10 Software Pembuat Game Terbaik, Berkualitas Dan Termudah Di Dunia

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting artikel yang berjudul “Software Pembuat Game Terbaik, Berkualitas Dan Termudah Di Dunia.” Di dunia IT sangatlah banyak software-software pembuat game, entah itu game engine yang di khususkan di platform tertentu atau untuk semua perangkat platform (Multiple Platform).

          Pada era sekarang keberadaan game sangatlah dekat dengan seorang manusia, bahkan anak-anak zaman sekarang pun sudah bisa memainkan game. Anak-anak zaman sekarang itu sudah jarang sekali bermain dilingkungannya karena pengaruh gadget dan game, mereka menjadikan game sebagai lingkungan bermainnya, tidak salah jika anda sudah sekali jarang melihat para anak-anak bermain di lingkungan luar, paling jika mereka bermain di lingkungan luar mereka akan menuju warnet untuk nge game, bahkan mereka berani menginap di warnet tersebut hanya untuk bermain game.

Seiring perkembangannya zaman, game terus berkembang dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, Game-game pada era sekarang memiliki grafis yang sangat fantastis dan memilki size yang cukup besar juga. bahkan ada sebuah game yang memiliki grafik yang sangat mirip sekali dengan kehidupan nyata, dengan dinilai dari texture karakternya, pemandangannya, animasi nya dan lain sebagainya bahkan ada game yang mirip sekali dengan kehidupan nyata seperti GTA 5 dll. bahkan ada pengumuman bahwa GTA 6 akan segera diluncurkan. Tidak hanya itu saja perkembangan game pun sudah sangat pesat, terutama munculnya game VR(Virtual Reality). Game dengan prinsip VR ini menyajikan seolah-olah kita masuk ke dalam dunia game yang sedang kita mainkan, sungguh pasti sangat menyenangkan bukan? selain VR kini juga sudah ada game yang berbasis AR (Augmented Reality). Beda dengan VR, game AR ini mempunyai prinsip menjadikan benda 2D atau 3D kedalam sebuah gadget, atau bisa dibilang benda yang seolah-olah bukan game, setelah dilihat dari gadget ternyata benda tersebut adalah game. Tidak kalah dengan negara lain, kini indonesia pun sudah mulai mengembangkan game yang berbasis AR dan VR ini.

Bermain game itu sebenarnya memiliki 2 sisi, yaitu sisi positif dan sisi negatif. Sisi positif dari bermain game sangat banyak yaitu melatih kita untuk belajar bahasa inggris, melatih logika, menghilangkan rasa penat dll. Namun game pun juga memiliki sisi negatif tersendiri, dengan game kita tidak kenal waktu, dengan game kita membuang uang dengan sia-sia, dengan berterus-terusan menatap layar game kemungkinan besar akan menyebabkan mata kelelahan dan jika terus dibiarkan maka akan merusak mata kita. Dengan mengoreksi sisi negatif dari game tentu kita perlu menghindarinya. Terus bagaimana menghindarinya ?, jika kita sudah ketagihan? untuk menghindari sisi negatif tersebut sebaiknya, sebelum memainkan game aturlah waktu anda terlebih dahulu, sebaiknya pasanglah alarm/batas waktu untuk bermain game, sehingga waktu pun bisa digunakan untuk hal-hal yang positif.

Pada awalnya Game Developer berkiblat dari dunia luar/barat dan kini negara kita Indonesia pun tidak mau kalah dengan negara-negara lain. Hari demi hari banyak para team game developer indonesia yang terbentuk dan mulai untuk meluncurkan game-gamenya, bahkan kemarin pun ada game lokal yang booming di Play Store seperti game Tahu Bulat oleh Own Games, Froggy and Pesticide oleh None Developer dan masih banyak game lokal yang booming di Play Store.

Berbicara tentang membuat game, sebenarnya software apa sih yang terbaik dan berkualitas untuk membuat game? pertanyaan ini sering terlontar oleh para gamer yang ingin membuat sebuah game, karena sebagian besar game developer itu terbentuk dari seorang gamer yang berkeinginan untuk membuat sebuah game. Berikut akan saya ulas beberapa software/game engine terbaik, berkualitas dan termudah untuk digunakan di seluruh dunia:

  1. Game Maker


    sumber gambar : lerantocreategames.com

    Game Maker merupakan software pembuat game/game enginnering buatan yoyo games yang sangat sering sekali di pilih oleh para pemula game developer, kenapa? karena sistem dari game maker sendiri lah yang mudah untuk dipelajari. Game Maker sendiri menggunakan sistem drag and drop untuk membuat sebuah event, penempatan sprite, penataan ruang dan lain sebagainya. Game Maker ini sendiri menggunakan bahasa pemrograman GML (Game Maker Language) untuk lebih meng interaktifkan gamenya, namun jika anda tidak mahir dalam hal pemrogramman janganlah untuk berputus asa, karena Game Maker ini bisa membuat game tanpa dengan GML itu sendiri, tetapi jika anda menciptakan sebuah game dengan game maker ini tanpa dengan bahasa GML maka hasilnya pun tidak full/sebagus menggunakan GML, untuk itu sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu bahasa GML ini, namun jika tidak juga tidak apa-apa karena game yang anda buat tanpa menggunakan bahasa pemrogramman masih bisa di publikasikan walaupun gamenya sederhana, itung-itung ini sebagai modal awal untuk mengembangkan sebuah game.

  2. Construct 2


    sumber gambar : www.scirra.com

    Construct 2 merupakan sebuah software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Seperti yang saya bilang diatas bahwa Construct 2 ini menggunakan bahasa HTML5 yang sangat mudah dipelajari, sehingga membuat software ini dipilih oleh berbagai developer game 2D. Sebenarnya game yang dibuat dengan Construct 2 ini dikhususkan untuk single platform yaitu web tetapi Construct 2 bisa dijadikan multi platform, yaitu dengan bantuan aplikasi tertentu seperti: Untuk membuild game ke PC entah itu Windows, MAC maupun linux bisa menggunakan software bantuan yang bernama Node-Webkit, sedangkan untuk membuild ke platform IOS dan Android diperlukan software CocoonJS, AppMobi, dan PhoneGap. Kelebihan yang didapat ketika kita membuat game dengan engine ini yaitu, Game yang kita build akan terasa ringan, memiliki sangat banyak plugin yang bisa dipakai untuk mengembangkan game kita, construct 2 juga memiliki fitur eventsheet yang memudahkan kita yang masih belum mahir dengan bahasa pemrograman, dan masih banyak kelebihan-kelebihan lagi yang didapat dari Construct 2 ini.

  3. RPG Maker


    sumber gambar : www.rpgmakerweb.com

    Untuk anda yang sangat sekali ingin membuat game RPG(Role Playing Game), software ini adalah jawabannya. Software RPG Maker ini adalah software yang dikhususkan untuk membuat sebuah game RPG(Role Playing Game) dimana kita memainkan sebuah karakter dalam menyelesaikan petualangannya, petualangannya pun tidak sembarang petualangan biasa tetapi dalam game RPG kita bisa menyelesaikan berbagai macam quest-quest, upgrade skill, dan melawan boss. Menurut sebagian gamer game RPG adalah genre game yang terbaik untuk dimainkan. RPG Maker ini sendiri sebenarnya dikhususkan untuk single platform yaitu PC, tetapi dengan hadirnya versi terbarunya yaitu RPG Maker MV kita bisa membuild game kita ke berbagai platform seperti PC, IOS, Android dan masih banyak lagi. Bahasa pemrogrammannya pun mengalami perubahan, awalnya RPG Maker ini menggunakan bahasa pemrogramman Ruby tetapi setelah RPG Maker MV di luncurkan RPG Maker mengganti bahasa pemrogramannya menjadi javascript, anda tidak usah khawatir jika anda tidak mahir dalam bahasa pemrograman, karena RPG Maker ini bisa membuat game tanpa menggunakan bahasa pemrograman, karena RPG Maker ini menggunakan sistem GUI, bahkan fitur-fitur event disediakan dalam bentuk GUI, sehingga jika kita ingin menambahkan event dalam sebuah game, kita hanya perlu mendrag/memilih event tersebut kedalam game. Tidak hanya itu saja RPG Maker ini menggunakan prinsip Tile Map Mapping yang semua sprite map yang dibutuhkan sudah disediakan oleh RPG Maker sendiri, juga sprite karakter, musuh dll, sudah di sediakan oleh RPG Maker, sehingga kita tidak perlu mendesaign apapun, kita hanya perlu memiliki ide saja untuk membuat game RPG. Untuk bahasa pemrogramman paling digunakan hanya untuk menambah fitur yang belum disediakan RPG Maker saja, misal menambah credit dll, Jadi intinya jika anda ingin membuat game RPG tanpa menggunakan bahasa pemrogramman, engine inilah yang cocok untuk dipilih anda.

  4. Cocos2D


    sumber gambar : www.allseeing-i.com

    Cocos2D merupakan software pembuat game/game engine yang bersifat opensource. Cocos2D ini memiliki beberapa varian jenis, seperti Cocos2D, Cocos2D-X, Cocos2D-JS, Cocos2D-XNA, dan Cocos2D-Swift. Sesuai dengan namanya cocos2D ini bisa membuat game dengan basis 2D. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game menggunakan Cocos2D ini sangat bervariasi tergantung versi apa yang kita pakai. Cocos2D adalah awal dari semua varian Cocos2D dan menggunakan bahasa Python, Cocos2D-X adalah versi terakhir dari varian Cocos2D dan Cocos2D-X ini memiliki lebih banyak fitur dari versi sebelumnya, bahasa yang digunakan Cocos2D-X adalah C++, Javascript, Lua. Sedangkan untuk anda yang mahir dalam Javascript anda bisa mencoba versi Cocos2D-JS, pengguna C# bisa mencoba Cocos2D-XNA. Game engine ini memiliki fitur multiplatform yang bisa membuild ke berbagai macam platform seperti PC, IOS, Android, Windows Phone dan masih banyak lagi, selain itu Cocos2D ini menyediakan IDE(Integrated Development Environment) yang memiliki beberapa fitur seperti Live Coding, One Click Publishing dan Auto Completion.

  5. GameSalad

    GameSalad adalah software pembuat game/game engine yang bersifat multiplatform, GameSalad ini awalnya hanya bisa membuild game ke platform tertentu seperti IOS, Macbook tetapi setelah GameSalad meluncurkan versi terbarunya GameSalad sudah bisa membuild ke berbagai platform, seperti PC, IOS, Android, Windows Phine dll. GameSalad ini sangat mudah digunakan terutama bagi pemula. GameSalad ini menyediakan fitur Drag and Drop, UI nya pun sangat mudah untuk dipahami. GameSalad ini tidak menekankan penggunanya untuk menggunakan bahasa pemrograman karena anda bisa membuat game tanpa menggunakan bahasa pemrograman kita hanya perlu menyetting property-propertinyanya saja, hasilnya pun bagus. Sudah banyak para Game Developer yang menggunakan engine ini untuk membuat game-gamenya, dan hasilnya pun game mereka laris dipasaran.

  6. Monogame


    sumber gambar : www.nuget.org

    Monogame adalah software pembuat game/game engine yang bersifat multiplatform, platform-platform yang bisa dibuild dengan engine ini diantaranya: Android, IOS, PC, Mac, Play Station dan masih banyak lagi. Awalnya Monogame ini hanya bisa membuat game yang berbasis 2D, tetapi seiring perkembangannya versi dari Monogame ini, Monogame sudah bisa membuat game yang berbasis 3D dengan penambahan fitur baru seperti RenderTarget3D. Bahasa pemrogramman yang digunakan untuk membuat game adalah C#, Monogame sendiri memilih bahasa pemrogramman C# ini karena bahasa C# sendiri terbilang mudah untuk dipahami dan sudah banyak para developer yang menggunakan bahasa C# ini. Monogame pun laris dipasaran sehingga banyak para developer yang mencoba membuat game dengan engine ini.

  7. Unity


    sumber gambar : www.en.wikipedia.org

    Unity adalah sebuah software pembuat game/game engine yang bersifat multiplatform, unity ini sering disebut-sebut sebagai Unity3D karena dulunya Unity hanya dikhususkan untuk membuat game 3D saja tetapi setelah Unity meluncurkan versi 4.3 keatas Unity, sudah bisa membuat game yang berbasis 2D. Unity sendiri menggunakan 2 bahasa pemrogramman yang bisa anda pilih yaitu C# dan Javascript. Unity juga menghadirkan fitur drag and drop dan pengaturan property inspector. Jendela kerja yang disediakan oleh unity terbilang banyak seperti jendela kerja game, scene, animator, animation dll. Kita juga bisa membagi beberapa jendela kerja dalam unity sehingga memudahkan untuk bekerja. Pada saat pertama kali mendownload unity, text editor yang disediakan adalah MonoDevelop, tetapi anda pun bisa mengubah text editor tersebut menjadi Visual Studio, Notepad++, maupun yang lain. Unity sediri multiplatform, unity bisa membuild ke berbagai macam platform seperti PC, Android, IOS, Web, Xbox, Play Station, Windows Phone. Unity pun kini sudah memiliki fitur VR(Virtual Reality).

  8. Stencly


    sumber gambar : www.informasiajib.info

    Stencly adalah software pembuat game/game engine yang dikhususkan untuk platform web dan flash tetapi setelah stencly meluncurkan versi barunya, stencyl sudah bisa untuk multiplatform, pennambahan platformnya pun cukup banyak, seperti Android, PC, dan IOS. Stencly sendiri terbilang cukup mudah untuk para pemula, karena fitur yang disediakan stencly pun cukup banyak dan jika anda tidak mahir dalam bahasa pemrogramman, jangan kawatir karena software ini bisa membuat game tanpa dengan bahasa pemrogramman tetapi stencly menggunakan program alur logika yang sangat mudah untuk dipahami. Stencly ini juga bisa membuat game RPG layaknya RPG maker karena software ini memiliki fitur world editor yang berfungsi untuk membuat sebuah map atau tile map dan disediakan juga fitur actor editor tool yang berfungsi untuk membuat sebuah karakter, musuh dan NPC. Bagi anda yang sangat suka dengan game web dan flash sangat direkomendasikan untuk menggunakan software ini.

  9. Adventure Maker Studio

    Adventure Maker Studio(AMS) adalah sebuah software pembuat game/game engine yang digunakan untuk membuat game-game yang bergenre Adventure. Adventure maker studio ini sendiri sudah mendukung fitur multiplatform diantaranya seperti Android, IOS, PC, PSP. Game yang dihasilkan dari Adventure Maker Studio ini terbilang cukup sederhana permainannya, karena menggunakan prinsip point add click. Jika ingin lebih banyak fitur dari Adventure Maker Studio ini anda bisa mendownload beberapa plugin yang disediakan oleh pihak Adventure Maker Studio, dan jika anda bingung dalam membuat gamenya anda bisa bertanya-tanya di forum AMS. Tetapi menurut sebagian para game developer engine ini terbilang cukup mudah karena bahasa yang digunakan adalah HTML.

  10. Corona SDK

    Corona SDK adalah software pembuat aplikasi, tetapi dikhususkan untuk pembuatan game yang dibangun pada tahun 2008 oleh Corona Lab. Corona SDK ini menyediakan fitur-fitur yang disediakan untuk membuat sebuah game, jadi tidak salahnya kalau software ini masuk kedalam daftar software pembuat game. Corona SDK dikhususkan untuk pembuatan game 2D dan support untuk PC dan Android. Corona SDK sendiri menggunakan bahasa pemrogramman Lua dan yang uniknya dari Corona SDK ini adalah gratis 100% , Corona SDK ini pun sangat mudah untuk dipelajari terutama yang mahir dalam bahasa Lua. Sudah banyak para developer-developer game yang menggunakan software ini.

Ya, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel “10 Software Pembuat Game Terbaik, Berkualitas Dan Termudah Di Dunia” ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua, terutama bagi yang ingin terjun ke dunia Game Developer. Sekian dari saya kurang lebih nya saya mohon maaf.

sumber : https://ngelmutekno.blogspot.co.id/2016/06/10-software-pembuat-game-terbaik.html

About Arka

Admin adalah orang Bandung asli, suka batagor, mie ayam dan baso... Web ini berisi artikel dari berbagai sumber... Hasil penugasan belajar dalam Pengenalan Web... Apabila ada link yang tidak tercantum, silahkan kontak kami untuk ditambahkan atau dihapus...