Padahal cuman nguap, tapi kok air mata ikutan keluar ? Ternyata ini teori yang mendasarinya

nguap

“Eh, lu habis nangis ya sob??”
“Yeeee enak aja! Kagak ah! Siapa yang nangis?”
“Lha itu kok air mata lo keluar sih?”
“Yaelah, ini mah karena gue barusan nguap tadi~”

Pernah ngalamin kejadian kayak gini? Emang sih, air mata nggak selalu keluar waktu kamu lagi sedih dan nangis doang. Faktanya nih, ada kondisi lain yang terjadi di kehidupan sehari-hari kita yang bisa bikin air mata keluar, kayak misalnya pas mata kamu kemasukan air, lagi ngiris bawang, atau yang paling sering terjadi nih, waktu kamu menguap!

  • Pernah cuman basah dikit, ada juga yang sampe kayak nangis beneran

Nggak kayak waktu kamu nangis kejer, air mata yang keluar nggak terlalu banyak dalam sekali menguap. Tapi nih, kalo kamu lagi ngantuk berat dan berkali-kali menguap, nah ini nanti yang bakal bikin air mata yang keluar dari mata banyak banget. Terus, sebenernya apa sih yang bikin kita ngeluarin air mata waktu lagi menguap?

  • Nggak cuman kamu kok!

Tapi sebelumnya kamu harus tenang dulu. Ternyata yang pernah ngalamin kejadian ngeluarin-air-mata-waktu-menguap ini nggak cuman kamu kok! Menurut survey di Mine Craft Forum, 80,4 % orang mengaku kalo mata mereka juga pernah basah waktu lagi menguap, alias ngeluarin air mata juga.

  • Emang kok bisa berair ya?

Jadi gini nih, alasan mata berair waktu kamu lagi menguap adalah karena adanya proses tekanan yang ada di kelenjar air mata. Kelenjar air mata ini sendiri terletak di bagian atas mata kamu, tepat di bawah tulang alis. Nah, waktu kamu menguap, kelopak mata secara otomatis bakal berusaha nutup secara rapat. Dan aktivitas ini juga sering banget dibarengi sama adanya tekanan yang ada di otot-otot sekitar mata kamu yang ngebikin mata jadi berair.

  • Jadi, kalo kamu sering menguap…

Makin banyak kamu menguap, maka kelenjar air mata yang mengalami tekanan juga bakal makin kuat. Otot-otot mata yang bergerak pun juga nggak ketinggalan tambah banyak. Dan ini yang nantinya bakal ngebikin air mata yang keluar dari mata tambah banyak karena kamu menguap.

  • Terus, kenapa kok kita menguap?

Buat aktivitas menguap sendiri, Scientific American ngungkapin kalo menguap terjadi karena badan kamu lelah, dan juga adanya perasaan bosan ato ngantuk. Di sisi lain, perasaan lelah, ngantuk, dan bosan ini menurut peneliti terjadi karena otak ngalamin kekurangan oksigen. Cuma, belum ada penjelasan lebih detail nih kalo menguap adalah proses penarikan oksigen dari paru-paru ke arah otak demi mencukupi kebutuhan oksigen yang ada di dalam otak.

  • Air mata ini penting banget lho~

Yang paling penting nih gaes, fungsi dari air mata ini rupanya nggak bisa kamu remehin gitu aja lho~. Selain bisa mencegah kekeringan, ngebantu penglihatan, dan juga ngasih oksigen dan nutrisi pada mata, doi bahkan bisa ngebunuh 95 % bakteri dari tempat-tempat yang kita udah kita datengin.

Jadi, kalo kamu mendadak ngeluarin air mata padahal kamu cuman menguap doang, maka itu adalah hal yang wajar. Bukan berarti kamu sedih, tapi itulah yang namanya sains.

Sumber : http://keepo.me/facts-channel/Padahal-Kamu-Cuma-Menguap-Doang-Tapi-Kok-Air-Mata-Ikut-Keluar-Ya-Ternyata-Ini-Lho-Teori-yang-Mendasarinya

(Visited 43 times, 1 visits today)

You might also likeclose