Ayo Belajar Animasi di BIAF 2016

BIAF 2016/DEDEN IMAN/PR
PENGUNJUNG yang mayoritas anak sekolah memenuhi salah satu stan pada acara Baros International Animation Festival di Cimahi Technopark, Jalan Raya Baros, Kota Cimahi, Kamis 17 November 2016. Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Cimahi Creative Association (CCA) ini mendatangkan puluhan animator dari dalam dan luar negeri yang berlangsung hingga Minggu 20 November 2016.*

BANDUNG, (PR).- Akan ke mana akhir pekan ini? Jika Anda ingin mengisinya dengan belajar animasi, maka ajang Baros Internasional Animation Festival (BIAF) 2016 di Cimahi dapat menjadi pilihannya. Macam-macam sketsa dan gambar atau tayangan animasi mendominasi dekorasi booth dalam pameran ini. Acara ini diselenggarakan di Gedung Cimahi Techopark, Jalan Raya Baros, Kota Cimahi

Di sebuah sudut pameran berdiri anak-anak SMK Negeri 2 Cimahi. Dengan telaten para pelajar tersebut menjawab dan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan dari para pengunjung. Keberadaan mereka cukup mencolok, karena umumnya booth pameran diisi oleh kalangan animator profesional atau dari studio animasi berpengalaman. Sementara booth yang dijaga pelajar SMKN 2 Cimahi itu merupakan milik Kamarung Anima Community.

Ketua Kamarung Anima Community Rahmat Santa menuturkan, komunitas animasi yang didirikan sejak 14 Februari 2014 tersebut berisikan para pelajar dan alumni Jurusan Animasi SMKN 2 Cimahi. Tak hanya merangkum animator muda, Kamarung Anima Community juga mulai bergerak ke arah profesional, kendati produk mereka belum beredar secara masif.

“Pada awalnya kami ingin mewadahi animator-animator yang sudah lulus di SMKN 2 Cimahi, biar anak-anak ini link atau informasi yang lebih luas tentang dunia animasi, yang terkait studio-studio ataupun lowongan pekerjaan. Namun, sekitar tiga bulan ini kami juga membikin unit produksi bernama Kamarung Anima Studio,” kata Rahmat.

Walaupun masih cukup bergantung pada Pemkot Cimahi, menurut dia, Kamarung Anima Studio telah menyelesaikan sejumlah proyek animasi. Di antaranya ialah tayangan awal untuk pembukaan PON 2016 beberapa waktu lalu, beberapa iklan layanan masyarakat, tayangan animasi buat peresmian Cimahi Technopark, dan tidak kurang dari 70 film animasi.

“Dengan adanya acara BIAF ini, kami sangat terbantu karena di acara ini kami bisa menampilkan hasil karya kami untuk diperlihatkan kepada masyarakat luas,” kata Rahmat, yang merupakan guru animasi di SMKN 2 Cimahi.

Keberadaan Kamarung Anima Community itu seolah menegaskan bahwa Kota Cimahi akan berkembang sebagai kota animasi. Selain memiliki banyak studio animasi, di Cimahi pun terdapat Cimahi Creative Assosiation, yang merangkup para pengusaha muda di bidang multimedia, termasuk animasi.

Dalam pembukaan BIAF 2016, Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, animasi di Cimahi merupakan salah satu bagian dari empat klaster pengembangan ekonomi lokal. Industri animasi tersebut juga merupakan bagian dari masterplan pengembangan percepatan ekonomi Indonesia koridor Jawa, yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Untuk memperkuat klaster animasi dan industri kreatif lainnya, di Kota Cimahi juga telah tersusun sistem inovasi daerah. Selain itu, kami juga mendirikan akademi komunitas negeri, dengan salah satu program stunya adalah animasi,” kata Sudiarto.

Berbeda dengan tiga kali pengelenggaraan BIAF pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini perhelatan yang diadakan sampai 20 November 2016 itu digelar di Cimahi Techopark. Pembangunan gedung itu oleh Pemkot Cimahi juga ditujukan untuk melaksanakan program inkubator bisnis kreatif dan akselerator bagi para pelaku usaha di Cimahi.

“Semoga gedung ini dapat menyelenggarakan inkubasi bisnis bagi para pengusaha pemula di industri kreatif, yang didukung oleh berbagai perguruan tinggi, lembaga penelitian, serta lembaga pemerintah dari berbagai tingkatan. Dengan demikian, akan terbentuk para pelaku usaha lokal dan regional yang inovatif dan unggul,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap, penyelenggaraan BIAF yang berskala internasional dapat memicu perkembangan industri animasi dalam negeri. Pasalnya, menurut dia, pasar industri animasi di dalam negeri sangat luas, kendati sejauh ini cuma dua film animasi buatan dalam negeri yang ditayangkan di televisi.

“Tinggal bagaimana menggali lokal konten menjadi bentuk kreatif yang menarik dari segi cerita. Di Indonesia, setiap daerah punya dongeng. Bisa juga mengambil dari kehidapan sehari-hari, karena cermin dari budaya kita ini bisa diangkat ke layar animasi,” kata Deddy.

Di dalam penyelenggaraan BIAF 2016, para pengunjung dapat mengikuti pameran, talkshow, masterclass, bussiness meeting, lomba film animasi pendek, maupun pemutaran film animasi. Sebanyak 16 pembicara yang berasal dari 11 negara juga turut dihadirkan dalam acara yang digelar Pemkot Cimahi bersama Cimahi Creative Association tersebut.***

sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/11/18/ayo-belajar-animasi-di-biaf-2016-akhir-pekan-ini-385123

(Visited 13 times, 1 visits today)

You might also likeclose