Cara Membuat VPN Di Android

Fungsi aplikasi vpn di android, diantaranya adalah mendownload aplikasi yang sedang tidak tersedia pada region / negara anda berada, melakukan enkripsi saat sedang browsing di jaringan WiFi Publik, atau sekadar untuk menghubungkan ke jaringan suatu perusahaan dimana anda berada, saat di perjalanan atau juga dapat digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh Internet Service Provider anda, sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah melakukan pengaturan alamat server vpn android dengan tepat. Disini saya akan memaparkan dua cara ampuh setting dan menggunakan VPN di android pada perangkat anda.
  1. Pertama adalah menggunakan aplikasi android yang bisa anda download di Google Playstore yang semestinya telah diberikan oleh pihak ketiga (OpenVPN) yang telah menyediakan layanan server VPN (baik bersifat gratis maupun berbayar).
  2. Kedua adalah menggunakan setting manual pada ponsel android (cara ini dapat dilakukan apabila pihak dari VPN sendiri tidak memiliki aplikasi android yang dapat terhubung ke server mereka).

 

Cara Ampuh Setting dan Membuat VPN Gratis di Android Menggunakan OpenVPN

Android tidak terbatas untuk dukungan terintegrasi pada server OpenVPN. Apabila anda menggunakan layanan jaringan OpenVPN maka perlu melakukan install aplikasi pihak ketiga. Aplikasi itu dinamakan OpenVPN Connect yang bersifat aplikasi resmi dan bekerja pada perangkat android 4.0 (JellyBean) atau yg lebih tinggi serta tidak membutuhkan root. Agar terkoneksi ke jaringan OpenVPN pada perangkat yang menjalankan android 2.3 atau yang lebih rendah, maka diperlukan root terlebih dahulu agar aplikasi OpenVPN ini dapat bekerja dengan baik.
cara membuat vpn di android
cara membuat vpn di android 1
Bergantung dari VPN apa yang digunakan, terkadang memang membutuhkan aplikasi VPN android yang terbilang mumpuni untuk sebuah VPN akan tetapi bukan dukungan VPN yang terintegrasi secara langsung pada perangkat android. Sebagai contoh adalah TunnelBear memberikan penawaran sebuah aplikasi android yang telah menangani koneksi dari VPN TunnelBear
cara membuat vpn di android
cara membuat vpn di android 2

Cara Setting dan Menggunakan VPN Secara Manual di Android

Android telah mendapat dukungan yang terintegrasi untuk PPTP serta L2TP sehingga memudahkan agar terhubung ke dalam VPN tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Untuk dapat menghubungkan ke VPN di android yang kompatibel maka anda perlu membuka menu Settings kemudian klik more yang berada dibawah layar “Wireless & Networks”. (Pada android 2.3 langsung klik “Wireless & Networks”).
cara membuat vpn di android
cara membuat vpn di android 3

Tekan pada pilihan “VPN” di layar “Wireless & Network” (di android 2.3 klik pada “VPN Settings”)

cara membuat vpn di android
cara membuat vpn di android 4

 

Tekan tombol + lalu masukkan detail VPN anda. Masukkan nama VPN pada bagian “Name” agar memudahkan dalam mengingat VPN yang telah dibuat untuk membedakan VPN yang satu dengan yang lain jika terdapat banyak VPN didalam perangkat android. Kemudian pilihlah jenis protokol VPN pada pilihan “Type” (PPTP atau yang lain, tergantung dari VPN mana yang lebih dahulu dipakai), dan masukkan alamat server VPN dibagian “Server Address” (Seperti vpn.contoh.com atau alamat IP yang berupa angka seperti : 123.233.334.334), sedangkan pada android 2.3 klik bagian “Add VPN” lalu pilih jenis protokol VPN yang sedang digunakan seperti PPTP atau L2TP lalu masukkan nama VPN pada bagian “VPN Name” dan masukkan alamat servernya pada “Set VPN Server”. Setelah semua nya selesai lalu tekan tombol menu dan klik “Save”.
cara membuat vpn gratis
cara membuat vpn gratis 1
Klik VPN yang sudah dikonfigurasikan agar terhubung ke server VPN. Disana anda dibebaskan untuk memiliki beberapa server yang telah dikonfigurasikan pada perangkat android lalu beralih diantara mereka pada layar VPN. Anda akan membutuhkan username serta password pada VPN ketika menghubungkan android dengan server VPN. Akan tetapi, anda tetap dapat menyimpan informasi data akun itu dalam beberapa waktu.
cara membuat vpn gratis
cara membuat vpn gratis 2
Ketika terhubung ke server VPN, disana akan diperlihatkan secara berkala notifikasi “VPN Activated” dibagian atas layar android. Agar dapat memutuskan sambungan VPN, anda perlu menekan notifikasi kemudian klik “Disconnect”.
cara membuat vpn gratis
cara membuat vpn gratis 3
Selalu gunakan modus VPN di android. Pada android 4.2 telah memiliki pilihan agar selalu dapat mengaktifkan VPN nya. apabila pilihan ini diaktifkan, maka android tidak dapat mengirim atau menerima data yang akan dikirimnya lewat VPN. Hal tersebut dapat memungkinkan ketika anda menggunakan jaringan WiFi publik dan ingin memastikan bahwa selalu menggunakan VPN. Untuk menggunakan pilihan ini, haruslah terlebih dahulu menyambungkan ke VPN lalu menyimpan informasi akun. Kemudian temukan pilihan dibawah tombol menu.
cara membuat vpn gratis
cara membuat vpn gratis 4

Saya ingatkan kembali bahwa fitur ini hanya tersedia apabila perangkat android anda berada di android 4.2, sehingga apabila menggunakan versi lama tidak akan dapat melihatnya di ponsel anda.

(Visited 20 times, 1 visits today)

You might also likeclose