Flat Design, Design Simple dan Keren..

Kalau bicara masalah design memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari waktu kewaktu ilmu design terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu teknologi. Didalam istilah design ada yang namanya flat design. Lalu apa itu flat design? Apa yang dimaksud dengan flat design? Dan disini saya akan mencoba menjelaskan lengkap tentang pengertian flat design.

Mungkin sebagaian teman-teman sudah mendengar istilah flat design. Dan memang ilmu desain grafis flat ini bukan merupakan ilmu desain terobosan baru. Flat design sudah lama ada sejak dulu. Lahirnya desain grafis flat design bermula karena disebabkan jaman dulu program pengolah gambar tidak secanggih jaman sekarang. Belum lagi saat itu kapasitas RAM, Pixel Display, dan Speed CPU tidak sehebat sekarang ini. Dari banyaknya keterbatasan tersebut maka terciptalah gambar yang praktis, simple, dan ga pake ribet.

Lalu Apa Yang Dimaksud Dengan Flat Design?

Flat design saat ini kembali banyak digunakan desain grafis  dalam membuat ide-ide gambarnya. Sepertinya ilmu desain grafis saat ini mengalami banyak kemunduran. Artinya desain grafis sudah tidak memanfaatkan kecanggihan ilmu teknologi  saat ini. Sebaliknya mereka lebih suka membuat gambar yang sederhana tanpa menghilangkan maksud dari gambar tersebut.

flat-design

 

 

Karena pada dasarnya flat design mengandung pengertian gambar yang dibuat sesimple mungkin tanpa adanya efek-efek gradasi, glosy, dan lainnya maka dalam pembuatannyapun tidaklah sulit. Bahkan dalam membuat gambar flat design, Anda bisa mencoba mempraktekkannya menggunakan Microsoft Word. Berbeda dengan desain grafis yang kaya dengan efek-efek gradasi maka harus dibuat dengan program pengolah gambar khusus seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW.

Jadi kesimpulannya adalah ciri utama flat design yaitu, flat design adalah gambar yang dibuat sangat simple dan seminimalis mungkin, flat design tidak ada gradasi, sudut gambar flat design biasanya lancip/persegi, warna yang digunakan di dalam menggambar flat design menggunakan warna kontras/jelas, flat design tidak ditemukan adanya efek bevel, efek emboss, efek tekstur, efek 3 dimensi dan jika gambar flat design menggunakan shadow tentunya shadow jenis flat seperti long shadow, yang diutamakan di dalam flat design adalah typography.

Sekarang jelaslah sudah apa yang dimaksud dengan Flat Design karena kita sudah membaca pengertian serta contohnya diatas. Dari Flat Design ada dua yang dihasilkan yaitu Flat dan Desain atau bisa juga Flat yang berupa dalam bentuk Desain. Karya dari Flat Design akan menghasilkan sebuah gambar singkat, jelas, padat, simple, dan ringan

Nah Gambar di atas itu adalah Contoh dari Flat design yang saya kerjakan bersama dengan kakak tingkat dan teman-teman saya di SDRC sebagai divisi Design Grafis

 

(Visited 121 times, 1 visits today)

You might also likeclose