Cara Mengetahui fitur Auto cut Off pada ASUS

Ketika kalian memiliki laptop, yang harus diperhatikan adalah cara pengisian ulang baterainya. Jangan sampai baterai laptop kalian menjadi overcharge yang akan berdampak pada penurunan umur baterai. Selain itu baterai laptop juga tidak bisa bertahan lama

Tapi untuk pengguna laptop ASUS nampaknya hal semacam itu tidak perlu dirisaukan lagi. Ini bukan pesan sponsor atau mempromosikan ASUS, tapi saya hanya sharing pengalaman pribadi saja. Kebetulan saya memakai laptop ASUS.

Nah, laptop ASUS yang saya pakai ini memiliki fitur Auto Cut-Off Baterai. Yang artinya adalah ketika laptop digunakan dalam keadaan dicharger jika sudah mencapai 100% maka secara otomatis akan memutus arus ke baterai, dan penggunaan daya dialihkan dari adaptor langsung. Sehingga ini tidak membuat laptop menjadi overcharge dan tetap aman digunakan sambil dicolok listrik meski sudah full.

Laptop ASUS yang saya gunakan adalah tipe X550ZE

Saya rasa untuk laptop ASUS keluaran terbaru semuanya sudah ada fitur ini.

Tapi jika Anda masih ragu dan ingin mengetahuinya, bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

#1 Download dulu software Battery Care. Software ini nanti hanya untuk mengecek jika tidak ada daya yang masuk setelah fitur Auto Cut Off berjalan. Silahkan download di sini.

#2 Gunakan laptop sambil dicharger. Untuk bisa mengeceknya, silahkan gunakan laptop ASUS kalian sambil dicharger hingga kapasitas full. Kalau sudah full, jangan dilepas dulu.

#3 Arahkan kursor ke indikator baterai. Nah, jika kapasitas baterai sudah full, sekarang tinggal arahkan kursor ke atas indikator baterai. Maka jika laptop kalian ada fitur “Auto Cut-Off” akan muncul informasi “(plugged in, not charging)“. Jika muncul seperti ini, berarti laptop ASUS kalian ada fitur ini. Plugged in, not charging ini maksudnya adalah charger tetap hidup, tetapi tidak melakukan pengisian ulang baterai (not charging). Lhoh, jadi arus listrik dari charger kemana? Ya dialihkan ke laptop langsung, jadi laptop pakai daya dari adaptor langsung, bukan baterai. Jika charger dicabut, baru daya diambil dari baterai.

Auto Cut-off Baterai laptop Asus

#4 Buka software Battery Care. Untuk lebih memastikan lagi, silahkan buka software Battery Care yang sudah didownload dan install di laptop kalian. Silahkan masuk ke bagian ‘Detailed Information‘ lalu perhatikan informasi tentang ‘Charge/discharge rate‘. Jika nilainya “0 W” artinya tidak daya yang masuk ke baterai, jadi fitur auto cut-off telah berfungsi.

Seperti itu cara mengetahui fitur Auto Cut-Off baterai laptop ASUS. Oh ya, sangat disarankan agar selalu menghubungkan baterai ke adaptor meskipun kapasitasnya masih full, ini untuk laptop ASUS aja lho ya. Soalnya dengan adanya fitur tersebut dan jenis baterai yang Lithium Polymer, justru akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama.

(Visited 25 times, 1 visits today)

You might also likeclose