Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Operasi Tizen

Mungkin jika kita membahas tentang smartphone, pasti yang dibahas mulai dari hardware seperti prosesor, ROM, RAM, kamera, baterai, dan lain – lain. Begitu juga dengan software-nya, seperti fitur – fitur fingerprint, browser, berbagai aplikasi dan games, dan sistem operasinya. Nah, di seluruh dunia ini, sistem operasi smartphone hanya dikuasai oleh beberapa pihak saja. Seperti sistem operasi smartphone iOS milik Apple Corp., Android milik Google Inc., Windows Phone milik Microsoft Inc., dan Blackberry OS milik RIM Corp.

Namun, masyarakat di seluruh dunia belum tahu bahwa ternyata ada banyak sekali sistem operasi yang ada. Namun, memang benar kalau ada yang berhasil, ada yang gagal, dan tidak dikenal masyarakat. Termasuk juga sistem operasi smartphone yang satu ini. Belum lama ini sistem operasi ini menjadi trending, walaupun sebenarnya sudah mulai dipublikasikan sejak awal 2014 lalu. Namun sayang, walau sudah dirilis pada tahun 2014 lalu, sistem operasi ini tidak ada yang melirik, hanya Samsung yang akhrinya meminangnya dan memakainya di salah satu produk smartphone-nya.

tizen-768x511

Awal mulanya, sistem operasi Tizen ini bernama Meego. Tizen ini adalah sebuah proyek gabungan milik Intel Mobilion dan Nokia Maemo. Nama Meego sendiri diambil dari gabungan kedua perusahaan ini. Akhirnya nama ini diubah menjadi Tizen, karena pada saat itu Nokia lebih fokus mengembangkan sistem operasi Windows Phone, Intel pun urung untuk melanjutkan. Dan akhirnya Samsung pun hadir dan bekerja sama dengan Linux Foundation.

OS Tizen ini merupakan OS smartphone yang berbasis Linux. Kita tahu bahwa Linux ini adalah platform yang terbuka untuk dikembangkan dan gratis.

Berikut ini keunggulan dan kekurangan OS Tizen :

samsung-tizen-os1

Kelebihan :

  • Merupakan sistem operasi terbuka (open source) yang mudah sekali untuk dikembangkan daripada Android. Hal ini karena dasar dari OS Tizen ini yang berasal dari Linux. Sekarang ini sistem operasi Tizen tidak hanya bisa digunakan di smartphone, namun juga di smart watch (jam tangan pintar), samrt TV, dan lain sebagainya.
  • Diprediksi akan melejit dalam beberapa tahun mendatang, hal ini karena OS Tizen tengah dikembangkan oleh Samsung, dan perlahan – lahan Samsung mulai mengembangkannya agar bisa menyaingi Android. Juga menggunakannya dalam beberapa seri smartphone Samsung.
  • Merupakan OS dengan support HTML 5 terbaik, HTML 5 merupakan platform desktop atau komputer, jadi dengan adanya fitur ini di OS Tizen, maka bisa membuka website berbasis desktop dengan mudah dan mirip sekali dengan tampilan dari komputer. Dan fitur ini ada di web browser default asli bawaan OS Tizen.
  • Mendukung fitur lain dari web seperti PHP, CSS, My SQL, JavaScript, C dan C++, Native dan lain sebagainya.
  • Bisa menjalankan berbagai aplikasi Android.

 

Kekurangan :

  • Masih menjadi pilihan kedua dari Samsung, karena Samsung masih terkenal berkat OS Android.
  • Hanya digunakan di beberapa smartphone Samsung saja.
  • Masih dalam tahap pengembangan, jadi belum sesempurna dan stabil seperti Android.
  • Belum ada minat dari berbagai pihak pengembang aplikasi untuk OS Tizen.
  • Belum dikenal luas oleh masyarakat.
  • Isi, fitur, dan konsep tergolong sama seperti Android, jadi belum ada ciri khasnya.

 

Nah, itu tadi kita bahas kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Tizen. Bagaimana? Setelah membacanya, kita jadi lebih mengenal OS Tizen, tahu apa saja tentang Tizen, sehingga jika nanti OS Tizen sudah melejit di pasaran smartphone kita tidak akan canggung dan bertanya – tanya tentang kualitas dari sistem operasi yang satu ini.

 

Sumber  :  https://selulerku.com/blog/artikel/kelebihan-dan-kekurangan-dari-tizen-sistem-operasi-smartphone.html