8 Tips makeup buat yang baru belajar dandan

8 Tips makeup buat yang baru belajar dandan

 

Merdeka.com – Kulit remajamu sebenarnya tidak perlu banyak polesan. Pelembap, bedak yang sesuai warna kulit, dan sheer lip gloss atau lip balm saja sudah cukup untuk menonjolkan kecantikanmu. Tetapi wajar-wajar saja, kok, kalau kamu ingin tampil istimewa dengan polesan makeup saat menghadiri pesta ulang tahun teman sekelas atau pensi.

Tetapi makeup memang butuh trik tersendiri, terutama bagi kamu yang belum pernah bersentuhan dengan tata rias. Karena itu, simak tips-tips dandan berikut, ya

 

1. Kenali warna dan tipe kulit
Tak cukup mengetahui kamu termasuk yang berkulit gelap atau putih saja. Kulit setiap orang memiliki tingkatan warna yang berbeda-beda. Ada yang berkulit cokelat gelap, sawo matang, cokelat dengan sedikit nuansa kekuningan, putih kemerahan, atau putih pucat.

Perhatikan juga apakah kulitmu termasuk jenis yang kering, berminyak, normal, atau kombinasi. Sebab, masing-masing tipe kulit perlu kosmetik yang berbeda pula.

2. Pakai pelembap
Setelah mengenali tipe kulit wajahmu, kamu bisa menggunakannya untuk memilih pelembap yang tepat. Pelembap merupakan dasar makeup yang penting, lho. Pelembap atau moisturizer berfungsi sebagai perawatan dasar sekaligus pelindung kulit wajah.

3. Primer
Sebelum memakai foundation, sebaiknya kamu aplikasikan primer terlebih dahulu di kulit wajah. Primer berfungsi untuk menjaga agar tampilan makeup-mu tahan lama dan terlihat tetap segar meskipun sudah beberapa jam.

4. Pilih foundation dan bedak yang tepat
Alas bedak berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Carilah warna bedak dan alas bedak yang paling mendekati tone kulitmu. Hindari pemakaian foundation di seluruh bagian wajah agar kamu tidak terlihat seperti sedang memakai topeng. Cukup aplikasikan tipis-tipis di kedua belah pipi, hidung, dan dagu.

Setelah itu pakai bedak dengan warna yang senada. Aplikasikan bedak dengan menepuk-nepuk, bukan dengan menyapukan puff agar foundation tidak belepotan. Jangan lupakan sapuan bedak di leher dan bagian dada yang terlihat, ya.

5. Blush-on atau bronzer
Kalau kamu ingin menambahkan rona segar di wajahmu, aplikasikan sedikit blush-on di tulang pipimu. Pilih yang bernuansa pink untuk yang berkulit cerah dan yang bernuansa coral atau oranye untuk yang berkulit gelap.

Kalau kami ingin sekadar menampilkan kilau sehat di wajah, sapukan sedikit bronzer di tulang pipi dahi, garis hidung, dan dagu. Usapkan sedikit dalam satu sapuan agar wajahmu tidak terkesan seperti sedang berkeringat.

6. Cukup pakai maskara
Tak perlu pakai bulu mata palsu dan eyeliner tebal untuk menonjolkan keindahan matamu. Ini akan membuat kamu terlihat menor dan jauh lebih tua.

Cukup percantik bulu matamu dengan eye curler dan maskara. Pilih yang waterproof agar kamu tidak perlu repot-repot memeriksa riasan setiap waktu. Ingat-ingat untuk tidak mengucek mata, ya.

7. Pensil alis
Pertegas bentuk alis dengan pensil alis. Buat ujung alis sedikit runcing, tetapi jangan terlalu tajam agar tetap terlihat alami.

8. Lipstik dan lip gloss
Tinggalkan sheer color lip balm untuk sementara dan pakai lipstik untuk tampil prima di pesta. Pilih warna nude agar kamu tidak terlihat menor. Untuk sentuhan akhir, oleskan lip gloss transparan atau lip glide yang senada dengan lipstik. Ini akan membuat bibirmu terlihat fresh.

Itulah 8 tips dandan untuk kamu yang baru belajar memakai makeup. Selamat mencoba, ya.

 

sumber:https://www.merdeka.com/gaya/8-tips-makeup-buat-yang-baru-belajar-dandan.html