10 Cara Kucing Mengungkapkan Perasaan Sayangnya

Seperti kita tahu bahwa kucing memiliki reputasi sebagai salah satu hewan yang terkenal penyendiri diantara binatang peliharaan lainnya. Mereka tidak mudah untuk menjadi antusias dan penuh kasih sayang seperti anjing, namun itu tidak berarti bahwa kucing tidak memiliki perasaan itu di dalamnya. Faktanya,  kucing jelas memiliki rasa cinta pada manusia yang memeliharanya, namun ia memiliki caranya sendiri untuk menunjukkannya. Kali ini Cattery.co.id akan menjelaskan cara kucing menunjukkan rasa cinta mereka pada kita. Jadi ketika kucing kita menunjukkan perilaku ini, artinya si kucing sedang memberikan rasa cintanya dengan cara yang tenang dan penuh cinta.

1. Meremas (kneading) atau memberikan sedikit pijatan di pangkuan kita

kucing-1

Menurut para ahli hewan peliharaan, ketika kucing sedang meringkuk di pangkuan kita dan memijat kaki kita pada saat kita sedang membelainya, itu artinya si kucing sedang mencoba untuk membalas kasih sayang yang kita berikan padanya. Namun catlovers sebaiknya memberikan alas selimut di kaki kita, karena semakin si kucing bahagia, ia akan semakin antusias meremasnya, dan itu berarti cakar-cakar si kucing yang tajam semakin menusuk.

2. Sebuah hadiah, betapapun kotornya hadiah yang diberikan kucing, itu tetap lah hadiah

kucing-2

Kucing tidak memiliki masalah untuk memberikan pemiliknya sebuah hadiah. Namun sayangnya ide kucing tentang hadiah yang akan diberikan mungkin sedikit berbeda dengan apa yang dipikirkan oleh kita. Jadi jika si pemburu kecil kita ini membawa hadiah ke rumah kita, yang terkadang sangat menjijikan bagi kita, selalu hargai makna dibalik itu ya catlovers.

3. Menyundulkan kepala adalah cara si kucing untuk menjadi dekat dengan kita

kucing-3

Perilaku kasih sayang yang aneh ini sebenarnya dapat dikaitkan dengan anatomi kucing yang unik. Kucing memiliki kelenjar yang terkonsentrasi di beberapa bagian tubuh mereka, termasuk di pipi dan kepala. Dengan menggosokan dahinya kepada kita, itu artinya si kucing sedang menandakan bahwa kita adalah miliknya. So sweet banget kan?

4. Tatapan yang dalam pada kita

kucing-4

Tatapan yang lama dan dalam yang diberikan kucing pada kita bukan dimaksudkan untuk menakuti kita, itu sebenarnya memiliki arti bagi kucing yang setara seperti sebuah ciuman. Jika si kucing menatap kita, berkedip, membuka mata lebar-lebar dan kemudian perlahan-lahan berkedip lagi, itu artinya si kucing sedang mencoba untuk mengkomunikasikan rasa cinta dan percayanya pada kita.

5. Menunjukkan perutnya pada kita bukan hanya sekedar gerakan peregangan badan

kucing-5

Kebanyakan hewan sangat sadar untuk selalu menjaga sisi rentan mereka untuk tidak memperlihatkannya pada musuhnya. Begitu juga dengan kucing, bagian perut adalah sisi kucing yang paling rentan dan bagian yang paling dijaga oleh kucing. Jadi ketika kucing memamerkan perutnya pada kita, itu artinya si kucing telah percaya pada kita dan membiarkan pertahanan dirinya terbuka.

6. Ekor bukan hanya sekedar aksesoris pada kucing

kucing-6

Ekor pada kucing bukan hanya sekedar dekoratif, ekor dapat benar-benar memberitahu kita bagaimana perasaan si kucing. Jika ekor kucing kita berdiri tegak ke atas dan sedikit melekuk di ujung ekornya itu artinya si kucing sedang bahagia dan ingin bermain dengan kita. Beberapa behavioris hewan menyebut gerakan ini sebagai “the happy tail dance”.

7. Gigitan kecil yang diberikan kucing bukan berarti ia agresif

kucing-7

Ini mungkin sedikit menyakitkan bagi kita, namun gigitan kecil pada jari atau kaki yang diberikan kucing kita sebenarnya adalah tanda cinta. Kulit kucing memang sedikit keras dibandingkan manusia, jadi gigitan kecil yang menyenangkan ini tidak menyakiti kucing lainnya, namun sayangnya kucing tidak selalu menyadari bahwa gigitan kecil ini akan sedikit berbeda rasanya bagi manusia. Hehehe

8. Menari-nari di sekitar kaki kita bukan hanya cara favorit kucing untuk menyandung jalan kita

kucing-8

Mirip dengan menyundulkan kepalanya pada kita, menggosok-gosokan badan kucing di sekitar manusia kesayangan mereka adalah cara si kucing untuk memberikan bau mereka pada kita. Hal ini adalah ritual yang penting bagi kucing untuk meningkatkan ikatan hubungan diantara kucing dan pemiliknya. Jadi hal yang terbaik adalah biarkan si kucing memberikan rasa cintanya pada kita dengan cara yang nyaman, bukan?

9. Mendengkur (purr) berarti si kucing bahagia saat di dekat kita

kucing-9

Mendengkur pada kucing bisa berbeda dalam nada, volume dan makna, namun yang pasti mendengkur adalah cara si kucing untuk berkomunikasi. Jadi ketika si kucing sedang mendengkur di depan kita, ia sedang mengekspresikan rasa sayangnya pada kita!

10. Jika kucing terus mengikuti kita, sudah pasti ia cinta pada kita

kucing-10

Kucing terkenal dengan kemandiriannya, namun terkadang kucing kita selalu mengikuti kemana pun kita pergi. Jika hal itu terjadi, ini adalah indikasi yang jelas bahwa si kucing sangat menikmati kebersamaan dengan kita. Dan jika si kucing pun masih mengikuti kita, walaupun bukan disaat waktu makan si kucing, itu artinya kucing telah memberikan cinta sejatinya pada kita. Menarik bukan bagaimana cara si kucing menunjukkan rasa kasih sayangnya yang unik? Bagaimana dengan kucing catlovers?

Sumber : http://www.cattery.co.id/10-cara-unik-kucing-menunjukkan-cinta-pada-kita/