3 Tempat Wisata di Kota Solo untuk Kuliner dan Tahu Sejarah

Solo menjadi kota yang patut dimasukkan dalam daftar tempat yang akan kamu kunjungi di akhir liburan bulan ini. Solo memiliki suasana khas Jawa yang masih natural, masih banyak budaya yang tersebar di kota kecil ini. Termasuk di dalamnya, ada keraton yang masih menjadi primadona.

Hampir sama seperti Jogja, Solo juga punya segudang tempat wisata kuliner, alam, hingga sejarah. Namun, sayangnya, Solo tidak punya wisata pantai, tak sama seperti Jogja. Namun itu bukan alasan untuk menunda keputusan berkunjung ke Solo, bukan?

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke sana, mungkin ada baiknya me-list daftar tempat yang ingin kamu kunjungi. Sederet rekomendasi ini, bisa kamu jadikan pilihan nanti.

Tempat Wisata Solo

Tempat Wisata Solo

1. Agrowisata Sondokoro

Buat kamu yang kangen dengan wisata edukasi, bisa mengunjungi tempat ini. Agrowisata Sondokoro menawarkan beragam rekreasi yang bisa menghilangkan penatmu selama ini. Terdapat beberapa permainan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Semua lengkap ada di sini.

Salah satu rekomendasinya, adalah mengunjungi pabrik gula yang masih menggunakan peralatan tradisional, diantar langsung menggunakan kereta uap tradisional yang masih menggunakan bahan bakar batu bara. Selain itu, ada area terapi ikan, water boom, dan flying fox.

Alamat: Jl. Mangkunegara, Bojonegara, Surakarta, Jawa Tengah

2. Gladag Langen Bogan (Galabo)

Kalau Jogja punya alun-alun selatan dan utara, maka Solo juga punya tempat serupa. Di alun-alun utara, ada tempat yang sangat favorit di kalangan anak muda. Yakni Galabo, yang merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan. Menyajikan tempat wisata kuliner bertema street food.

Tempat ini buka sejak pukul 17.00 hingga 24.00 WIB. Kamu bisa nongkrong di tempat ini sambil menikmati enaknya kuliner Solo, beserta pemandangan kota Solo di malam hari. Kamu juga bisa menyusuri jalan sepanjang gladag ini.

Alamat: Jl. Yosodipuro 164, Makamhaji, Kartosuro, Jawa Tengah

3. Pura Mangkunegaran

Nah, kali ini ada Pura Mangkunegaran. Pura ini digunakan sebagai kediaman Pangeran Adipati Arya Mangkunegara dan sekeluarga. Pura ini masih ada hubungannya dengan Keraton Kasunanan Surakarta, yang mana pura ini memiliki luas yang lebih kecil.

Dibangun sejak 1575 oleh Mangkunegara I, hingga saat ini menjadi tempat wisata yang digemari wisatawan domestik maupun mancanegara. Di hari biasa, tempat ini buka sejak pukul 09.00-14.00 WIB, sedangkan pas hari Jumat, cukup sampai pukul 12.00 WIB.

Alamat: Jl. Ronggowarsito, Surakarta, Jawa Tengah