Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 Gambarkan Islam Saat Ini

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 diangkat dari tema yang tidak biasa, yaitu apakah seorang muslim penemu Amerika? Film yang diangkat dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra ini dibintangi Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Hannah Al Rashid, Boy William, Rianti Cartwright, dan Ira Wibowo.

Jika dikaitkan dengan keadaan umat Islam saat ini, film Bulan Terbelah di Langit Amerika, terasa pas konteksnya. Seperti yang terjadi di Indonesia dan Amerika yang baru saja memilih Donald Trump menjadi presiden. Saat kampanye Donald Trump meminta untuk mencekal kaum muslim yang ingin masuk ke Amerika. Hanum Rais pun tidak menyangka kalau novel yang ia tulis jadi menemui konteksnya.

“Kadang saya bersyukur juga, setelah saya bikin 99 Cahaya di Langit Eropa, dengan tema seperti itu, tidak lama ada serangan teroris di Paris, film tersebut jadi menemui konteksnya, pas dengan situasi yang ada waktu itu. Begitupun dengan sekarang, saya tidak menduga jika kondisi sekarang, umat sedang seperti ini, terus tema yang saya bawakan di naskah film, menemui konteksnya lagi, ada Islamnya, ada kontribusi muslim, semua jadi pas,” ujar Hanum dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Rabu (16/11/2016).

Hanum menambahkan, Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 dia tulis jauh sebelum semua ini terjadi. “Padahal ini kan dibuat bulan Maret, jauh sebelum ramai-ramai keadaan umat Islam di Indonesia dan Amerika seperti ini. Simbol-simbol yang ada di film, tersimbolisasikan juga di situasi saat ini, saya sangat bersyukur. Adapun jika kini pemahaman saya menemui momentumnya, di tengah situasi politik, yang berhubungan dengan Islam di Indonesia dan Amerika, itu di luar dugaan saya,” ungkapnya.

Poster Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 mengungkap muslim penemu Amerika?

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 merupakan sambungan dari film sebelumnya. Sekuel kali ini bercerita saat Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya), mendapat misi baru yang hanya bisa dipecahkan oleh mereka: menelusuri jejak harta karun misterius para pelaut muslim China yang berlayar ke Amerika jauh sebelum Colombus.

Hanum pun meminta Azima Hussein (Rianti Cartwright) karena Azima mempunyai sumber terpercaya untuk menemukan bukti-bukti tersebut. Tanpa mereka sadari, bahaya tengah mengincar dari pemburu harta karun Padahal di sisi lain, Azima dan anaknya, Sarah Hussein (Hailey Franco), tengah kalut menerima penolakan dari ibundanya (Ira Wibowo) yang belum bisa menerima keislaman putrinya dan tidak menyadari ada rahasia dari fragmen kehidupannya.

Sementara itu, Stefan (Nino Fernandez) teman Rangga dihimpit masalah putus cinta dengan Jasmine (Hannah Al Rashid). Jasmine yang tengah hamil tertekan antara dua pilihan pahit yang harus diambil. Perjalanan dari titik terang masing-masing membuat satu demi satu terpecah belah, sehingga akhirnya menemukan makna setiap perjalanan tersebut dalam bingkai keajaiban Tuhan.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 8 Desember 2016.

(Visited 13 times, 1 visits today)

You might also likeclose