Cara Menggunakan Mi Remote

Seperti anda ketahui sebagai pengguna smartphone Xiaomi Redmi Note 2, fitur yang sudah langka pada Redmi Note 2, yang jarang dijumpai pada smartphone zaman sekarang ini adalah fitur infrared. Ya, Xiaomi Redmi Note 2 ini dibekali dengan adanya port infrared. Salah satu fitur yang populer pada ponsel ponsel jadul yang pada saat itu belum ada bluetooth, jadi kirim kirim file secara wireless ya lewat infrared ini. Maka dari itu ponsel zaman sekarang sudah jarang dan hampir tidak ada fitur infrared karena sudah digantikan oleh bluetooth. Bahkan fitur yang terbaru adalah fitur wifi direct yang diklaim mampu transfer data lebih cepat daripada bluetooth.

Port Infrared Xiaomi Redmi Note 2

Nah, karena Xiaomi Redmi Note 2 ini dibekali fitur infrared, maka di dalamnya pun disediakan aplikasi yang memanfaatkan fasilitas infrared yaitu Mi Remote. Mi Remote ini merupakan aplikasi bawaan Xiaomi Redmi Note 2 yang bisa digunakan untuk mengontrol TV, AC, DVD Player, dan perangkat elektronik lainnya yang menggunakan remote. Tapi ya tidak semua merk barang elektronik bisa dikendalikan oleh Mi Remote, masih terbatas juga.

Mungkin bagi anda pengguna baru Xiaomi Redmi Note 2 ini masih awam dengan aplikasi Mi Remote ini dan tidak bisa menggunakannya, saya pun demikian. Tapi dari hasil coba coba sendiri akhirnya saya temukan cara menggunakan Mi Remote. Untuk itu, di sini akan saya berikan tutorial cara menggunakan aplikasi Mi Remote pada ponsel Xiaomi Redmi Note 2. Namun uji coba yang saya lakukan hanya sebatas untuk remote TV saja ya, belum saya uji pada alat elektronik yang lain, karena memang hanya punya nya sebatas TV saja 😀 .

Untuk bisa menggunakan Mi Remote ini pastikan Redmi Note 2 anda terhubung ke jaringan internet, entah pakai paket data kartu atau wifi. Kemudian device (barang elektronik) yang akan kita remote harus dalam keadaan hidup, misal kalau TV ya TV nya harus dihidupin dahulu.

1. Masuk ke Tools >> Mi Remote >> klik options (kanan atas) >> setting seperti pada gambar di bawah

Setting Remote Xiaomi Redmi Note 2

2. Kembali lagi, klik Pair new remote >> pilih device yang akan diremote (saya contohkan TV) >> pilih merk (saya contohkan TV merk Samsung)

Setting Remote TV Xiaomi Redmi Note 2

3. Di jendela berikutnya akan disediakan pilihan remote, misal kalau untuk TV Samsung disediakan 76 remote yang bisa dicoba satu per satu. Cara mencobanya yaitu, sambil diarahkan port infrared ke TV, misal remote 1, pertama klik Tap to pair, akan muncul 2 tombol Device responded dan Tap to continue, pilih yang Tap to continue. Tap sekali atau dua kali dan lihat di TV apakah ada perubahan volume, jika tidak ada maka kita pilih remote yang lain dengan cara memilih tanda panah seperti pada gambar. Misal pilih remote 2, kemudian Tap to continue dan lihat di TV apakah volumenya bertambah, jika masih belum pilih remote yang lain, sampai jika di-tap maka volume TV akan bertambah.

Pengaturan Remote TV Xiaomi Redmi Note 2

4. Jika TV merespon dengan menunjukkan volume bertambah, maka kita pilih Device responded, maka logo volume akan dicentang. Kemudian pilih Tap to continue >> Tap to pair

Cara Menggunakan Remote Xiaomi Redmi Note 2

5. Jendela berikutnya kita disuruh memasukkan nama device (remote), misal saya kasih nama SAMSUNG TV, kemudian klik Paired, maka tampilan remote TV akan ditampilkan.

Remote TV Xiaomi Redmi Note 2

Nah, itu sedikit tutorial cara menggunakan aplikasi Mi Remote pada Xiaomi Redmi Note 2. Maaf hanya bisa sebatas remote TV saja karena memang adanya itu. Untuk alat lain misal AC, DVD player, dan lainnya silahkan anda coba sendiri. Selamat mencoba!

Oh ya, jangan digunakan untuk menjahili orang lain yah

Sumber : http://teknikit.com/2015/09/cara-menggunakan-aplikasi-mi-remote-xiaomi-redmi-note-2.html

(Visited 36 times, 1 visits today)

You might also likeclose