Liquid or Air Cooler?

Penjelasan Metode pendinginan

Kekuatan pendinginan udara(Air Cooling) terletak pada bentuk dan banyaknya kipas yang tersedia. Sebuah komputer yang memiliki pendingin udara yang khas dikemas dengan kipas yang berada didalam casing, kartu grafis, dan kipas untuk CPU dengan sebuah logam besar heatsink untuk menjaga komponen tetap bagus dan dingin.

Di sisi lain, Sebuah sistem pendingin air (Liquid Cooling), mempekerjakan serangkaian tabung pendingin seperti radiator, blok air (setara dengan heat sink), dan beberapa komponen lainnya untuk menjaga perasaan PC Anda tetap segar. Anda bahkan akan memerlukan beberapa kipas untuk mendorong semua air.

Air Cooling

Salah satu faktor positif dalam menggunakan Air Cooling untuk mendinginkan sistem adalah anda benar-benar tidak perlu melakukan apa pun untuk membuat pendinginan setup yang layak. Sebagai contoh, jika anda membeli casing computer yang layak yang memiliki banyak kipas atau beberapa, hal itu sudah mampu menjaga sistem anda dari panas yang berlebihan.

noctua_nh_d14_1
Noctua NH-D14

Selain itu, Kartu grafis dan prosesor yang bagus hari ini biasanya memiliki kipas pendingin yang bagus. Apalagi jika mereka dikombinasikan dengan Aftermarket pendingin seperti Noctua NH-D14 yang mampu menangani CPU overclock hingga batas maksimal.

Dan tentu saja mengapa Air Cooling menjadi sistem pendinginan yang banyak dipakai? jawabannya adalah karena murah, bahkan jika anda ingin pergi dengan pendingin aftermarket untuk CPU atau GPU, Anda akan membayar jauh lebih sedikit daripada yang Anda lakukan untuk setup pendingin cair

Tetapi Air Cooling tetap memiliki kelemahan, yakni :

  • Pertama, fans tidak seefisien pendingin air, yang dapat menimbulkan masalah ketika prosesor di-overclock dan sistem Air cooling tidak mampu menangani besarnya panas yang keluar.
  • Kedua, sebuah heatsink pada prosesor bisa menjadi sangat besar, sehingga menutupi sebagian ruangan pada casing.

 

Water Cooling

Sebuah PC yang memiliki sistem pendingin air bisa menjadi sebuah karya seni. Dan salah satu manfaat utama dari setup pendingin cair yang kuat memungkinkan Anda untuk mendinginkan komponen sistem secara khusus untuk tingkat yang lebih besar daripada penggunaan kipas.

liquid-cooling

Selain itu, pendingin cair membutuhkan jauh lebih sedikit ruang, dan tampak indah sebagai sebuah karya seni.  Walaupun begitu, pendingin cair membutuhkan banyak pekerjaan rumah, beberapa bagian, dan perencanaan yang cermat.

Satu kelemahan terbesar untuk pendingin air adalah biaya yang relatif tinggi, terutama jika Anda sedang mencarinya untuk membangun setup kustom. Anda bisa menghabiskan sebuah pendingin cair untuk prosesor dengan harga minimal diatas 1 jutaan.

Kesimpulan

Jadi, mana yang lebih baik? pendingin udara atau pendingin air? Jawabannya tergantung pada kebutuhan penggunaan tertentu.

Satu ukuran mungkin tidak cocok untuk beberapa orang ketika datang ke kasus pendingin, tetapi kebanyakan orang bisa mendapatkan sistem pendinginan dengan cara mereka sendiri. Seperti banyak orang yang memiliki sistem Air Cooling karena sangat mudah, dan murah. Di sisi lain, Anda seorang yang khusus membutuhkan pendinginan terbaik untuk CPU saat menyala dan memiliki kawanan kartu grafis, setup air pendingin Liquid adalah masa depan Anda.

Selain itu, anda bisa mencoba pendingin cair yang disegel jika anda bisa mempertimbangkan cairan pendingin yang baik untuk menjaga prosesor saat di-overclock hingga titik maksimal dan tetap dingin atau anda bisa mendapatkan keuntungan dari penurunan kebisingan sistem secara drastis.

(Visited 19 times, 1 visits today)

You might also likeclose