10 Fakta Mencengangkan Dari Intel yang Pasti Belum Kamu Ketahui.

1. Sebuah Permulaan

masukkan deskripsi gambar disini

Bermula pada tahun 1968. Setelah bekerja sama di Shockley Laboratory dan sebelumnya di Fairchild Semiconductor, seorang fisikawan dan ahli kimia memutuskan untuk keluar dari perusahaan lamanya. Adalah Robert Noyce (fisikawan) dan Gordon Moore (ahli kimia) yang menjadi founding father perusahaan Intel.

Bersama dengan Jack Kilby, Noyce menciptakan integrated circuit. Pada mulanya, perusahaan yang mereka gawangi bersama ini akan diberi nama Moore Noyce, namun jika dilafalkan nama itu akan terdengar seperti more noise. Aneh bukan? Yap karena itulah mereka tidak jadi menamai perusahaannya Moore Noyce.

2. Nama Baru yang Mendunia

masukkan deskripsi gambar disini

Tidak jadi menggunakan nama Moore Noyce, mereka terus memutar otak untuk mencari nama lain yang lebih keren dan tentunya menggambarkan perusahaan mereka. Ditemukanlah nama Intel, yang terinspirasi dari dua produk yang mereka buat. INTegrated circuits dan ELectronics. Voila! Jadilah INTEL sebuah brand mendunia yang identik dengan segala jenis komputer yang beredar di manapun.

3. “Intel Inside” yang Membawa Berkah

masukkan deskripsi gambar disini

 

 

 

Brand Intel Inside mulai dikampanyekan pada tahun 1991. Hal ini membuat perusahaan Intel semakin popular. Intel berhasil menjadi perusahaan No.1 dalam bidang semikonduktor, mengalahkan Samsung Electronics dengan selisih yang tipis. Pada tahun 2009, Intel menempati posisi ke-23 sebagai perusahaan terkuat di dunia.

4. Perusahaan Pertama yang Menggunakan “The Cubicle”

masukkan deskripsi gambar disiniSebagian besar perusahaan masa kini menggunakan sistem kubikal (ruangan bersekat) sebagai tempat kerja karyawannya. Tapi tahukah kamu bahwa Intel adalah perusahaan pertama yang munggunakan sistem kubikal? Dan Intel pulalah yang mempopulerkan penggunaan sistem ini.

Bahkan Paul Otellini, CEO Intel saat ini, tidak menggunakan ruangan pribadi, melainkan bekerja di sebuah kubikal, sama dengan karyawan lainnya. Ya, untuk para pekerja kantoran, kalian boleh “berterima kasih” kepada Intel atas claustrophobia yang kalian alami hampir setiap hari.

5. Menghargai Sejarah!

masukkan deskripsi gambar disini

Intel membuktikan diri sebagai perusahaan yang menghargai sejarah dan proses perjuangan. Perusahaan ini memiliki museum yang dinamakan Intel: Museum of Me dengan berbagai koleksi artefak dan fakta menarik yang menggambarkan sejarah Intel selama lebih dari 40 tahun. Lebih dari 80.000 orang berkunjung ke museum ini setiap tahunnya.

 

 

6. Menjadi “GURU” Steve Jobs

masukkan deskripsi gambar disini

 

Robert Noyce merupakan orang yang dermawan ilmu. Tak jarang ia membantu dan menjadi mentor beberapa young tech upstarts hingga mencapai kesuksesan mereka. Tak terkecuali Steve Jobs. Ia dimentori oleh Robert Noyce sewaktu menciptakan Apple.

 

 

7. Everything Must Be Clean!

masukkan deskripsi gambar disiniTahukah kalian bahwa chip yang Intel produksi dibuat di sebuah ruangan khusus bernama Special Cleanroom. Ruangan ini bahkan lebih bersih daripada yang dimiliki oleh sebuah rumah sakit. Tidak ada setitik pun debu yang boleh masuk ke ruangan ini. Setiap pekerja yang bekerja di cleanroom diharuskan mengenakan pakaian khusus. Udara yang ada dalam cleanroom diatur sedemikian rupa sehingga tidak akan ada partikel lebih dari 0,5 microns yang bertebaran di ruangan tersebut. Rambut manusia saja ukurannya 100 microns, lah 0,5 microns setipis apa ya?

8. “Makan” Terus Biar Lebih Produktif

masukkan deskripsi gambar disiniSudah bertahun-tahun sejak 1991, Intel telah berhasil mengakuisisi berbagai macam perusahaan. Intel Capital memiliki investasi lebih dari $9 miliar pada 1000 perusahaan. Intel melahap perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, sebut saja jam tangan digital, sistem keamanan mobil, digital content protetion services, dan banyak lagi. Bahkan McAfee pun berhasil mereka akuisisi.

9. Tingkatkan Terus “Saldo” Intel!

masukkan deskripsi gambar disini

Pada tahun pertamanya, pendapatan total Intel mencapai $2,672. Ketika dibuka untuk umum (.tbk) pada tahun 1971 berhasil ditingkatkan menjadi $6,8 juta dengan tiap saham seharga $23,50 dan saat ini bisa bernilai $54 miliar. Pada tahun 2010, disebutkan bahwa pihak Intel telah menghabiskan biaya sebanyak $6,6 miliar untuk penelitian dan pengembangan. Mereka menggunakan metode **tick-tock* untuk terus mengembangkan microprocessors. Intel telah berhasil mempekerjakan sekitar 80.000 karyawan.

 

10. Chips yang Selalu Juara

masukkan deskripsi gambar disiniKesuksesan Intel bermula dari produk yang bernama 4004 microprocessor pada tahun 1971. Chip tersebut merupakan CPU 4 bit dengan 2300 transistor. 10 tahun kemudian disusul oleh 8088 CPU yang menggunakan 29000 transistor. Pihak perusahaan komputer IBM mulai melirik Intel, IBM menggunakan 8088 CPU sebagai processor komputer buatan mereka.

Kerja sama ini memberikan dampak besar pada dunia komputer. Pada tahap selanjutnya Intel menciptakan Core2duo processor yang memiliki transistor 100.000 kali lipat dari yang dimiliki 4004 microprocessor. Pengembangan terus dilakukan hingga sekarang, produk terakhir yang diciptakan Intel adalah processor generasi Core i.

Sumber : https://jalantikus.com/tips/10-fakta-mencengangkan-dari-intel-yang-pasti-belum-kamu-ketahui/

(Visited 13 times, 1 visits today)

You might also likeclose