Beberapa hal yang Bisa Membuat Orang Tabah Atau Sabar

Beberapa hal yang Bisa Membuat Orang Tabah Atau Sabar

Pada Tgl 09/08/2016 saya mendapat Materi tentang “Ketabahan hati” dari guru saya ia adalah seorang guru yang mengerti muridnya, ia adalah seseorang yang sulit di tebak sebelum kita mengenalnya.

Jadi hari ini  saya (kita) ingin menulis dan belajar lebih tentang Ketabahan Hati, langsung saja

Ketabahan Atau Sabar

From : kumpulanartikelbaru.blogspot.com

Ketabahan adalah tetap dan kuat hati dalam menghadapi cobaan-cobaan atau kesulitan-kesulitan hidup. Semua kesulitan, cobaan kita kembalikan kepada Allah SWT yang menciptakan dan maha tau tentang kehidupan kita.

Dalam perjalanan kita hidup di dunia ini pasti ada yang namanya kesulitan atau cobaan, dari mana datangnya cobaan itu? semua orang pasti berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya, ada yang dari ekonomi, keluarga, fisik dll.

Untuk menghadapi cobaan-cobaan yang diberikan Allah SWT. kepada kita, kita harus melatih diri dari ocehan, tindakan, yang bersifat negatif kepada kita dan merubahnya menjadi positif.

Orang yang memiliki ketabahan hati sifat dan tindakannya tidak akan mudah putus asa, tenang dalam memutuskan sesuatu, tanpa terburu-buru ataupu bimbang, karena mereka tahu kalau itu semua itu hanyalah coabaan.

Lalu Dari Mana Datangnya Ketabahan?

From : splashdiary.blogspot.com

From : splashdiary.blogspot.com

Kadang kehidupan ini ada yang sesuai dengan kehendak hati kita dan terkadang kehidupan ini atau perjalanan hidup ini tidak sesuai dengan kehendak hati. Jika terjadi yang tidak sesuia dengan kehendak hati maka kita harus tabah.

Ketabahan ini sangat bersangkut paut dengan  masalah hati, siapapun itu orangnya, bagaimanapun kondisinya, jika ia bisa mengendalikan hati dan hawa nafsunya ia adalah orang yang termasuk orang yang tabah.

Beberapa hal yang harus kamu coba kalau ingin menjadi orang yang tabah :

  1. Memaafkan Seseorang
    From ; theonlyquran.com

    Artinya : “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.”

    Maaf adalah perkataan yang paling sukar dikatakan seseorang jika ia sedang bertengkar atau sedang ada masalah dengan seseorang tersebut.

     

    From ; abdannn.co.vu

    Padahal jika kita bisa meminta maaf terlebih dahulu dan memaafkannya secara tulus, dapat membantu memperbaiki perasaan kita menjadi lebih nyaman dan dapat memperbaiki suatu hubungan. Memaafkan terlebih dahulu juga dapa menurunkan tingkat kesetressan kita, memang bersifat seperti itu tidaklah mudah namu itu lebih dari pada menyimpan dendam.

  2. Bermuhasbah Diri
    From : ilhamaristanto.com

    Bermusahabah perlu, mengevaluasi kebenaran dan kesalahan dalam segala hal.  Dengan bermuhasabah diri, maka kita bisa mengetahui aib serta kekurangan diri kita sendiri, baik itu dalam hal ibadah, kehidupan sehari-hari, dan atau kelompok.

  3. Berperasangka Baik
    From : mitrakerjasmk.blogspot.com

    Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesa;ahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang  di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasakan jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.”
    Berpikir positif berpandangan baik terhadap segala hal. Maksudnya berprasangka baik dan berfikiran terhadap seseuatu yang menimpa diri. Meskipun sesuatu itu sangat membebani diri.

    Dengan berperasangka baik kita tidak mudah menyalahkan orang lain apalagi meyalahkan orang lain dengan maksud menutupi kelemahan atau kesalahannya.

  4. Berserah Diri Kepada Allah SWT.
    From : abufarras.blogspot.com

    Hati benar-benar bergantung kepada Allah dalam rangka memperoleh mashlahat (hal yang baik) dan menolak mudhorot (hal yang buruk) dari urusan-urusan dunia dan akhirat.
    Berserah disini bukan berarti pasrah, namun berserah diri setelah kita berusaha dengan sungguh-sungguh.

 

 

sumber:http://bukubiruku.com/dari-mana-datangnya-ketabahan-seseorang/

(Visited 68 times, 1 visits today)

You might also likeclose