10 Fakta seputar donat yang jarang kamu tahu

Kue berbentuk bulat yang bolong di bagian tengahnya ini pasti sudah nggak asing lagi kan? Kue ini mudah dijumpai di mana saja. Mulai dari donat yang dijual di pasar sampai donat dari brand ternama.

Tapi, tahukah kamu di mana kue donat pertama kali dikenal? Nah, berikut ini ada 10 fakta seputar donat yang jarang diketahui seperti  dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/3):1. Lebih dari 10 miliar donat dibuat di Amerika per tahunnya.
foto: huffingpost

Amerika merupakan negara pertama yang menemukan kue donat ini, dan dari hari ke hari kue donat selalu bertambah penggemarnya. Bahkan industri pembuatan donat di Amerika mencatat bahwa ada sekitar 10 miliar donat diproduksi setiap tahunnya.  Wow!

2. Donat disebut juga sebagai kue minyak.


foto: giphy.com

Sudah lebih dari 100 tahun yang lalu donat dikenal di Amerika. Awal kemunculannya donat disebut dengan oily cakes atau kue berminyak. Karena di zaman dulu pembuatan kue dengan cara digoreng itu masih belum lazim.

3. Mesin pembuat donat pertama ditemukan.

foto: huffingpost

Tepat setelah perang dunia pertama berakhir, sekitar tahun 1920 seorang bernama Adolph Levitt asal Rusia menemukan mesin pembuat donat.

4. Tanggal 7 Juni diperingati sebagai Hari Donat.

foto : huffingpost

Di Amerika setiap tanggal 7 Juni selalu diperingati sebagai Hari Donat Nasional. Duh, sampai segitunya ya.

5. Donut vs doughnut.

foto: giphy

Kata “donut” atau “doughnut” dalam bahasa Inggris sama-sama dapat dipergunakan untuk menyebut donat. Kata “donut” hanya kependekan dari “doughnut”, yang dipopulerkan di abad 20 oleh Dunkin Donut.

6. Donat tidak sengaja dibuat.

foto: giphy

Sampai saat ini sebenarnya belum terjawab siapa penemu donat yang pertma. Tapi sebuah kisah menyebutkan bahwa adonan donat bolong di tengah itu tidak sengaja terbuat.

Adonan tersebut tidak sengaja terinjak sapi dan ketendang hingga masuk ke minyak panas, maka jadilah kue dengan bagian bolong di tengahnya.

7. Gerai donat terbanyak.

foto: masfikr

Tahukah kamu kalau gerai penjual donat terbanyak di dunia ada di Kota Boston, Amerika? Ada sekitar 250 gerai donat dibuka di sana. Wah..

8. Donat menjadi makanan yang disajikan selama Perang Dunia I.

foto: salvationarmy

Saat perang dunia pertama donat menjadi makanan yang paling digemari para tentara. Makanya, negara dengan suka rela akan mengirim donat secara rutin kepada para tentara yang sedang berperang untuk mengingatkan mereka dengan rumah.

9. Tren “Dunking Donut”

foto: gevajournal

Mencelup donat ke dalam minuman atau “dunking donut” mulai populer tahun 1934, setelah Clark Gable melakukannya pada acara “It Happened One Night.”

Tapi konon kejadian pencelupan donat pertama terjadi di gerai donat Kota New York, saat aktris Mae Murray tak sengaja menjatuhkan donatnya ke dalam secangkir kopi panas.

10. Rekor makan donat.

Ada dua rekor makan donat yang dibuat, yaitu makan donat berselai dan makan donat yang berlumur bubuk gula. Untuk donat selainya, rekor makan ini dipegang oleh Lup Fun Yau dan Steve McHugh, keduanya berasal dari Inggris.

McHugh pertama kali membuat rekor makan 6 donut berselai di tahun 2002 dan Fun Yau di tahun 2007. Di tahun 2012, Patrick Bertoletti yang berasal dari Amerika Serikat bahkan memakan tiga donut berselai dalam satu menit!

Sumber : https://www.brilio.net/kuliner/10-fakta-seputar-donat-yang-jarang-kamu-tahu-160302a.html

(Visited 54 times, 1 visits today)

You might also likeclose