Menyimpan Lagu dari JOOX Music ke SD Card menjadi MP3

Mumpung akun JOOX belum genap satu bulan dalam artian masih berstatus VIP, kali ini saya akan share bagaimana caranya menyimpan lagu dari JOOX Music kedalam SD Card sekaligus mengubahnya menjadi file MP3.

Kalian pastinya sudah pada tahu dong apa itu JOOX dan keunggulannya. Kalau belum tahu silahkan baca postingan sebelumnya tentang JOOX Music, aplikasi streaming dan download lagu gratis. Disitu sudah dijelaskan bahwa hanya pengguna JOOX VIP lah yang bisa mendownload lagu untuk diputar secara offline. Namun karena ekstensi file lagu adalah OFL maka otomatis tidak dapat diputar pada sembarang player termasuk music player bawaan smartphone Android itu sendiri.

Untuk itu, jika menginginkan lagu offline dari JOOX dapat juga diputar pada music player lain maka yang perlu dilakukan adalah mengubahnya dari ekstensi OFL menjadi MP3. Nah permasalahannya disini ternyata untuk JOOX Music versi terbaru sudah tidak bisa lagi melakukannya. Mungkin ini adalah sebuah bug aplikasi yang sudah diperbaiki, makanya hanya bisa berjalan untuk versi lawas saja. Saya sendiri mensarankan gunakan JOOX Music versi 1.4.2 untuk melakukan trik ini, silahkan Download disini.

Menyimpan lagu dari JOOX ke SD Card

Sebelum ke trik utama, perlu kita atur dulu mode penyimpanan lagu yang akan didownload. Caranya mudah sekali, cukup instal JOOX Music v1.4.2 kemudian:

  • Login ¬†ke JOOX menggunakan akun facebook.
  • Masuk Pengaturan > Umum > Penyimpanan Music.
  • Ceklis pada pilihan “Simpan di SD card 1”.

Menyimpan lagu dari JOOX menjadi MP3

Setelah selesai mengatur penyimpanan ke SD Card, tiba saatnya untuk mengambil lagu-lagu yang kamu sukai di joox untuk disulap menjadi file MP3.

1. Terlebih dahulu kamu setting lagi untuk jaringan pengunduhan. Masuk ke Pengaturan > Umum > Nonaktifkan “Unduh hanya melalui Wi-Fi”.

2. Siapkan lagu offline yang akan dijadikan mp3. Jika belum ada, silahkan cari dan download dulu.

Download lagu dari JOOX

3. Keluar dari aplikasi JOOX dan buka file manager, usahakan memakai file manager yang mampu rename ekstensi file seperti X-plore atau sejenisnya. Kemudian masuk ke direktori extSdCard > android > data > com.tencent.ibg.joox > files > JOOX > song > disini…

File lagu offline JOOX

Note:
File ekstensi .ofl merupakan file lagu. Tapi karena lagunya tidak sedang diputar maka size yang ditampilkan adalah 0,00B dan ini belum bisa direname.

4. Sekarang balik lagi ke JOOX dan masuk menu lagu offline. Putar lagu yang tadi sudah didownload (jangan resume tapi putar dari awal), kemudian buka kembali file managernya. Pada saat lagunya sedang berjalan maka file .ofl yang tadi akan menunjukan ukuran asli dari lagu tersebut. Selanjutnya rename file ekstensi .ofl (bukan .ofl_en) menjadi .mp3. Lihat gambar dibawah:

Rename OFL menjadi MP3

Kini lagu-lagu offline dari aplikasi JOOX sudah menjadi MP3 dan dapat kamu dengarkan di semua music player yang kamu punya. Sedikit masukan, untuk file MP3 sebaiknya dipindahkan saja ke folder lain sebab jika suatu saat kamu menghapus data atau uninstal aplikasi JOOX, semua folder data aplikasi akan ikut lenyap juga.