10 Tips Cara Belajar Efektif

Menemukan metode dan cara belajar yang efektif memang perlu proses.  Tidak semua individu memiliki cara belajar efektif yang sama dengan individu yang lainnya.  Diperlukan pengamatan sekaligus kemampuan analisa untuk mengetahui metode belajar yang paling pas bagi seseorang.  Namun, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk dalam belajar anda bisa lebih efektif dalam menyerap ilmu.  Apa sajakah tips tersebut?  Berikut daftar 10 tips cara belajar efektif versi Top10Indo  :
Image Credit : Wikimedia Commons
10.  Buat sesuatu yang anda pelajari terlihat menarik
Sesulit apapun pelajaran yang harus dipelajari, jika anda mampu membuatnya terasa menarik pasti akan lebih efektif diserap.  Contohnya dalam mempelajari berbagai fenomena dan rumus-rumus listrik mata pelajaran Fisika.  Cobalah untuk langsung mencari contoh aplikasi tentang arus listrik, tegangan, daya, efisiensi, dan lain-lain.  Contoh lain, ketika anda belajar sejarah, cobalah untuk memahaminya seperti sebuah cerita.  Jika perlu, carilah video-video yang berhubungan dengan subjek yang anda pelajari untuk membuat topik menjadi lebih menarik dan mudah dipelajari.
9.  Makan camilan di tengah proses belajar
 
 
Makan camilan, sepanjang tidak membuat kita terlalu kenyang terbukti ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi.  Oleh karena itu, selalu sediakan snack dan berbagai makanan ringan untuk menemani anda belajar.  Ketika anda merasa mulai bosan dan konsentrasi menurun, ambilah segenggam snack dan luangkan waktu 1-2 menit untuk menyantapnya.  Setelah selesai, anda pasti akan merasa lebih fresh dan konsentrasi anda untuk belajar kembali di titik puncak.  Jika perlu, sediakan pula minuman ringan seperti softdrink dan sirup untuk menemani snack anda.
8.  Car tempat yang nyaman
Belajarlah di tempat yang bersih, nyaman, dan bebas dari suara-suara berisik.  Hal ini akan sangat membantu anda lebih fokus pada subjek pelajaran, dan otomatis materi yang anda serap akan lebih efektif.  Jangan memaksakan diri untuk belajar apabila kondisi kamar belajar berantakan dan terdapat banyak benda-benda berserakan di atas meja belajar anda.  Jika masih memungkinkan, cobalah untuk membersihkannya.  Namun jika anda tidak mempunyai banyak waktu, pindahlah ke tempat belajar yang lebih kondusif.  Pastikan juga tempat anda belajar memiliki penerangan cahaya yang memadai.
7.  Belajarlah saat dalam kondisi paling bugar
 
 
Cobalah belajar di saat kondisi anda paling bugar.  Saat baru bangun tidur, setelah tidur siang, atau sehabis mandi.  Ketika tubuh anda masih segar, otomatis pikiran akan fresh dan materi yang dipelajari akan lebih mudah diserap.  Dalam kondisi tubuh optimal, suatu hal yang biasanya menuntut 3-4 kali baca sebelum anda bisa memahaminya bisa anda pelajari lebih cepat, mungkin hanya dalam 2 atau bahkan sekali baca.
Satu lagi poin penting, jangan melakukan hal-hal yang melelahkan sebelum belajar, baik secara fisik maupun mental.  Persiapkanlah fisik anda sebugar mungkin untuk bisa belajar dengan efektif.
6.  Bagi periode belajar dalam beberapa sesi.  Jangan belajar terlalu lama
Tips ini sangat penting, namun sering dilupakan karena kondisi waktu yang sudah terlalu mepet.  Dalam pola belajar ideal, anda tidak boleh menghadapi buku terlalu lama tanpa diselingi aktivitas apapun.  Cobalah untuk beristirahat dan memberikan jeda antara 15 sampai 30 menit setiap kali anda belajar selama 45 menit.  Hal ini terbukti lebih efektif daripada belajar 2 jam secara berturut-turut tanpa jeda sama sekali.
Satu poin lagi yang penting untuk anda ingat : Jangan sampai waktu jeda tersebut membuat anda terlena.  Ketika beristirahat, jangan melakukan sesuatu yang memerlukan waktu lebih dari 15 menit untuk menyelesaikannya.  Hal ini akan membuat anda bisa melupakan aktivitas belajar yang sedang berlangsung.
5.  Minum air putih
 
 
Air putih memiliki fungsi alami untuk membuat tubuh menjadi segar, apalagi setelah berkonsentrasi lama mempelajari sesuatu.  Sediakan segelas air putih di saat anda belajar.  Di saat anda merasa mulai kehilangan konsentrasi, mata lelah, atau bosan, teguklah segelas air putih.  Selain berfungsi untuk mengembalikan konsentrasi yang mulai buyar, air putih juga bisa membuat anda lebih sehat dan segar.
4.  Belajar dengan kata kunci
Selalu pelajari sesuatu dari hal-hal terpenting, dengan menggunakan konsep kata kunci.  Misalkan ketika anda mempelajari tentang klasifikasi hewan, pelajari dulu nama-nama dalam klasifikasinya, seperti : mamalia, aves, pisces, reptil, dan sebagainya.  Setelah anda memegang kata-kata kunci dan konsep-konsep penting dalam sebuah bab, baru anda mulai mencoba memahami definisi dan contoh-contoh dari poin-poin penting yang sebelumnya anda pelajari.  Cara ini sangat membantu anda untuk belajar lebih sistematis dan efisien.
3.  Bersihkan meja belajar dari barang-barang yang tidak diperlukan
Jangan sampai meja tempat anda belajar dipenuhi dengan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian.  Singkirkan telepon, laptop, serta benda lain yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar anda.  Pastikan juga alat tulis dan kertas yang anda perlukan terletak dalam jarak jangkauan anda.  Ingat, salah satu penyebab gagalnya aktivitas belajar adalah terlalu banyaknya hal-hal lain yang bisa mengalihkan aktivitas anda.  Jika hal-hal pengalih perhatian itu dijauhkan dari jangkauan, maka anda akan lebih mudah fokus dan berkonsentrasi dalam menyerap materi.
2.  Buat flashcard
 
 
“Flashcard” adalah sebuah media yang sangat populer untuk membantu anda mengingat-ingat poin tertentu dalam sebuah pelajaran.  Intinya, anda bisa memotong-motong kertas seukuran kartu remi, sesuai jumlah yang anda butuhkan.  Pada satu sisi, anda bisa menuliskan sebuah pertanyaan, dan di sisi lain anda menulis jawaban dari pertanyaan tersebut.  Bawalah flashcard ke manapun anda beraktivitas, atau tempelkanlah di kamar anda, di tempat yang mudah terlihat.  Dengan menggunakan flashcard, proses belajar akan menjadi lebih efektif dan menarik.
1.  Belajar dengan orang lain
 
 
Belajar dengan teman sekelas atau anggota keluarga bisa menjadi salah satu poin penting yang mempermudah anda menyerap bahan pelajaran dengan efektif.  Kelebihan dari metode ini adalah keadaan di mana anda bisa mendiskusikan suatu materi tertentu.  Anda bisa saling bertukar pendapat, bertanya jawab, atau bahkan saling mengajari untuk memecahkan soal-soal tertentu.
Satu hal yang harus anda waspadai, belajar kelompok akan sama sekali tidak berguna apabila orang-orang di dalamnya tidak fokus dengan materi pelajaran di dalamnya.  Biasakan juga untuk tidak bergantung pada satu orang tertentu dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok.
(Visited 14 times, 1 visits today)

You might also likeclose