Manfaat Buah-buahan Bagi Tubuh Ditengah Pandemi Covid19

Semakin hari, pasien positif terpapar di Indonesia semakin bertambah. Hal ini tentu mengingatkan kita bahwa sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh kita agar selalu sehat. Salah satu cara menjaga kondisi tubuh sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, diantaranya buah-buahan.

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan organ, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Umumnya, semua buah mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Nutrisi-nutrisi ini membuat manfaat buah untuk kesehatan tidak diragukan lagi dan sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak heran jika para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Dikutip dari web p2ptm.kemkes.go.id, kita ketahui bahwa Manfaat Buah untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui adalah sebagai berikut:

  • Sumber Vitamin, Berbagai jenis vitamin ada di buah.
  • Sumber Air dan Gizi, buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Sumber antioksidan, buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami
  • Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  • Obat luar tubuh, buah-buahan juga dapat digunakan untuk obat luar seperti jerawat, bisul dan sebagainya.

Agar Anda bisa mendapatkan buah dengan kualitas yang baik, belilah buah sesuai musimnya untuk memastikan buah sudah matang pada waktunya atau tanpa proses pematangan paksa dengan zat kimia.

Selain itu, pilih buah yang masih segar, dilihat dari permukaan kulit dan batangnya. Pastikan buah tidak cacat atau busuk. Selain kualitas buah itu sendiri, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat menggali manfaat buah, diantaranya:

1. Beberapa buah mungkin mengandung pestisida di kulitnya. Oleh karena itu, jangan lupa cuci buah dengan air mengalir hingga bersih sebelum dikupas atau dimakan.

2. Hindari mengonsumsi jus buah dan buah kering kemasan yang banyak mengandung gula. Buah segar yang belum diproses tentu memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada yang telah diolah.