Bahaya Charge HP Semalaman

Sudah umumnya banyak dari kita melakukan charge Handphone semalaman.Kenapa demikian dikarenakan pada saat malam hari waktu kita beristirahat dan juga saat tidak menggunakan ponsel kita. Lalu ingin saat keadaan bangun untuk memulai aktivitas ingin handphone kita dalam keaadan Baterai penuh.

Tetapi apakah itu benar-benar aman meninggalkan handphone terhubung ke pengisi daya semalaman sampai penuh ? Apakah dapat merusak baterai atau memperpendek umur nya?.
Dari pertanyaan diatas banyak yang berargumen itu mitos atau fakta, jika kita charge Handphone kita semalaman akan menyababkan bahaya.
Akhir-akhir ini banyak Ponsel muncul menggunakan batrei Lithium-ion. Batrei tersebut dirancang untuk kadang-kadang harus cabut charge sebelum Anda selesai mengisi dan sering membiarkannya charge semalam sampai penuh. Memang baterai tersebut dirancang untuk semua itu.
Tetapi yang benar-benar menjadi ancaman utama untuk batrei handphone Lithium-ion yaitu Siklus Baterai. Semua baterai isi ulang memiliki jumlah terbatas siklus charge diamana pada umumnya memiliki 1000 siklus. Sebuah siklus charge pada dasarnya akan berkurang, dimana dalam satu siklus itu penggunaan sampai habis dan di charge sampai penuh. Meskipun jumlah siklus batrei sangat besar, akhirnya lama-kelamaan baterai ponsel Anda akan mencapai titik di mana kapasitasnya pengisian mulai semakin kecil.
Apa yang akan terjadi jika meninggalkan Handphone terhubung charge semalaman ?
Memang menginggalkan ponsel kita dalam keaadaan charge semalaman tidak akan langsung berdampak rusak terhadap batrei handphone anda. Sejauh ini cukup baik, tetapi ada situasi ketika meninggalkan charge semalaman perlahan dapat mengurangi umur baterai Anda. Kenapa demikian dikarenakan dengan charge semalaman, suhu handphone akan meningkat menjadi panas kemudian akan berdampak buruk bagi batrei anda yang akan menyebabkan oksidasi sel, sehingga menyebabkan menyusut nya kapasitas dan memperpendek umur batrei.
 
Apa yang harus dihindari agar baterai tetap baik terjaga ?
Sudah saya jelaskan diatas, yang benar-benar menjadi ancaman utaman siklus charge. Setiap Handphone memiliki siklus baterai, mungkin anda masih memiliki banyak siklus baterai. tapi lama kelamaan kapasitas batrei akan menurun seiring berkuranya siklus handphone, Hal yang baik agar baterai awet yaitu hindari batrei sampai mencapai 0% hingga 100%  ini akan mulai memecah baterai Anda dan menyebabkan umur  baterai lebih pendek.
Tips Charge Handphone
 
Jika anda ingin meninggalkan handphone terhubung charge semalam tanpa risiko terlalu banyak ? jawabanya asalkan jangan charger palsu, dan jangan membiarkan handphone anda terlalu panas. Dikarenakan setiap handphone memiliki tegangan pengisian ampere yang berbeda maka dari itu gunakan charge original untuk hasil terbaik pengisian handphone Anda, Yang harus di ingat :
  • Selalu gunakan charger dan kabel original, atau alternatif bersertifikat dari merek terkemuka dan penjual.
  • Jangan biarkan ponsel Anda terlalu panas. Hindari sering melakukan pengisian semalaman.
  • Untuk daya tahan baterai paling lama memungkinkan, cobalah untuk menjaga baterai di antara 50 dan 80 persen.
  • Hindari membiarkan baterai handphone melakukan pengisian daya dari 0% hingga 100% terlalu sering.
Melakukan charge semalaman tidak akan membuat berdampak langsung merusak Baterai. Tetapi sebisa mungkin hindari hal tersebut dan jangan lakukan hal tersebut setiap hari Agar baterai handphone anda bertahan lama. Sekian postingan admin infologiku semoga bermanfaat.
(Visited 12 times, 1 visits today)

You might also likeclose