Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

  • Software Yang Anda Install

Penyebab laptop lemot yang paling umum terjadi adalah software yang Anda install terlalu banyak dan memakan resource laptop Anda. Sebagian besar orang sering menginstall banyak software, bahkan program yang tidak penting sekalipun. Ingat bahwa terlalu banyak program yang Anda install dapat memberatkan kerja cpu, dan menjadi penyabab laptop lemot.

Cara mengatasi laptop lemot karena banyak program yang tidak jelas adalah dengan cara masuk ke control panel dan pilih uninstall program, nah disitu Anda bisa memilih mana program yang menurut Anda tidak penting dan tinggal klik untuk menghapusnya, mudah bukan?.

  • Virus Penyebab Laptop Lemot

Selain karena terlalu banyak program tidak penting yang terinstall, virus juga bisa menjadi penyebab laptop lemot. Virus merupakan program jahat yang dapat merusak program yang ada pada laptop Anda. Virus yang paling sering mengganggu dan membuat laptop lemot biasanya adalah virus trojan horse dan worm.

Cara menghapus virus juga mudah (tergantung jenis virus dan tingkat kerusakan program) Anda tinggal install software anti virus gratis dan dalam beberapa kali klik virus Anda sudah masuk karantina. Namun ada juga virus bandel dan beberapa anti virus versi gratis tidak memiliki fitur untuk menghapusnya, solusinya Anda bisa upgrade ke anti virus berbayar.

Untuk terhindar dari virus ingat untuk selalu aktifkan anti virus saat browsing internet dan jangan install sembarang program. dengan begini penyebab laptop lemot bisa diatasi.

  • Spesifikasi Laptop tidak memadahi

Sebagian sofware terus menambah berbagai fitur untuk menambah pengalaman pengguna agar lebih baik. Dalam update tersebut tentunya memakan sumber daya lebih banyak. Hal ini juga bisa menjadi penyebab laptop lemot. Standar laptop sekarang juga minimal mempunyai ram 2gb untuk dapat menjalankan beberapa program menengah kebawah.

Jika Anda mempunyai laptop dengan spesifikasi laptop minimum dan tetap ingin laptopnya cepat dalam akses data dan program maka sebaiknya jangan izinkan update automatis pada beberapa program.

  • Rusaknya Komponen

Laptop bisa menjadi lemot jika mengalami kerusakan pada beberapa komponen penting didalamnya, Salah satu komponen yang peka terhadap kerusakan adalah hardisk. Hardisk rusak atau bed sector dapat memperlambat kinerja laptop Anda. Solusi yang tepat untuk mengatasi laptop lemot karena kerusakan hardisk adalah dengan menggantinya dengan hardisk baru.

  • Salah install windows

Salah install windows juga sering menjadi masalah, baik windows 7 maupun 8 jika Anda salah dalam input atau ada crash pada sistem windows tersebut dapat membuat laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena salah instalasi adalah dengan reinstall windows tersebut, atau jika Anda kurang yakin bisa memanggil ahli komputer untuk melakukannya.

  • File cache yang menumpuk

File cache merupakan file yang tersimpan sementara agar Anda lebih cepat mengakses beberapa data. Apalgi jika Anda gemar browsing, hal ini dapat membuat browser Anda penuh oleh cache karena sebagian besar situs internet memasang cache pada laptop Anda. Cara mengatasi laptop lemot karena banyak cache adalah dengan menggunakan ccleaner. Biasanya laptop yang lemot saat internetan adalah karena kebanyakan cache di browser.

  • Laptop lemot dan not responding

Laptop lemot yang membuat jengkel adalah adanya report error not responding. Laptop lemot disertai report error not responding biasanya terjadi karena hardisk yang penuh, terlalu banyak membuka program secara bersamaan, ram terpakai semua, rusaknya program yang sedang Anda jalankan dan serangan virus.

Laptop hang dan not responding kadang membuat Anda frustasi karena biasanya tidak bisa close program tersebut. Cara mengatasi laptop lemot dan not responding cukup mudah.

Pertama Anda buka windows task manager dengan cara klik kanan pada task bar kemudian klik task manager. Jika tidak bisa menggerakan pointer mouse untuk membuka task manager Anda bisa menekan tombol ctrl + alt + del secara bersamaan.

Setelah task manager muncul pilih program yang not responding lalu klik end task.

Sumber : http://laptoparea.com/penyebab-laptop-lemot-mengatasi