Cara Menguji Seberapa Kuat Antivirus yang Kamu Gunakan

banner

Kamu emang yakin kalo antivirus dan firewall yang digunakan di komputer pribadi kamu sudah bekerja dengan baik dan dapat menangkal segala virus yang ada? Bagaimana kalo antivirus danfirewall yang selama ini kamu gunakan justru tidak berfungsi dan malah menampung berbagai penyakit seperti virus dan malwaredi komputer?

Makanya, baca terus artikel ini hingga habis untuk mengetahuicara mudah untuk menguji seberapa tangguh antivirus dan firewall yang ada di komputer kamu. Tenang, tidak ada file yang berbahaya kok yang harus kamu gunakan pada pengujian kali ini.

Cara Menguji Seberapa Tangguh Antivirus dan Firewall Komputer

Ada beberapa tes yang bisa kamu coba, tanpa harus menginstall software tertentu di komputer. Cara mudahnya ialah dengan mengunjungi website-website berikut dan ikuti segala instruksi yang mereka gunakan. Jika kamu dapat melaluinya dengan baik, maka dipastikan komputer kamu aman dari berbagai ancaman seperti virus dan malware yang berseliweran di internet.

1. Uji Seberapa Kuat Firewall dengan Shields Up!

tes-antivirus-1

Tes yang patut untuk kamu coba demi menguji seberapa kuatnya software firewall yang kamu miliki ialah dengan mengunjungi website Shields Up!. Website ini secara terperinci akan menguji 1000 port yang ada pada komputer, dan memberitahu hasil dari pengujian tersebut. Jika ada satu saja port yang berbahaya, maka kamu akan diberitahu. Berarti sudah saatnya untuk mengganti firewall yang selama ini kamu gunakan.

2. Tes Keamanan Browser dengan Panopticlick

tes-antivirus-2

Tes lainnya yang boleh untuk kamu coba ialah melalui situs bernama Panopticlick. Website ini akan menjalankan sebuah tes singkat yang dapat membuktikan bahwa apakah web browser yang selama ini kamu gunakan dapat memblokir setiap ancaman. Ancaman-ancaman tersebut meliputi tracking ads (iklan yang merekam behavior pengguna),_ invisible tracker_, keamanan terhadap software pihak ketiga, dan perlindungan terhadap fingerprinting. Jika tes-tes tersebut gagal untuk dilakukan oleh browser, maka sudah saatnya kamu untuk menggunakan software browser lainnya.

3. Tes Seberapa Tangguh Antivirus dengan EICAR

tes-antivirus-3a

Nah ini penting nih. Kamu jangan percaya deh dengan antivirus yang kamu gunakan jika belum di-tes menggunakan cara berikut ini. EICAR atau European Expert Group for IT-Security menciptakan beberapa file yang dapat menguji seberapa tangguh dan responsifnya antivirus yang kamu gunakan. File-file itu bisa kamu dapatkan di link berikut ini. File tersebut merupakan dummy atau file virus palsu yang “seharusnya” akan langsung terdeteksi oleh antivirus. Jika antivirus tidak bereaksi, maka hampir dapat dipastikan bahwa antivirus kamu kagak tangguh deh.tes-antivirus-3b

Itu dia tiga cara yang bisa kamu andalkan untuk menguji seberapa kuatnya antivirus, firewall, dan web browser yang kamu gunakan di komputer. Jika kami melewatkan sesuatu, jangan sungkan-sungkan ya untuk berikan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : Jalan Tikus

(Visited 85 times, 1 visits today)

You might also likeclose