Smartphone yang familiar menggunakan OS ini adalah Nokia Lumia dan sekarang sudah mulai mengikuti seperti HTC dan Lenovo. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di OS Windows Phone masih kalah jauh dengan apa yang ada di Android.

3. iOS
iOS merupakan OS yang diciptakan oleh perusahaan Apple, keberadaan OS ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di iOS sudah cukup banyak, meskipun tidak bersifat Open Source seperti Android. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di iOS (AppStore) memiliki keamanan dari virus yang lebih baik dibandingkan dengan Android.

4. BlackBerry
OS BlackBerry merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Research In Motion (RIM) yang berada di Kanada. OS ini digunakan hanya pada produk BlackBerry saja, sama halnya dengan OS iOS yang hanya digunakan untuk produknya sendiri. BlackBerry Messenger(BBM) adalah aplikasi chatting unggulan yang dimiliki oleh OS ini. Smartphone BlackBerry sempat populer di eranya, sebelum akhirnya kepopuleran tersebut dipatahkan oleh kehadiran Android.

Sisi Harga
Tentu Android memiliki variasi harga yang lebih banyak, OS Android bisa kita jumpai di berbagai Brand smartphone lokal hingga Global dengan penawaran harga paling murah dibawah sejutaan hingga harga kelas tinggi. Sementara untuk Windows Phone, tidak jauh berbeda dengan Android memiliki variasi harga yang cukup banyak. Hanya ketersediaan smartphone Windows Phone tidak sebanyak smartphone Android. Kemudian untuk smartphone berbasis iOS, harga yang ditawarkan relatif mahal namun memiliki prestige tersendiri. Dan untuk perangkat BB, rata-rata harganya masih agak mahal. Meskipun ada beberapa perangkat BB yang dijual dengan harga sejutaan.

Aplikasi
Untuk urusan aplikasi tentu jagonya adalah Android, ketersediannya paling banyak diantara ketiga kompetitor lainnya. Kedua ada iOS yang juga memiliki ketersediaan aplikasi yang cukup banyak di bawah Android. Sementara untuk Windows Phone dan BB, ketersediaan aplikasi-aplikasinya masih tertinggal jauh oleh Android dan iOS.

Antar Muka (Interface)
Android memiliki interface yang berbeda-beda sesuai dengan vendor yang mengusungnya. Karena Android ini banyak digunakan oleh vendor-vendor seperti Samsung, Sony, HTC, Lenovo, Huawei, Advan dan sebagainya. Jadi setiap interface Android memiliki khas berbeda, sesuai vendor yang mengusungnya.
iOS memiliki antar-muka yang khas rancangan Apple, dalam interface yang digunakannya memiliki tampilan yang lebih modern dengan variasi warna yang dihadirkan.
Untuk Windows Phone antar-muka yang digunakan terkesan kaku dan tidak memiliki pilihan-pilihan widget yang lengkap.
Sementara untuk BlackBerry memiliki antar-muka yang kurang flexible.

Proteksi / Keamanan
Untuk hal yang satu ini iOS lah juaranya jika dibandingakan dengan ketiga pesaingnya, pasalnya Apple memiliki pengawasan yang lebih ketat terhadap aplikasi-aplikasi yang disediakannya. Dan Apple memiliki kontrol yang lebih baik terhadap apliksi-aplikasi untuk penunjang perangkat iOS.

Umur Baterai
Keempat OS tersebut sebenarnya memiliki ketahanan umur baterai yang tidak jauh berbeda, perbedaanya terletak pada kapasitas dan penggunaan aplikasi saja. Untuk mengatasi penghematan daya baterai, dari keempat OS tersebut sudah disediakan aplikasi penghemat daya yang cukup membantu untuk konsumsi daya yang berlebihan.

 

Sahabat, itulah kiranya ulasan seputar perbadingan antara OS Android, Windows Phone, iOS dan BB. Semoga bermanfaat!

 

Source : http://www.klikponsel.com/perbandingan-os-android-windows-phone-ios-dan-bb/