Benarkah ‘Airplane Mode’ Aman Untuk Digunakan Di Dalam Pesawat?

Dari semua jenis moda transportasi yang ada, Pesawat terbang adalah yang paling cepat untuk mengantarkan kita menuju tujuan. Maka tak heran jika biaya yang harus dikeluarkan untuk naik pesawat lebih mahaldibandingkan transportasi darat dan air.

Selain mahal, di dalam pesawat juga banyak peraturan demi kenyamanan dan keamanan, termasuk aturan mematikan smartphone di dalam pesawat. Lantas, amankah menggunakan Airplane Mode di dalam pesawat?

Fungsi Airplane Mode di Dalam Pesawat

Airplane Mode adalah suatu kondisi ketika pemancar (transmitter) dalam smartphone kamu dinonaktifkan. Artinya, semua komponen dalam smartphone yang memancarkan gelombang radio atau gelombang elektromagnetik seperti Bluetooth, NFC, GPS, WiFi, GSM/CDMA tidak diaktifkan. Tapi fungsi lain masih bisa digunakan.

amankah-airplane-mode-di-pesawat

Adapun mengaktifkan Airplane Mode di dalam pesawat bertujuan untuk mencegah gelombang elektromagnetik mengganggu sistem di pesawat. Pasalnya, gelombang elektromagnetik aktif di dalam pesawat berpotensi mengganggu sistem kendali, komunikasi, dan navigasi. Seram kan?

Selain itu, dengan mengaktifkan Airplane Mode di dalam pesawat, kamu juga akan membuat baterai smartphone lebih awet. Pasalnya, akan mencegah algoritma smartphone kamu untuk mencari jaringanyang tidak mungkin ditemukan selama di dalam pesawat.

Lebih Baik Matikan Smartphone Atau Airplane Mode di Pesawat?

Dalam keadaan Airplane Mode, kita masih bisa menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik, main game online, atau nonton video. Soalnya tidak memancarkan gelombang elektromagnetik.

amankah-airplane-mode-di-pesawat-2

Tapi, beberapa maskapai penerbangan di dunia tidak menoleransi penggunaan smartphone di dalam pesawat. Alasannya jelas, demi keamanan bersama. Nggak mau kan pesawat mengalami kendala di ketinggian 4.000 kaki?

amankah-airplane-mode-di-pesawat-3

Menggunakan smartphone dalam Airplane Mode di dalam pesawat memang aman. Namun, sekali lagi, ada baiknya jika kita patuhi regulasi maskapai penerbangan yang digunakan jika memang disuruh mematikan smartphone. Sekalian mengendalikan diri untuk tidak menggunakan smartphone loh!

(Visited 21 times, 1 visits today)

You might also likeclose