Category Archives: Budaya

10 Kota Terbersih di Dunia

Published by:

Ada banyak sekali kota-kota di dunia yang menawarkan keindahan alam. Dengan semua revolusi industri yang ada di dunia, lahan hijau seperti taman semakin lama semakin berkurang, oleh karena itu tinggal di kota-kota bersih nan asri tentunya menjadi impian setiap orang. Tinggal di kota yang bersih adalah kunci dari kesehatan yang baik.

Selain itu, kota bersih juga cenderung menarik banyak kunjungan wisatawan. Tampaknya orang-orang menjadi lebih bahagia dan puas dengan kehidupan mereka yang berada di lingkungan bersih dan higienis. Mau tau apa aja kota terbersih di dunia? Berikut daftar 10 kota terbersih di dunia yang pasti bakal bikin kamu pengen hijrah ke sana.

10. Oslo, Norwegia

10-oslo-norwegia Oslo adalah ibukota Norwegia dan merupakan kota terbersih kesepuluh di dunia. Terletak di jantung Eropa, kota ini juga merupakan salah satu kota termahal di dunia. Oslo memiliki berbagai jenis lingkungan seperti situs laut, taman, dan lahan hijau yang luas sebagai kontribusi untuk kota yang bebas polusi. Pemerintah Oslo memiliki kebijakan yang ketat dalam pengelolaan sampah dan setiap penduduk harus mengikuti aturan tersebut. Menurut Readers Digest, pada tahun 2007 kota ini masuk kategori kota terhijau di dunia.

9. Stockholm, Swedia

Stockholm i fullmŒnens sken

Stockholm adalah kota terbersih di Swedia, dan masuk dalam salah satu kota terbersih di dunia pada tahun 2015. Alasan utama mengapa Stockholm memiliki lingkungan yang bersih disebabkan oleh sistem transportasi umum yang besar dan baik dengan jumlah industri yang lebih sedikit. Sistem transportasi untuk umum sangat efisien sehingga orang lebih memilih untuk menggunakannya, dibanding harus bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar juga berkurang sehingga suasana kota juga jadi lebih baik dan bebas polusi. Stockholm juga memiliki sistem pengelolaan limbah terbaik di dunia. Sampah dikumpulkan dari rumah melalui jaringan terowongan bawah tanah untuk pembuangan limbah. Menurut sebuah studi, Swedia mendaur ulang 99% dari limbah dan sisanya yang hanya 1% dikubur di tempat pembuangan sampah.

8. Vienna, Austria

8-vienna-austriaVienna masuk dalam kategori kota terbersih di dunia karena memiliki lingkungan yang sangat bersih dan bebas dari polusi. Kota yang merupakan ibukota Austria ini memiliki sistem yang efisien untuk menghasilkan energi dari limbah. Sistem transportasi di sini juga sangat baik sehingga mampu mengurangi polusi dari jenis kendaraan pribadi. Penduduknyapun memiliki kepedulian yang tinggi akan kebersihan lingkungan, sehingga meskipun kota ini memiliki populasi lebih dari 1,8 juta jiwa, lingkungan jalan dan kota tetap bersih dan terawat.

7. Kobe, Jepang

7-kobe-jepangJepang telah berada di daftar top 10 negara terbersih di dunia selama bertahun-tahun. Kobe sendiri merupakan kota terbersih di Jepang dan menududuki peringkat ke tujuh sebagai kota terbersih di dunia. Jepang menempuh berbagi langkah setiap saat untuk melindungi lingkungan alamnya. Ada kampanye yang secara teratur dijalankan untuk menyebarkan kesadaran di antara orang-orang untuk menyelamatkan lingkungan, dan membantu mengurangi polusi. Kobe juga memiliki salah satu sistem manajemen pembuangan limbah yang paling efisien.

6. Freiburg, Jerman

6-freiburg-jermanFreiburg adalah sebuah kota di Jerman yang juga dijuluki sebagai Kota Kembang, Kota ini juga menjadi salah satu kota terhijau di dunia, karena banyak pohon dan bukit yang tersebar di seluruh kota. Selain karena kondisi alamnya, pemerintah dan juga penduduk Freiburg selalu mencoba menjaga kerapian dan kebersihan kota. Freiburg juga memiliki banyak taman dan kebun yang membuat kota ini makin indah dan asri.

5. Singapura, Republic of Singapore

5-singapura-republic-of-singaporeSingapura dianggap sebagai kota terbersih di Asia. Republik Singapura memiliki pedoman yang ketat untuk kebersihan dan lingkungan. Tidak ada yang boleh menebang pohon atau mencabut tanaman yang ada di sana kecuali seizin pemerintah. Hukum kebersihan di Singapura begitu ketat, bahkan meludah dianggap sebagai suatu pelanggaran. Dengan penduduk dan pemerintah yang bekerja bersama-sama, tidak diragukan bahwa Singapura akan selalu menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

4. Adelaide, Australia

4-adelaide-australia

Kota ini merupakan kota dengan tingkat kebersihan tinggi dalam segala hal. Kota yang terletak di Selatan Australia ini dikelilingi oleh Teluk St Vincent dan pegunungan tinggi yang menambah keindahan tersendiri bagi Adelide. Di kota ini, mobil yang memberikan asap polusi dilarang untuk digunakan.

Di sini kamu tidak perlu heran dengan banyaknya taman yang ada, karena taman memang sengaja dibangun dengan jarak yang saling berdekatan, dan tidak ada seorangpun yang boleh membuang sampah di jalan. Dengan tingkat pendidikan yang lebih maju, penduduk Adelaide memiliki kesadaran yang tinggi tentang bagaimana cara mereka menjaga kota agar tetap bersih.

3. Luxembourg, Grand Duchy of Luxembourg

3-luxembourg-grand-duchy-of-luxembourgTerletak di Eropa Barat, Luxembourg adalah kota terbersih ketiga di dunia pada tahun 2015. The Grand Duchy of Luxemburg juga dianggap sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Ada berbagai istana dan hutan di kota yang juga disebut sebagai “The Green Heart of Europe” ini. Salah satu peraturan yang ditetapkan untuk menjaga kebersihan kota ini adalah bahwa pajak tahunan pada kendaraan didasarkan pada jumlah karbon dioksida yang dipancarkan dari kendaran tersebut.

2. Zurich, Swiss

2-zurich-swissZurich adalah kota yang sangat indah dan bersih. Kota ini merupakan salah satu kota pusat pariwisata di Swiss yang berhasil menarik banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Tetapi bahkan dengan begitu banyak kegiatan pariwisata dan masyarakat yang tinggal di sini, kota ini tetap menduduki urutan kedua sebagai kota terbersih di dunia. Negara Swiss tidak hanya mendidik penduduknya tentang bagaimana mendaur ulang sampah yang benar, tetapi juga mengajarkan mereka bagaimana menggunakan produk daur ulang secara efisien dan mengurangi jumlah konsumsi energi di kota.

1. Calgary, Kanada

1-calgary-kanadaCalgary sudah masuk dalam nominasi kota terbersih sedunia selama tujuh tahun terakhir. Kota ini juga menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 kota terbersih di dunia pada tahun 2015. Calgary memiliki populasi lebih dari 1 juta penduduk, tetapi pemerintahan Calgary memiliki langkah-langkah yang cerdas untuk menjaga kotanya tetap bersih dan rapi.

Terletak di Alberta, Kanada, para penduduk di kota Calgary diajarkan mengenai 5 prinsip dasar untuk membuat lingkungan tetap bersih dan sehat. Kelima prinsip tersebut adalah tentang sistem limbah yang berkualitas, ketersediaan air bersih dan air minum, pembuangan limbah dan sistem daur ulang, kemacetan lalu lintas, dan polusi udara. Dengan adanya sistem yang bagus ini, Calgary mencoba menumbuhkan dan menyebarkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.

Nah, itu tadi sepuluh kota terbersih di dunia yang tentunya bikin kamu ngiri dan berpikir “Kapan ya Indonesia bisa punya kota yang bersih seperti negara-negara tersebut?” Bagi Indonesia sendiri pasti butuh proses yang lama, tetapi kita bisa memulainya dari diri sendiri. Mulai sekarang, alangkah baiknya kalau kita mencontoh kebiasaan baik penduduk negara-negara tersebut dengan tidak membuang sampah sembarang dan tidak berkontribusi dalam pencemaran udara. Perubahan selalu dimulai dari diri sendiri bukan?

 

Sumber : http://anekatop10.com/10-kota-terbersih-di-dunia-ini-bakal-bikin-kamu-pengen-pindah-rumah/

 

Budaya Orang Luar Negeri yang Gak Boleh Kamu Langgar, Kalau Gak Mau Dianggap Kasar

Published by:

Kamu berencana melakukan perjalanan ke luar negeri? Sebelum kamu pergi, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan. Terutama terkait dengan adat istiadat dan kebiasaan dari tempat yang akan kamu tuju.

Melanggar adat istiadat orang yang berlaku di negeri asing akan membuatmu tampak tidak sopan. Tentu kamu tidak mau dicap kasar ‘kan? Agar tidak melakukan kesalahan di negeri orang, simak dulu hal-hal ini ya

1. Jangan memberikan tip di Jepang

603-850x568

Orang Eropa dan Amerika terbiasa memberikan tip untuk pelayan di restoran. Atau pada bell-boy di hotel tempat mereka menginap. Tapi, hal ini tidak berlaku untuk negeri Sakura, Jepang. Memberikan tip berarti menghina derajat orang Jepang. Alih-alih dianggap loyal, kamu justru bisa melukai perasaan mereka kalau melakukan ini.

2. Dilarang tersenyum pada orang asing di Rusia

221-850x388

Buat kebanyakan orang, senyum adalah suatu pertanda keramahan. Tapi tidak untuk di Rusia. Aneh tapi nyata, memang. Bagi orang Rusia senyum adalah pertanda kamu tertarik dengan seseorang.

Senyum hanya diberikan untuk mereka yang sudah saling kenal. Bahkan, penjaga toko pun tidak akan memberikan senyuman buat pelanggannya. Jadi, jangan heran kalau orang Rusia dikenal sebagai orang yang kurang ramah karena nggak pernah senyum. Padahal, itu sudah menjadi tradisi mereka.

3. Jangan menggunakan tangan kiri di India

left-hand-850x1138

Untuk di kawasan timur, khususnya Asia, tangan kiri berarti tidak sopan. Kalau di India, jangan sekali-kali menggunakan tangan kiri. Tangan kiri dianggap tangan kotor. Jadi, kalau kamu sedang berpergian ke India, gunakan tangan kanan untuk mengambil sesuatu, bersalaman, atau ambil uang.

4. Sisakan makanan di piring jika kamu berpergian ke Tiongkok

4243106764_825050b2c1_b-850x568

Orang tua selalu menyuruh kita untuk menghabiskan makanan yang ada di piring. Tapi, kalau kamu ada di Tiongkok, hal itu justru dianggap tidak sopan. Kalau kamu menghabiskan makanan yang tersedia, berarti kamu tidak menghargai si tuan rumah yang menyediakan makanan.

Itu bisa membuat tuan rumah tersinggung, karena merasa dia tidak menyediakan makanan yang cukup untuk tamunya. Jadi kalau pergi ke Tiongkok, harus diingat ya guys makanannya jangan sampai bersisa.

5. Jangan membunyikan klakson di Norwegia

2012_06_electric-cars-outside-the-norweigan-parliament

Klakson di Norwegia jadi hal yang sensitif. Kalau kamu ke Norwegia dan berencana menyewa mobil atau motor, jangan pernah membunyikan klakson. Sebab bunyi klakson menunjukkan bahwa ada kondisi darurat. Kalau mau iseng doang, sebaiknya ditahan ya, karena bisa buat pengendara lain panik.

6. Selalu ucapkan ‘Hello’ di Prancis

black-bonjour-850x850

Bonjour madame, monsieur” (artinya: Halo, bu, pak)

Kalau sedang naik bis atau menyapa orang asing, selalu ucapkan kalimat di atas. Itu menjadi kalimat pertama yang harus kamu ucapkan jika kamu berpergian di Prancis. Jika tidak, kamu akan menemukan kesusahan jika kamu jalan-jalan di Prancis.

7. Jangan sembunyikan tangan jika kamu jalan-jalan di Jerman

hand_in_pocket_by_jessiebug-850x1268

Jika kamu harus mengobrol dengan orang Jerman, jangan sekali-kali menyelipkan tangan ke dalam saku celana. Itu tandanya kamu tidak menghargai lawan bicaramu. Saat kamu makan, tanganmu pun harus berada di atas meja makan. Jangan menyembunyikan tangan di pangkuan tangan selama berada di Jerman.

8. Gunakan jempolmu di Malaysia

thumbs-up-850x566

Kalau kamu berpergian ke Malaysia, jangan heran kalau orang di sana menggunakan jempol untuk memberikan petunjuk atau arah ke orang lain. Kebiasaan orang Indonesia menggunakan jari telunjuk ditahan dulu ya kalau kamu traveling ke Malaysia.

9. Jangan berjalan di jalur sepeda di Belanda dan Denmark

5862126347_713dc2f53f_b-850x566

Kalau nggak mau kena semprot dari warga sekitar, jangan jalan di jalur khusus sepeda. Hal ini sangat sensitif buat warga di Belanda atau Denmark.

10. Lambaian tangan itu tidak sopan di Korea Selatan

triotaxi-850x699

Biasanya kalau kita mau panggil taksi atau teman kita, kebiasan kita selalu melambaikan tangan dengan telapak tangan menghadap ke depan. Guys, jangan lakukan itu kalau kamu berjalan-jalan ke Korea Selatan. Di Korea Selatan, itu tanda untuk memanggi lanjing. Jauh berbeda dengan orang Indonesia ya?

11. Mengacungkan jempol di Afghanistan, Iran, sebagian area di Italia dan Yunani itu nggak sopan

asd-850x626

Kamu tahu tombol like di Facebook? Kamu harus pikir-pikir lagi kalau kamu foto-foto dan kamu terbiasa melakukan thumbs-up kalau sedang jalan-jalan di Italia atau Yunani. Thumbs-up bisa menandakan persetujuan, tapi bagi mereka yang di Italia, Yunani, Iran dan Afganistan, hal itu menandakan ‘terserah’ dan dianggap kasar.

12. Dilarang salam metal di Brazil, Italia, dan Spanyol

rock_hand_by_epiclone-d3fid7e-850x1244

Kalau ada konser rock, biasanya kita langsung bergaya metal. Hati-hati kalau kamu sedang jalan-jalan di Brazil, Italia atau Spanyol. Gaya metal bisa berarti menyinggung pasangan suami istri, khususnya untuk laki-laki. Itu artinya kamu menyinggung istrinya tidak setia. Sebaiknya kamu menghindari gestur yang satu ini ya.

13. “Ok” belum berarti OK di Turki dan Yunani

the-ok-sign

Gestur tangan yang berarti OK bisa salah arti kalau kamu melakukannya di Turki atau Yunani. Tanda OK bagi masyarakat lokal di Turki atau Yunani bisa berarti ke arah vulgar. Nggak mau dislaah artikan ke hal yang nggak-nggak kan?

14. Menyilangkan kaki di Arab Saudi itu tabu

crossing-your-legs-istock

Buat kita, menyilangkan kaki adalah hal yang biasa. Tapi, kalau kamu jalan-jalan ke Arab Saudi, menyilangkan kaki dianggap tabu dan tidak sopan.

15. Jangan tanyakan tentang kondisi politik di Amerika atau Rusia

2222-850x850

Terkadang kita penasaran engan pendapat orang tentang politik di suatu negara yang kita kunjungin. Misal, kita jalan-jalan ke Rusia, pasti kita penasaran pendapat warganya tentang presidennya. menidng nggak usah nanya deh. Kamu bisa dianggap sok tahu dan tidak sopan menanyakan kondisi politik negara mereka. Hal itu juga berlaku di Amerika. Menanyakan kondisi politik dan sosial didua negera ini cukup sensitif. Mending nanya tempat makan yang enak atau tempat wisata yang wajib didatangin.

Nah, sekarang kamu tahu kan hal-hal yang kita anggap biasa, ternyata nggak biasa di negara lain. Sebelum kamu jalan-jalan, sebaiknya cari info dulu tentang budaya setempat. Jadi bisa terhindar dari ‘semprotan’ orang lokal :p

sumber:http://www.hipwee.com/travel/hal-hal-simpel-yang-perlu-kamu-tahu-sebelum-kamu-pergi-keluar-negeri/

Unik,inilah iklan zaman dulu

Published by:

Iklan memiliki peranan penting dalam suatu perusahaan. Tanpa adanya iklan, produk yang dijual pasti tidak akan laku karena masyarakat tidak mengetahuinya. Nah,disinilah peran iklan sebenarnya. Dengan membuat iklan, diharapkan masyarakat mengetahui produk tersebut dan akhirnya tertarik untuk membelinya.

Untuk membuat orang semakin tertarik, biasanya perusahaan membuat iklan dalam bentuk yang unik. Entah itu iklan yang dipasang di media massa, papan di atas jalan, atau bahkan yang ditayangkan televisi.

Konsep iklan seperti ini tidak hanya terjadi di era modern. Bahkan dulu ketika teknologi masih minim, perusahaan telah berusaha untuk membuat iklan semenarik mungkin. Seperti beberapa iklan jadul berikut ini yang justru mengundang tawa jika dilihat pada zaman sekarang.

1. Iklan obat sakit perut

Ada yang bisa membawa iklan obat sakit perut ini ? Ya, iklan ini masih memakai ejaan lama yang mungkin sulit dibaca bagi anak-anak zaman sekarang. Sepertinya iklan ini dibuat pada awal kemerdekaan Indonesia, sekitar tahun 50-an.

2. Iklan shampoo

Mungkin kamu penasaran kenapa ada orang yang keramas memakai lidah buaya. Ternyata tanaman ini memang memiliki manfaat bagi rambut. Tak percaya ? Iklan shampoo ini menjelaskannya dengan masih menggunakan ejaan lama.

3. Iklan pasti gigi

Inilah pasta gigi sejuta umat. Tak mengherankan apabila saat ini banyak orang yang menggunakan Pepsodent sebagai pasta gigi. Pasalnya produk ini telah ada sejak zaman dulu. Tak ketinggalan seorang model yang memamerkan gigi putihnya yang masih menjadi konsep utama Pepsodent hingga sekarang.

4. Iklan lampu

Iklan lampu Osram ini cukup unik. Sebab dalam iklannya mereka menggunakan tulisan aksara jawa. Tentu saja hanya orang jawa saja yang bisa membaca tulisan tersebut. Sebenarnya konsep iklannya menarik, tetapi justru mempersempit pemasaran.

5. Iklan sabun

Satu hal yang tak pernah berubah dari iklan sabun Lux dari dulu sampai sekarang. Ada yang menyadarinya ? Ya, sejak dulu ternyata perusahaan sabun Lux telah menggunakan wanita cantik sebagai modelnya.

6. Iklan sabun

Selain Lux, ternyata sabun Lifebuoy juga sudah ada sejak lama. Berbeda dengan Lux yang kerap memakai model cantik, Lifebuoy justru menggunakan pria sebagai model iklannya. Dari tanggal yang tertulis di bagian bawah, iklan tersebut terbit pada tahun 1964.

sumber : http://www.bacatulisan.com/2016/10/unik-seperti-inilah-iklan-produk-di-zaman-dulu.html

Game nostalgia,ingat kah ?

Published by:

Bersyukurlah bagi kalian yang sudah hidup atau terlahir pada era 90-an. Kenapa ? Sebab pada era saat itu terdapat banyak permainan seru dengan modal murah meriah. Bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun kita bisa menikmati keseruan bermain bersama teman-teman.

Salah satu jenis permainan yang cukup populer pada saat itu adalah permainan menggunakan kertas dan pulpen. Ya, hanya dengan menggunakan 2 benda ini, kita bisa menciptakan banyak permainan sederhana yang tak kalah serunya dengan game modern seperti sekarang.

1. Bola

Dalam permainan ini kita membutuhkan kertas yang cukup panjang. Kemudian gambarlah ‘orang’ dan tentukan formasi seperti sepakbola sungguhan. Kemudian cara bermainnya adalah dengan melipat kertas jadi dua. Coret dengan pulpen sampai tintanya menembus sisi lain dari kertas.

Apabila coretan tadi mengenai pemain lawan, maka pemain tersebut dianggap hilang dan berkurang satu. Begitulah seterusnya sampai lawanmu kehabisan pemainnya.

2. SOS

Buat kotak sebanyak mungkin. Dalam permainan ini kamu hanya diharuskan merangkai huruf S-O-S, entah itu secara vertikal, diagonal, maupun horizontal. Mereka yang berhasil merangkai SOS paling banyak adalah pemenangnya.

3. Balapan

Buatlah sirkuit balapan sesuka hatimu. Pastikan ada titik mulai sampai titik finish. Cara bermainnya adalah dengan menyentil pulpen sampai mendapat goresan. Ujung goresan merupakan titik dimana kamu berada. Lakukan cara seperti ini sampai goresan tadi menyentuh garis finish.

4. Menempel kertas di belakang punggung

Sebenarnya ini bukanlah permainan atau lebih tepatnya sebagai kegiatan jail. Biasanya anak 90-an akan menulis sesuatu di kertas (biasanya julukannya atau nama bapaknya) kemudian di temple di belakang punggung target.

Apabila berhasil tertempel di punggung, maka si target akan jadi bahan guyonan teman-temannya. Hmm, kira-kira kamu pernah jadi pelaku atau korban nih ?

5. Sepakbola

Mungkin inilah permainan menggunakan kertas dan pulpen paling seru, khususnya bagi laki-laki. Sama seperti sepakbola sungguhan, kamu harus membuat lapangan sendiri di atas bangku. Tak lupa juga dua gawang dari kertas.

Selanjutnya adalah membuat pemainnya dengan kertas yang dilipat persegi atau persegi panjang. Jangan lupakan bolanya yang bisa kamu buat dengan menekun kertas hingga jadi bola kecil.

Supaya bola bisa masuk ke gawang lawan, letakkan di depan pemain. Lalu tepuk pemain sampai bolanya terlempar ke depan. Siapa yang berhasil mencetak gol paling banyak dialah pemenangnya.

sumber : http://www.bacatulisan.com/2016/11/5-permainan-seru-generasi-90-dengan-modal-hanya-kertas-dan-pulpen.html

Saatnya generasi muda masa kini mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

Published by:

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal yang sakral bagi bangsa Indonesia. Pasalnya tepat tanggal 17 Agustus 1945 silam setelah melalui perjuangan panjang dan kerja keras melawan penjajah, bangsa kita akhirnya mendapat kemerdekaannya. Bukan perkara mudah para pejuang dulu berusaha mendapatkan Tanah airnya kembali, mereka berkorban jiwa dan raga. Dan sudah sepatutnya kita sadar betapa pentingnya hari kemerdekaan. Jangan sampai arwah para pahlawan menangis di alam sana melihat generasi yang bobrok dan tidak berguna. Banyak kegiatan positif sederhana yang dapat dilakukan untuk memaknai dan mengisi kemerdekaan, diantaranya sebagai berikut yang bakal diparadekan oleh kucing-kucing kesayangan kita:
1.Belajar dengan giat bagi para pelajar. Jangan sampai ke sekolah cuma datang, dengerin, pulang terus lupa.. Aduuh masa kalah sama si meong satu ini sih.
2. Aktif mengikuti kegiatan perlombaan apa saja.Seperti lomba masukin mantan dalam botol atau lomba tidur dalam tempat nasi seperti si meong, yang berguna untuk melatih diri untuk terus maju dan memperbanyak prestasi.
3. Menjaga keamanan dan ketertiban nasional dari segala bentuk ancaman pihak dalam maupun luar. Seperti ikut aktif ronda malam atau patroli lingkungan.
4. Saling menghormati dan menghargai sesama anggota masyarakat. Jangan sampai berantem atau tawuran.
5. Tidak melakukan perbuatan sia-sia dan tidak bermanfaat seperti dugem, tindak kenakalan, atau hura – hura dan galau mengingat-ingat mantan. Relakan saja, dia sudah bahagia dengan yang lain.
6. Saling tolong menolong tak peduli beda ras, gender, atau agama. Tapi ingat ya harus dalam hal kebaikan.
7. Mendirikan perkumpulan unik seperti klub pecinta kucing yang bertujuan membantu para anggotanya.
8. Membuat sebuah impian besar. Impian besar memiliki banyak tahapan – tahapan untuk menuju masa depan yang cerah. Impian adalah passion untuk menjalani hidup sebaik mungkin. Jangan takut bermimpi !
9. Mencintai produk dalam negeri dengan menggunakan dan mengembangkan hasil produksi dalam negeri dari pada luar negeri.
10. Menjalankan pancasila, peraturan perundang-undangan yang berlaku, peraturan agama,atau peraturan masyarakat yang berlaku. Jangan menerobos lalu lintas apalagi mencuri.
Nah.. itulah hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan. Meski hari kemerdekaan jatuh pada tanggal 17 Agustus namun bukan berarti kita hanya melakukan hal baik pada tanggal tersebut. Segenap admin dan kru kucinglucu.net mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-71. Jayalah Indonesiaku. NKRI harga mati !!!.
Sumber: http://www.kucinglucu.net/parade-kucing-kemerdekaan/

Unik ! Indonesia punya kampung Korea

Published by:

Demam Korea alias K-Pop memang sedang melanda Indonesia. Dari boyband Super Junior, Girl Band SNSD, dramanya, lagunya, fashionnya, sampai-sampai atlet bulutangkis dari Korea seperti Lee Yong Dae sangat banyak penggemarnya. Namun tahukah kamu bahwa ada satu tempat di Indonesia yang dinamakan “kampung Korea”?

Adalah Karya Baru dan sekitarnya yang ditempati orang-orang etnis Cia-Cia, Bau-Bau (Pulau Buton Sulawesi Tenggara) yang akhir-akhir ini terkenal sebagai kampung Korea. Lihatlah nama jalannya yang memakai huruf Hangeul (aksara Korea), ataupun nama sekolah yang juga dicantumkan bahasa Koreanya. Selain bahasa, ada juga peninggalan-peninggalan tradisional Cia-cia yang mirip dengan properti Korea seperti lampu berbentuk lampion, hingga pernak pernik penghias rumah. Lalu, bagaimana asal mulanya etnis Cia-cia mengadopsi kebudayaan Korea?

Nama jalan dengan aksara hangeul

Hasil gambar untuk kampung cia cia

Menurut lurah Karya Baru yang kami temui, memang ada kebudayaan-kebudayaan dan bahasa Cia-cia yang mirip, bahkan sama dengan apa yang dimiliki oleh Korea. Karena keunikan itu serta kekayaan bahasa di Bau-Bau yang mencapai lebih dari 90 bahasa, seorang Professor Korea tertarik kepada Bau-Bau, khususnya etnis Cia-cia. Para antropolog Korea juga mulai meneliti lebih dalam mengapa ada kemiripan antara bahasa Cia-cia dengan bahasa mereka.

Apakah ada garis keturunan mereka yang beranak-pinak di sini, atau alternatif kemungkinan yang lain. Dari sini, mulai timbul kerjasama antara Cia-cia dan Korea. Dari pertukaran pelajar, pertukaran guru, penelitian, hingga pertukaran kebudayaan. Hal ini membuat Indonesia, khususnya Cia-cia, makin bergaung namanya oleh masyarakat di luar negeri.

Tetapi hingga sekarang belum ada kesimpulan resmi dari para peneliti apa yang mendasari Cia-cia memiliki akar budaya yang mirip dengan Korea. Meski begitu, budaya Korea mulai disosialisasikan kepada masyarakat. Bukan untuk menghilangkan bahasa Cia-cia, namun malah untuk memperkenalkan lagi sejak dini agar bahasa daerah tidak hilang. Sekarang ini, bahasa Korea sudah diajarkan untuk anak-anak Sekolah Dasar sejak kelas 4 SD. Bahkan di SD Karya Baru, guru bahasa Korea mereka sempat orang Korea asli. Namun untuk tahun-tahun ini, guru tersebut diganti oleh guru dari Cia-cia yang sempat mendapat pelatihan di Korea langsung.

Kampung Korea Cia cia

Gurunya impor!

Sempat saya bercengkrama dengan murid-murid SD Karya Baru yang nampaknya sudah pada ngerti basic-basic bahasa Korea. Waktu saya tanya apa bahasa Koreanya “Halo“? Mereka dengan kompak berteriak  “Annyeonghaseo“! Dan ketika saya tanya “Kalo Saranghae artinya apa?” Mereka langsung pada nutup muka dan malu-malu. Ini karena artinya Saranghae adalah I Love You! Hahaha..

Oh ya, meskipun bahasa tulisannya seperti Hangeul, bahasa lisan mereka tetap bahasa Indonesia, lho. Senang sekali mendapatkan pengalaman baru ini di Bau-Bau, khususnya desa Karya Baru. Terima kasih untuk kelurahan dan guru-guru sekolah SD Karya Baru yang telah menerima kami dengan baik. Annyeonghaseo, Karya Baru! 😀

kampung korea cia cia

Annyeonghaseo!

Notes:

  • Kampung Cia-cia terletak sekitar 15 km dari kabupaten Bau-Bau, menuju ke arah atas.
  • Untuk menuju daerah Karya Baru, carterlah mobil seharga Rp 300.000 (sudah dengan sopir) yang dapat dipakai dari pagi hingga sore hari. Carter bisa dari hotel dimana kamu menginap.

sumber : http://titiw.com/2014/11/12/kampung-korea-cia-cia-sulawesi-tenggara/