Kamu suka bermain game? Kita akan bahas  OS Windows yang cocok buat main game online/offline seperti Dota2, PB, Dragon Nest, PES, Counter Strike, dll. Sebenarnya masing masing game punya spesifikasinya masing masing ada yang butuh spek tinggi dan ada juga yang bisa dimainkan meski dengan spek yang rendah. Bingung memilih windows untuk main game?

Game online dan offline biasanya akan dibedakan dari grafisnya, biasanya game online tidak terlalu tergantung pada spek komputer itu sendiri karena dari servernya sudah mengaturnya sedemikian rupa sehingga tetap bisa dimainkan namun grafik komputer/laptopmu tetap harus mendukung untuk minimum spesifikasi untuk bermain game, jika spek komputer/laptopmu minimal ya kamu akan kecewa karena tampilan game yang kamu mainkan akan minimum juga.
Untuk Game offline sendiri grafik dari komputer/laptopmu harus kuat karena semuanya akan dibebankan ke komputer/laptop yang kamu gunakan untuk bermain game, semakin bagus spesifikasi komputermu semakin nyaman kamu bermain game, namun tetap jika kamu gamers sejati dan hobi memainkan game berat spek komputer teranyarlah yang kamu butuhkan.
Versi Windows yang Cocok untuk Kebutuhan Gaming. Versi OS Windows manakah yang paling cocok dan ringan untuk gaming berat?
Setiap game online maupun offline biasanya menuntut sistem komputer dengan spek tertentu. Bagaimana spesifikasi komputer game minimum dan rekomendasi yang baik untuk anda pecinta game?
Ok, balik lagi ke topik utama, OS/Windows yang cocok untuk main game Jika kamu ingin bermain Game online saya sarangkan menggunakan windows XP SP3, karena windows ini sangat ringan karena memakan resource memori yang cukup kecil dibandingkan kakak kakaknya yang lain, sehingga jika menggunakan Windows XP kamu akan merasakan perbedaannya jika menggunakan OS/Windows yang lain sebelumnya dan membadingkannya, kamu akan merasakan bahwa Windows XP jauh lebih enteng memainkan game online menggunakan komputer/laptop dengan spesifikasi yang sama, namun sayangnya Windows XP mentok di Directx 9 sehingga tidak bisa lagi memainkan gama game dengan spesifikasi minimum Directx 10/11 keatas, Windows XP juga tidak mendapatkan updatetan lagi dari Windows.
windows XP SP3
Game offline, untuk ini saya sarankan menggunakan Windows 7, mengapa ? karena windows 7 ini merupakan windows yang lebih stabil dari Windows 8, 8.1, maupun windows 10 untuk saat ini windows  juga sudah mendukung Directx 11 dengan grafik yang lebih halus dan lebih keren karena sesuai apa yang saya katakan diatas game offline akan membebankan semuanya pada komputer/laptop yang menjalankannya sehingga untuk saat ini windows 7 lah yang paling cocok digunakan untuk bermain game offline.
Windows 7

Game Mode

Dari banyak pilihan Windows, ada 1 yang memiliki fitur: Game Mode yang bisa digunakan untuk Peningkatan Kemampuan Prosesor Dan Pengolah Grafis.

Game Mode Windows 10

Fitur ini sudah ada sejak perilisan Windows 10 Creator update pada bulan April 2017. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan performa gaming dengan cara mengalokasikan sebagian besar resource PC milikmu untuk keperluan gaming. Dengan demikian, maka pengalaman gaming terasa lebih baik daripada sebelumnya.

Fitur ini akan membuat 80% core pada PC akan dialokasikan untuk game sementara bagian lainnya (sistem) akan menggunakan sisanya yang 20%. Hal ini membuat frame rate atau FPS yang didapatkan saat bermain game lebih tinggi ketimbang jika fitur Game Mode tidak diaktifkan.

Tentunya fitur ini tidak dapat membuat perangkat lawas kamu menjadi lebih powerfull dalam menjalankan game. Hanya saja, fitur ini akan meningkatkan kemaampuan prosesor untuk pengalaman gaming yang lebih baik. Kamu bisa mengecek apakah perangkat kamu mendukung Game Mode lewat menu Setting > Gaming > Game Mode.

Dari penjelasan saya diatas kamu dapat memilih apakan akan menggunakan Windows XP atau Windows 7 atau malah Windows 8, 8.1 atau Windows 10 itu terserah kamu saja, karena jika menggunakan komputer/laptop yang memang sudah berspesifikasi tinggi memakai windows apapun tetap saja lancar tanpa hambatan namun jika spesifikasi laptopmu tidak terlalu tinggi saya sarankan windows yang diatas, sekali lagi itu tersarah kamu saya hanya memberikan saran sesuai pengalaman saya dan bisa saja berbeda dengan pendapat orang lain.
Selamat bermain Game saja ya,,,
OS (Windows) Yang Cocok Untuk Main Game